Kesalahan Pendaftaran saat Cek Merek Dagang Online

Kesalahan Pendaftaran saat Cek Merek Dagang Online

Kesalahan pendaftaran saat cek merek dagang secara online sangat lumrah. Padahal urgensi ini, sangat baik untuk menunjang keberlangsungan bisnis dengan pemahaman, persiapan dan langkah yang tepat. Sebisa mungkin menghindari penolakan oleh Djki bisa menghemat biaya serta aspek lain sebelum memulai bisnis.

Tingginya angka pembajakan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) di Indonesia menjadi potret pentingnya pengakuan merek secara sah. Di samping itu, terdapat kesalahan-kesalahan yang perlu dipahami sebelum mendaftarkan merek dagang.

Cek Merek Online untuk Menghindari Kesalahan Pendaftaran

Baik bagi perusahaan baru maupun perusahaan yang telah lama menjalankan bisnis, resiko ini masih bisa muncul. Pendaftaran juga berlaku terhadap warga Indonesia atau warga asing yang bakal menjual barangnya di pasar nasional. Berikut ini tiga kesalahan paling umum cek merek online saat pendaftaran.

  • Kurang Pemahaman Terkait Tipe Merek dan Jasa

Kesalahan pertama adalah kurangnya pemahaman pengusaha perihal tipe merek dagang atau jasa yang hendak didaftarkan. Saat mendaftarkan merek secara online, terlebih dengan mandiri atau tanpa konsultan Anda diharuskan memasukkan kelas merek.

Klasifikasi merek terbagi dalam kelas barang dan jasa dengan kategori yang beragam. Kategori barang berada pada kelas 1-34, sementara kategori jasa berada pada kelas 35-45. Banyaknya kategori terlampir mungkin menyulitkan Anda dalam memasukkan kelas.

Karena itulah, penting untuk memahami produk barang atau jasa apa yang akan Anda jalankan. Jika tidak jeli, Anda bisa saja memasukkan kategori pada kelas yang berbeda. Akibatnya, Djki akan menolak permohonan pendaftaran.

Penolakan ini berdasar, lantaran dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku Djki berhak menolak permohonan yang memasukkan kategori, pada kelas yang tidak seharusnya.

  • Waktu Kurang Tepat ketika Mengajukan Permohonan

Sistem prosedur memakan waktu yang tak sebentar. Anda sebaiknya memperkirakan waktu untuk seluruh proses yang ada. Ketika surat permohonan merek diajukan melalui online Anda akan menerima bukti penyerahan dan prosesnya baru akan dimulai.

Butuh waktu setidaknya dua bulan hingga pengumuman merek dikeluarkan oleh Djki, tenggat waktu pengajuan sanggahan dan proses lainnya butuh waktu beberapa bulan hingga menerima sertifikat resmi dari lembaga berwenang.

Alternatif lain yang bisa dilakukan adalah menggunakan jasa konsultan HKI untuk segala keperluan pendaftaran, hingga menerima sertifikat. Efisiensi waktu dan biaya bisa didapatkan dengan memilih alternatif ini.

Melihat waktu tersebut, Anda setidaknya harus mengira persiapan sebelum akhirnya melakukan publikasi bisnis. Sebelum ada pengumuman persetujuan merek, sangat beresiko untuk melakukan promosi atau penjualan secara aktif dengan merek tersebut.

Apabila pemilik mengajukan permohonan setelah penjualan dan publikasi bisnis, pembajakan sangat mungkin terjadi. Karena itulah, publikasi setelah pendaftaran sangat dianjurkan.

  • Tidak Riset Merek Serupa

Kesalahan berikutnya yang kerap terjadi adalah tidak melakukan riset terkait merek serupa. Kemungkinan kesamaan, nama, huruf , simbol serta aspek lainnya sangat besar. Produk yang Anda jual, bisa jadi sudah dijalankan oleh banyak pengusaha dengan merek yang sama meski tanpa sengaja.

Penolakan oleh Djki karena kesamaan nama adalah kesalahan paling umum dan rentan. Oleh karena itu, Anda harus memeriksa dengan cek merek online untuk menghindarinya.

  • Melihat Pendaftaran Merek sebagai Beban

Terdengar sepele tapi penting. Hal ini yang mungkin tidak disadari oleh banyak pebisnis. Beberapa menilai, jika nominal dalam pengurusan merek hanya akan mengurangi modal bisnis yang bisa dialokasikan untuk kepentingan lain.

Ini keliru, karena kerugian yang timbul dari pembajakan oleh pihak lain akan jauh lebih besar. Sangat baik untuk menyediakan dana guna mengamankan aset berupa merek.




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.