Garis Besar Belajar Bisnis Saham

Garis Besar Belajar Bisnis Saham

Kali ini kita akan belajar cara bisnis saham, jika Anda masih pemula artikel ini cocok untuk kalian baca . Cara membeli saham Indonesia atau berinvestasi saham di bursa saham adalah dengan membuka sebuah rekening saham dengan nama kalian sendiri.

Untuk membuka rekening saham, silahkan kunjungi perusahaan sekuritas atau pialang atau broker saham. Perusahaan sekuritas di Indonesia cukup banyak bahkan lebih dari seratus perusahaan. Ada milik pemerintah atau BUMN, ada milik swasta dan juga milik asing.

Contoh perusahaan sekuritas milik pemerintah atau BUMN adalah BNI sekuritas (NI), Mandiri sekuritas (CC), Danareksa sekuritas (OD) dan bahana sekuritas (DX).

Perusahaan sekuritas milik swasta nasional seperti sinarmas sekuritas (DH) Trimegah Sekuritas (LG), Panin Sekuritas, Henanputi Rai Sekuritas (HP), Balbury Sekuritas (CP), Brent Sekuritas, Trust Sekuritas dan lain lain.

Perusahaan sekuritas milik asing adalah Kim Eng Securities, CLSA Securities, JP Morgan Securities (BK), Merril Lynch Securities (ML), Philiips Securities, UBS Securities, BNP Paribas Securities (RX).

Langkah langkah Cara Membeli Saham

1. Membuat rekening saham

Pada tahap awal kita harus membuka rekening saham dahulu di salah satu perusahaan sekuritas. Beberapa sekuritas saat ini menawarkan investasi saham Indonesia dengan pembukaan rekening awal yang lumayan kecil yaitu minimal 5 juta.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk membuka rekening saham antara lain : Copy identitas,  data alamat tempat tinggal, data usaha atau pekerjaan, data ahli waris dan copy buku rekening tabungan.

2. Memilih saham

Kemudian setelah membuka rekening saham dan sudah menyetor dana awal minimal yang disyaratkan oleh perusahaan sekuritas, maka Anda bisa mulai bertransaksi.

Tahap selanjutnya adalah memilih saham yang hendak dibeli. Ingat, tujuannya adalah membeli saham pemenang atau kata lainnya saham yang akan memberikan keuntungan besar untuk investasi saham .

Lakukan analisa apakah perusahaan sehat, berkembang dan keuntungannya selalu meningkat. Hal tersebut dinamakan analisa fundamental. Sementara memperhatikan timing dengan melihat garfik harga saham disebut juga dengan analisa teknikal .

3. Membeli saham

Sesudah melakukan analisa dan sedikit riset tentang saham apa yang hendak dibeli maka selanjutnya adalah melakukan pembelian saham. Dalam pembelian saham ini, ada 2 cara yaitu melalui broker (pialang saham) atau secara online.

Order pembelian saham secara online bisa dengan menggunakan trading saham online system atau aplikasi jual beli saham system

4. Menjual saham

Setelah membeli saham maka saatnya untuk menjual. Dalam menjual saham, kita harus pandai memantau pergerakan harga saham yang sudah dibeli .

Baca Juga :

Jika bingung mencari perusahaan sekuritas yang terpercaya, bisa memilih mandiri sekuritas. Mandiri Sekuritas bisa menjadi teman Anda dalam berinvestasi.

No ratings yet.

Nilai kualitas artikel




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda