Jenis Spam yang Dilakukan Oleh Blogger di Facebook

0
Blogger Dianggap Spam Oleh Facebook Jika Melakukan Hal Ini

Ketatnya pengamanan facebook soal spammer yang dilakukan oleh berbagai kalangan membuat para blogger atau internet marketer mulai hati-hati dalam beraktifitas di facebook. Jika salah langkah, maka blog atau akun sipemilik akan ditandai sebagai spammer yang tentunya akan berakibat fatal.

Banyak blogger yang bertanya-tanya, setelah share artikel, kok sistem facebook menghapus otomatis, sebagian postingan menghilang dan sebagainya. Jika sudah terjadi demikian, artinya Anda sudah melakukan hal-hal yang menurut facebook telah melanggar pedoman mereka.

Agar aktifitas Anda tidak dianggap spam oleh facebook, berikut kami paparkan hal-hal yang terbilang biasa namun termasuk bagian dari spam.

Blogger Dianggap Spammer Oleh Facebook Jika Melakukan Hal Ini

Membagikan kiriman dalam waktu yang hampir bersamaan

Setelah menerbitkan artikel, lakukan share artikel secara bertahap di berbagai group atau di beranda facebook Anda sendiri. Jangan melakukan share secara membabi buta agar tidak dianggap spam oleh facebook (Share dalam waktu yang bersamaan di semua group yang Anda ikuti, share di beranda sendiri atau teman dan lain-lain).

Bijaklah dalam memanfaatkan kebebasan yang diberikan oleh facebook. Jika memang Anda kebelet ingin menshare artikel Anda agar trafik cepat diperoleh, mintalah bantuan teman. Minta mereka membagikan secara bergantian, baik diberanda mereka sendiri maupun di group-group.

Agar teman Anda dengan senang hati melakukannya, coba berikan imbalan ngopi bareng setiap akhir pekan.

Menggunakan kalimat pengantar yang sama persis

Kadang kita malas membuat tulisan pendek (caption) sebagai kalimat pengantar apabila melakukan share di facebook, sehingga caption yang telah ditulis untuk dishare di group satunya digunakan lagi di group yang lainnya.

Ini merupakan hal yang cukup fatal. Jika terus melakukan hal tersebut sampai berkali-kali maka secara otomatis, Anda akan dianggap spammer oleh sistem facebook.

Membagikan tautan langsung dari blog

Membagikan tautan langsung, baik melalui beranda sendiri maupun melalui komentar di postingan orang lain bisa dianggap spam oleh facebook. Apalagi kalau dilakukan berulang-ulang, maka sangat cepat sistem facebook mendeteksi sebagai spammer.

Sebaiknya, manfaatkan fanspage Anda. Bagikan melalui fanspage, kemudian dari fanspage itulah Anda beraktifitas dalam proses promosi blog. Hal ini akan lebih aman dari suspend facebook.

Menghasilkan tag yang berlebihan

Jika membuat sebuah kiriman di facebook dan men-tag orang lain, maka otomatis kiriman kita akan muncul di beranda mereka yang ditag. Jika membuat tag seperti ini secara berlebihan, maka jangan heran kalau akun Anda di suspend karena dianggap spammer.

Selain itu, banyak juga orang yang tidak suka ditag sembarangan karena merasa terganggu. Apalagi sesuatu yang tidak berhubungan dengan kehiduapn mereka. Lihat contoh gambar berikut :

Jenis Spam yang Dilakukan Oleh Blogger di Facebook

Membuat komentar singkat berulang sehingga dianggap spam oleh facebook

Biasanya, blogger yang suka melakukan promosi melalui komentar sudah menyiapkan kalimat khusus. Sehingga tidak perlu waktu yang lama untuk mengomentari puluhan postingan.

Jangankan komentar singkat, komentar panjang pun jika dilakukan berulang kali akan masuk dalam list spam oleh facebook. Maka dari itu, hindari hal seperti ini.

Add banyak teman hampir bersamaan

Coba lakukan add friend yang banyak dalam waktu singkat, maka akan ada pemberitahuan oleh facebook bahwa add teman yang Anda kenal saja. Itu pertanda Anda teridentifikasi melakukan spam.

Tanpa izin memasukkan orang lain dalam suatu group

Bukan hanya blogger, mereka yang melakukan penjualan online yang memanfaatkan facebook group sebagai wadah utama dalam teknik pemasaran mereka sering melakukan hal ini.

Biasanya langkah awal adalah memperbanyak pertemanan, kemudian membuat suatu group dan mulai memasukkan orang lain (yang berteman) di group tersebut tanpa izin.

Baca Juga:

Jika orang yang Anda masukkan langsung keluar dari group (leave group), maka 1 poin sebagai spammer sudah Anda dapatkan. Jika hal demikian terus dilakukan, maka jangan kaget kalau akun Anda disuspend.

Sebetulnya masih banyak sekali yang dapat membuat postingan kita dianggap spam oleh facebook. Lebih jelasnya, Anda bisa membaca pedoman komunitas facebook di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.