Beranda KEUANGAN Bagaimana Cara Memilih Investasi untuk Pemula?

Bagaimana Cara Memilih Investasi untuk Pemula?

Bagaimana Cara Memilih Investasi Untuk Pemula?

Investasi Untuk Pemula – Investasi merupakan perencanaan yang sudah banyak dilakukan oleh sebagian orang. Menabung bukanlah solusi tepat untuk saat ini, sebab bisa tergerus oleh inflasi. Walaupun begitu, beberapa orang juga belum mengetahui bagaimana menginvestasikan uang atau harta mereka. Bukannya untung tapi malah rugi, apalagi bagi pemula. Jadi perlu dipelajari bagaimana menginvestasikan uang dengan benar.

Berikut beberapa cara dan tips yang bisa dilakukan seseorang untuk menginvestasikan hartanya. Khususnya Investasi untuk pemula, apa saja itu? Cek daftar di bawah ini ya.

Tips Memilih Investasi untuk Pemula Agar Tidak Rugi

1. Mengatur tujuan investasi

Salah satu fungsi mengatur tujuan investasi atau target investasi agar lebih terarah. Tujuan investasi orang berbeda-beda, misalnya seseorang menginvestasikan dana untuk pernikahan di masa depan, mencicil rumah, motor dan lain-lain.

Kemudian jika sudah tahu tujuannya, segera bentuk alur atau cara untuk mencapainya. Kira-kira memerlukan waktu dan uang berapa agar apa yang Anda targetkan bisa tercapai.

2. Memahami resiko dan kemampuan

Di dunia ini ada resiko yang harus ditanggung, termasuk memutuskan untuk ber-investasi. Jika sudah mantap mau menginvestasikan harta, sebaiknya ketahui dulu apa saja resiko yang nanti akan dihadapi. Siapkan pula mental agar lebih berhati-hati saat mengambil keputusan.

Selain itu, memahami kemampuan diri, baik kekurangan atau kelebihan akan membantu Anda dalam mengambil keputusan yang tepat di bidang investasi.

3. Memahami dasar investasi

Menginvestasikan uang juga harus paham dasarnya. Kalau tidak, resiko investasi akan Anda alami dengan kerugian yang tidak sedikit. Jangan kepincut dengan keuntungan yang besar saja. Saat sudah mengetahui jenis dan dasar satu investasi, tidak ada salahnya untuk mengenal investasi lainnya.

4. Jenis investasi yang disukai

Memilih investasi yang disukai akan mendapat kepuasan tersendiri selain dari keuntungan tentunya. Misalnya, membantu orang lain dengan berinvestasi. Yupz, bagaimana tidak “Sambil menyelam minum air”. Itulah hal yang bisa dirasakan saat berinvestasi pada hal yang disukai.

5. Pakai uang pribadi

Nah ini dia, salah satu hal yang harus dan wajib diketahui oleh calon  Investor. Menginvestasikan harta menggunakan uang pribadi, bukan uang hasil pinjaman bank atau pihak lain. Jika menggunakan uang pinjaman, maka akan  mengganggu keuntungan investasi yang sudah Anda bangun. Awalnya berniat mendapat untung, tapi malah menambal hutang. Jadi, percuma kalau seperti itu.

Ada beberapa cara untuk menginvestasikan harta, bagi Muslim tentunya memilih jalan yang sesuai dengan syari’atnya agar bebas dari yang namanya riba’. Berikut beberapa keuntungan yang bisa didapat jika kamu menginvestasikan dengan jalan syari’ah.

  1. Aman, sebab terhindar dari jenis transaksi yang tidak jelas (Gharar)
  2. Dasar hukum jelas, sesuai dengan undang-undang nomor 21 tahun 2008 tentang perbankan Syari’ah.
  3. Keuntungan bersifat umum alias sosial

Baca Juga :

Bagaimana? Sudah tahu kan jenis investasi yang aman, apalagi Investasi untuk pemula. Anda bisa mencoba beberapa jenis investasi dalam suatu platform, tapi pelajari terlebih dahulu. Biasanya setiap platform atau perusahaan yang menawarkan investasi akan menjelaskan secara gamblang bagaimana alur investasi dan keuntungan yang akan didapatkan.

No ratings yet.

Nilai kualitas artikel

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.