Mencuri Inspirasi dari Kemandirian Erick Thohir dalam Membangun Bisnis

Mencuri Inspirasi dari Kemandirian Erick Thohir dalam Membangun Bisnis
Erick Thohir, tokoh inspiratif dalam dunia bisnis Indonesia

Siapa yang tak kenal dengan sosok Erick Thohir? Kesuksesan tokoh yang satu ini memang sudah tak perlu diragukan lagi. Kiprahnya sebagai seorang pengusaha yang andal menghantarkannya menjadi Menteri Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia yang ke-9, bekerja di bawah periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Tentunya tokoh inspiratif ini tidak serta merta didapuk menjadi Menteri BUMN. Erick sendiri pada awalnya adalah seorang pengusaha yang bergerak membantu bisnis keluarga. Ayah Erick, Teddy Thohir, merupakan pengusaha Astra International Tbk yang membawahi beragam lini bisnis.

Usai menyelesaikan pendidikannya, Erick dipercaya untuk menangani beberapa di antara bisnis-bisnis tersebut, yaitu Hanamasa dan Pronto. Namun, tak lama setelahnya, Erick memutuskan untuk keluar dari bisnis keluarga dan membangun bisnis miliknya sendiri.

Bisnis Pertama Erick Thohir

Mulai dengan bermain saham, Erick kemudian mendirikan Mahaka Group bersama tiga orang lainnya. Awalnya, perusahaan ini bergerak di bidang pertambangan, keuangan dan juga media. Seiring dengan berkembangnya bisnis yang ia kelola, Erick kemudian mulai merambah bidang-bidang lainnya, khususnya di bidang media dengan mengelola pula stasiun televisi lokal JakTV serta sejumlah stasiun radio seperti GEN 98.7 FM, Prambors FM, Delta FM dan FeMale Radio.

Tangan dingin Erick di bidang media juga dibuktikannya dengan keberhasilannya mengangkat kembali pamor harian Republika yang pada saat itu sudah mulai menurun.

Tokoh inspiratif dunia media ini juga semakin mengukuhkan kiprahnya dengan menjadi Direktur Utama PT Visi Media Asia Tbk yang merupakan induk usaha dari TVOne.

Tak berhenti sampai di situ saja, ia juga merambah dunia olahraga dengan menjadi pemilik beberapa klub olahraga. Mulai dari basket hingga sepakbola, baik di dalam maupun di luar negeri.

Pengalaman bisnisnya yang cukup mumpuni inilah membuatnya dipercaya untuk menangani badan usaha milik negara sebagai seorang menteri.

Perjalanan bisnis Erick tentu tidak selamanya mulus. Posisi yang didudukinya saat ini bisa dibilang merupakan buah dari keuletannya sebagai seorang pengusaha. Mengagumkannya lagi, meski berasal dari keluarga yang terbilang mampu, Erick tidak sepenuhnya bergantung pada kesuksesan keluarganya.

Keputusannya untuk keluar dari bisnis keluarga dan membangun usahanya sendiri merupakan bentuk kemandirian yang patut ditiru. Kekayaan keluarga yang bisa dinikmati begitu saja justru dijadikannya modal untuk membangun bisnisnya sendiri.

Erick Lihai dalam Membangun Koneksi

Selain modal yang dimilikinya, kesuksesan Erick juga dipengaruhi oleh keuletannya dalam mencari celah bisnis dan sifatnya yang tidak mudah puas dengan apa yang sudah dicapainya. Keuletannya membuatnya tak segan untuk membuka koneksi-koneksi baru agar bisnisnya yang sudah besar dapat lebih berkembang lagi.

Usaha-usaha yang dilakukannya tersebut tentu berbuah manis. Kini, Erick bisa dibilang sebagai salah satu pengusaha yang patut diperhitungkan dalam industri tanah air.

Baca Juga :

Meneladani kemandirian sosok Erick Thohir sebagai seorang tokoh inspiratif di dunia bisnis merupakan langkah tepat bagi Anda yang tengah mencoba membangun bisnis sendiri. Dengan modal yang sangat cukup berupa bisnis keluarga yang sudah mengakar kuat saja Erick tidak merasa cukup dan masih berupaya dengan lebih giat lagi untuk menjalankan bisnisnya.

Karakter tidak pantang menyerah semacam ini tentu sangat dibutuhkan sekali bagi setiap pengusaha, baik yang datang dari keluarga pebisnis atau yang benar-benar memulai dari awal.




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.