Strategi Membuka Usaha di Pinggir Jalan

4
469
Strategi Membuka Usaha di Pinggir Jalan

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan beberapa tips dan trik membuka usaha di pinggir jalan agar memperoleh kesuksesan.

Jangan berpikir bahwa pedagang yang sekarang berjualan di pinggir jalan tidak memiliki penghasilan yang melimpah. Jika tidak percaya, silahkan melakukan survei kecil-kecilan. Tanyakan omset mereka perharinya. Saya yakin Anda akan kaget mendengarnya.

Nah, jika Anda ingin memperoleh penghasilan seperti mereka, ikuti dan pelajari apa yang mereka lakukan dan strategi apa yang mereka jalankan hingga menghasilkan uang yang fantastis.

Tapi jika Anda malas menganalisa penyebab mereka bisa sukses di bisnis ini, silahkan pelajari strategi membuka usaha di pinggir jalan yang akan saya jelaskan dalam pembahasan artikel ini.

Tips Membuka Usaha di Pinggir Jalan

1. Memilih lokasi yang tepat

Dalam beberapa artikel yang saya tulis, selalu menitik beratkan lokasi yang baik dan tepat karena hal ini merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh dari kesuksesan suatu usaha.

Jika Anda membuka usaha makanan atau warung kopi maka tempat yang paling cocok adalah pusat keramaian. Bukalah usaha Anda berdekatan dengan pasar tradisional atau carilah tempat yang berada di pinggir jalan dimana kuantitas pengendara yang lewat di jalan tersebut sangat tinggi.

2. Jenis barang yang akan dijual

Sebaiknya lakukan survei kecil-kecilan mengenai apa yang paling sering dicari orang sebelum Anda memulai usaha. Sebagai bahan masukan dari saya, sekarang ini usaha yang paling cocok yang bisa Anda jual di pinggir jalan adalah usaha kuliner.

Sebaiknya mulai usaha sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki. Misalkan Anda mampu membuat mie goreng yang super lezat, maka usaha yang paling relevan untuk Anda ya berjualan mie goreng.

Tapi tidak boleh berpatokan dengan keahlian Anda dalam mengolah suatu makanan untuk membuka usaha. Bisa saja Anda memanfaatkan keahlian orang lain untuk usaha yang akan dijalankan.

3. Tempat usaha yang nyaman

Setiap pengusaha pastinya menginginkan tempat yang nyaman, baik untuk pengusaha itu sendiri maupun para pelanggannya. Tempat usaha tidak harus mewah, yang penting kebersihan dan kelayakan dari suatu kios yang Anda sewa.

Saran dari saya untuk tempat usaha adalah hindari memilih tempat yang berdekatan dengan bengkel motor. Silahkan Anda perhatikan jika para mountir bengkel tersebut melakukan pengetesan pada motor pelangganya, tentunya sangat bising dan bisa jadi menggangu pelanggan Anda nantinya.

Siapkan beberapa perlengkapan seperti kipas angin, tv atau radio yang membuat pelanggan nyaman berada di kios Anda. Sesuaikan apa yang kira-kira cocok dengan usaha yang Anda jalankan. 

4. Harga yang bersahabat 

Harga yang bersahabat bagi pelanggan tentunya menjadi perhatian semua orang. Jadi buatlah strategi bagaimana agar harga yang Anda patok tidak terlalu mahal dan juga tidak terlalu murah. Sekali lagi, lakukan survei untuk menentukan harga jual.

Perlu Anda ketahui, usaha yang sukses bukan berarti usaha yang mempunyai produk yang murah. Tapi bagaimana Anda menentukan harga jual sesuai dengan kualitas yang Anda tawarkan.

Perhatikan saja usaha yang dibuka di mall, pelabuhan atau bandara, mereka menjual makanan atau sejenisnya dengan harga yang luar biasa mahalnya tapi mereka tetap sukses dengan usaha mereka.

Untuk menjadi pemenang dalam dunia usaha harus kreatif, baik dalam menentukan harga maupun dalam kualitas dan pelayanan.

5. Pelayanan yang baik

Belajarlah menjadi pemilik usaha yang ramah pada setiap orang, hal ini adalah salah satu langkah keberhasilan Anda dalam dunia usaha. Setiap orang termasuk Anda akan senang jika mampir di suatu kios yang pemiliknya menyambut dengan senyum dan sapaan yang lembut.

Jadi tetaplah melemparkan senyum dan sapaan yang lembut agar Anda mendapatkan pelanggan setia.

6. Promosikan usaha Anda

Jenis usaha seperti ini tidak memerlukan promosi yang super wah. Cukup membuat spanduk yang besarnya disesuaikan dan tempatkan di depan kios Anda. Selanjutnya informasikan pada semua teman, keluarga dan tetanggan Anda mengenai usaha yang baru Anda jalankan.

Baca Juga :

Sekian beberapa strategi membuka usaha di pinggir jalan agar memperoleh keuntungan. Kalau soal strategi pengembangan usaha, Anda akan memperolehnya seiring dengan berjalannya waktu. Tetaplah berkreasi dan selalu belajar dari kesalahan yang Anda lakukan. Terimakasih




4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.