Tips Memulai Bisnis Cafe Wifi dengan Modal Kecil

1
1248
Memulai Bisnis Cafe Wifi dengan Modal Kecil

Bisnis Cafe Wifi – Akhir-akhir ini di negara kita terjadi perubahan yang sangat signifikan pada penggunaan jaringan internet. Menurut data dari kominfo.go.id, saat ini pengguna jaringan internet sudah mencapai 82 juta, dengan pencapaian penggunaan internet berada pada peringkat ke 8 dunia.

Melihat kondisi tersebut, maka usaha yang dijalankan dengan memanfaatkan jaringan internet untuk memperoleh penghasilan memiliki prospek yang sangat cerah. Bukan hanya usaha yang bersentuhan langsung dengan internet, usaha seperti cafe juga pun turut memperoleh imbasĀ  positif yang hanya memanfaatkan jaringan internet sebagai pelaris usaha.

Usaha cafe wifi atau sering kita dengar dengan istilah warkop wifi sudah menjadi trend beberapa tahun terakhir. Sampai-sampai pedesaan pun tidak ingin ketinggalan dengan banyaknya warkop wifi bertebaran.

Berbagai macam trik yang digunakan oleh pelaku bisnis ini seperti yang telah disebutkan di atas yaitu layanan wifi gratis, karyawan dengan penampilan menarik, membuat suasana ruangan bagai kehidupan malam dan sebagainya.

Nah, bagi Anda yang berkeinginan terjun dalam dunia bisnis cafe wifi, berikut beberapa tips dan trik bisnis cafe wifi dengan modal kecil.

Memilih Teknik Penggunaan Wifi

Maksud dari teknik penggunaan wifi untuk cafe adalah menentukan layanan wifi yang bagaimana untuk pelanggan cafe, apakah wifi premium, commercial wifi atau wifi dengan bebas biaya.

1. Wifi premium

Wifi premium biasanya digunakan pada pelanggan kelas bisnis. Karakteristik dari pelanggan jenis ini adalah menginginkan tempat yang nyaman serta koneksi internet yang super cepat. Maka dari itu, pelanggan kelas ini tidak akan menjadi masalah walau layanan wifi dikenakan biaya.

Anda bisa mengenakan layanan wifi ini berdasarkan waktu yang mereka habiskan dalam menggunakan jaringan internet.

2. Commercial wifi

Commercial wifi adalah mengenakan biaya penggunaan internet bagi pelanggan cafe dengan sistem sekali bayar. Mereka hanya membayar sekali pada saat mereka datang dan memesan minum dan sebagainya.

Pelanggan yang menginginkan kecepatan internet stabil akan lebih senang mengeluarkan uang mereka demi kenyamanan dalam menjelajahi dunia maya.

Pelanggan akan mendapatkan password untuk menggunakan wifi pada saat pelayan membawakan pesanan mereka.

3. Free wifi

Nah, type jenis ini lah yang menjadi primadona bagi para pelajar dan mahasiswa. Mereka betah sampai begadang semalam suntuk untuk mendapatkan koneksi internet secara gratis.

Mereka bebas menggunakan wifi tanpa harus diwajibkan membeli produk dari cafe Anda.

Memilih Lokasi yang Strategis untuk Bisnis Cafe Wifi Anda

Lokasi yang strategis dalam bisnis cafe wifi adalah lokasi yang mudah dijangkau, mudah dilihat dan juga aman dari gangguan preman, maling dan sebagainya. Carilah lokasi yang sekiranya tidak memberatkan keuangan Anda, dengan modifikasi sedemikian rupa tempat yang murah pun bisa terlihat mewah.

Promosi yang Tepat

Promosi saat ini sudah tidak menjadi kendala, apalagi target Anda adalah pelanggan yang bermukim di sekitar kota. Cukup menggunakan spanduk dan tempatkan di depan cafe atau menempel di badan bangunan cafe.

Untuk promosi online, Anda bisa menggunakan media sosial dan menjadi anggota di group lokal kota Anda. Sebarkan informasi cafe Anda dan silahkan tunggu hasilnya.

Baca Juga :

Semoga bisnis cafe wifi mampu menjadi titik balik kehidupan yang cerah dalam ekonomi keluarga Anda. Amin




1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.