Beranda KEUANGAN Kenali Kekurangan dan Kelebihan Investasi Mandiri

Kenali Kekurangan dan Kelebihan Investasi Mandiri

Kenali Kekurangan dan Kelebihan Investasi Mandiri

Investasi adalah suatu kegiatan yang mengharap sejumlah imbal balik dengan metode tertentu, dengan cara menanam modal atau membeli aset bernilai. Kemudian seiring berjalannya waktu, uang ataupun aset tersebut akan berkembang dan bertambah nilainya.

Sedangkan investasi mandiri adalah pengelolaan dana nasabah secara individual yang disesuaikan dengan kebutuhan Investor ditinjau dari tujuan investasi dan resikonya.

Dalam suatu hubungan terdapat hal baik dan buruk, begitupun dalam dunia investasi. Tentu terdapat kekurangan dan kelebihan dalam investasi mandiri. Nah, itulah yang akan jadi benang merah pada pembahasan kali ini. Oke, langsung saja cek pembahasan berikut ini.

Kekurangan atau Resiko Investasi Mandiri

Resiko, susunan huruf yang menjadi momok bagi setiap aspek kehidupan. Banyak individu yang tidak mengharapkan adanya istilah tersebut. Padahal di setiap aspek kehidupan manusia, selalu dihadapkan dengan resiko seperti resiko pekerjaan, bisnis dan resiko kesehatan.

Resiko-resiko tersebut lantas jangan membuat kita sebagai manusia melemah, sehingga menjadikan diri tidak berkembang. Banyak juga orang yang berani mengambil resiko-resiko besar dalam kehidupannya, contohnya seseorang menggunakan sisa tabungannya untuk membangun usaha dari nol.

Tujuannya agar dapat meningkatkan taraf ekonomi, namun dengan resiko besar yang diambil. Pada dasarnya, orang yang berhasil yaitu berani mengambil keputusan beserta resikonya meski besar.

Investasi juga tidak bisa dipisahkan dari sebuah resiko. Bagaikan dua sisi keping logam, resiko dan keuntungan sangat lekat hubungannya. Semakin besar resiko yang diambil, maka dipastikan besar pula keuntungan yang didapat di masa mendatang.

Sebaliknya, jika resiko yang diterjang hanya seukuran kerikil di jalanan, keuntungan yang menanti pun cenderung tidak besar. Walau resiko tidak bisa dihindarkan, setidaknya ada cara untuk meminimalisirnya. Salah satunya, dengan kesiapan perencanaan dan pemahaman yang memadai.

Jika dalam berinvestasi, Anda sudah bisa memahami kebenarannya bahwa resiko dan keuntungan senantiasa beriringan. Maka, jangan takut memulai investasi. Anda dapat memilih jenis investasi yang dapat dihandle resikonya.

Kelebihan Investasi Mandiri

Selain resiko yang telah dijabarkan sebelumnya, berikut beberapa kelebihan berinvestasi. Seperti reksadana yang mana merupakan jenis investasi mandiri. Selengkapnya simak berikut ini:

1. Mudah

Kenapa mudah? Karena investasi mandiri punya sistem Manajer yang bertugas memantau semua perkembangan dan alokasi keuangan Anda. Mudah bukan? Daripada terjebak pada pilihan investasi yang salah apalagi harus memantau sendiri secara berkala. Tunggu saja, duduk manis dan menanti investasi yang Anda lakukan membuahkan hasil.

2. Terjangkau

Kelebihan lainnya dari investasi mandiri adalah caranya yang sangat terjangkau, meliputi dari biayanya juga. Dengan membeli reksadana di Mandiri Investasi, Anda dapat memulai investasi hanya dengan Rp50 ribu saja.

Anda juga bisa melakukan pengawasan terhadap sering dan banyak atau sedikitnya uang yang akan diinvestasikan. Disarankan kegiatan investasi dilakukan dengan nominal yang kecil namun dilakukan secara teratur. Perlahan tapi pasti membuahkan hasil di kemudian hari.

3. Aman

Uang Anda aman bersama Mandiri, pasalnya industri investasi ini dijaga ketat oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang merupakan sebuah lembaga resmi pemerintah untuk mengatur dan mengawasi sektor keuangan. Mandiri Investasi berkewajiban menaati peraturan dan tata kelola-nya karena Mandiri Investasi adalah afiliasi dari bank kenamaan di Indonesia, yaitu Bank Mandiri.

Baca Juga :

Itulah pemaparan terkait kekurangan dan kelebihan yang ada pada investasi mandiri. Pada tiap-tiap aspek kehidupan pastilah ada resiko, begitu pula keuntungan. Jadi jangan takut akan adanya resiko ya! Mari berinvestasi dan salam bebas finansial

5/5 (1)

Nilai kualitas artikel

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.