Jangan Berharap Memiliki Bisnis Jika Tidak Menumbangkan Rasa Takut Gagal

Menumbangkan Rasa Takut Gagal

Rasa Takut Gagal – Selalu berangan-angan memiliki bisnis sendiri adalah langkah positif yang sudah Anda ciptakan. Tapi tanpa action, angan-angan hanyalah sekedar impian yang tidak berujung.

Salah satu faktor terbesar gagalnya seseorang memulai suatu usaha adalah karena rasa takut yang selalu menghantui. Takut akan kegagalan memang hal lumrah bagi setiap orang yang belum memiliki usaha. Tapi bagi orang yang telah berkecimpung dalam dunia usaha, maka rasa takut ini adalah hal yang paling bodoh dan tidak boleh dipelihara.

Tumbangkan rasa takut Anda jika ingin memiliki bisnis sendiri. Kali ini saya akan membahas tindakan yang harus Anda lakukan untuk menghilangkan rasa ini.

Rasa takut akan kegagalan biasanya timbul pada orang yang telah berada pada zona aman dalam finansial (pas-pasan). Mendapatkan penghasilan yang tetap, setiap awal bulan rekening terisi tanpa perlu memikirkan ini dan itu.

Tapi jika Anda tetap berada dalam zona ini, maka kenikmatan finansial yang selalu Anda dambakan, ingin berjalan-jalan keluar negeri dan sebagainya akan jauh dari kenyataan.

Memang benar, saat ini mungkin Anda bisa melakukan hal tersebut, tapi tentunya dengan menunggu tabungan Anda mencukupi bukan? Disamping itu, setelah melakukan liburan maka timbullah masalah baru dimana kesulitan finansial kembali menimpa Anda.

Itulah sebabnya Anda atau mungkin termasuk saya selalu mendambakan bisnis yang sukses, bisnis yang besar yang mampu menyokong kehidupan finansial keluarga. Tapi lagi-lagi hal itu akan terhambat jika rasa takut tetap Anda pelihara. Maka dari itu, berikut hal-hal yang perlu Anda rubah dalam berpikir untuk mengurangi rasa takut tersebut.

Cara Menghilangkan Rasa Takut Gagal Untuk Memulai Usaha

1. Berpikir bahwa sesuatu yang terjadi pasti ada hikmahnya

Selalu berpikir akan kejadian yang menimpa “pasti ada sesuatu yang tersembunyi untuk kebaikan Anda dan keluarga”. Yakin dan percaya bahwa setiap sesuatu yang ada di dunia ini pastilah berpasang-pasangan. Jika terdapat suatu kegagalan, maka pastinya ada kesuksesan yang menanti.

Mari kita kembali belajar pada bayi yang belajar berjalan. Kegagalan dalam melangkahkan kaki tidak menyurutkan niat bayi tersebut untuk terus mencoba dan mencoba dan akhirnya berhasil berjalan dengan usahanya sendiri.

Apakah Anda masih merasa kegagalan adalah hal yang sangat menakutkan? Cobalah sesuatu yang memiliki resiko kecil terlebih dahulu, agar ketika kegagalan menghampiri tidak akan berpengaruh pada mental Anda seperti halnya bayi.

Mereka belajar tengkurap, merangkak kemudian berdiri dan akhirnya mampu berjalan dengan masih sempoyongan. Seiring dengan berjalannya waktu, bayi tersebut mampu berjalan dengan gagahnya dan berlari tanpa rasa takut jatuh.

Itulah kenapa saya katakan dalam salah satu paragraf di atas bahwa memelihara rasa takut bagi pengusaha yang sudah lama berkecimpung dalam dunia bisnis adalah hal yang sangat bodoh.

2. Kegagalan adalah guru yang sangat baik untuk Anda

Tidak ada seorang pun guru yang mampu memberikan ilmunya sebaik kegagalan yang Anda alami. Memandang kegagalan dari sudut pandang yang positif harus Anda lakukan jika ingin terus berkembang.

Kegagalan adalah hal yang sangat lumrah, bahkan orang sepintar Thomas Alva Edison pun telah mengalami kegagalan sampai ribuan kali untuk menciptakan suatu penemuan yang telah kita manfaatkan sampai saat ini.

Masihkah Anda takut akan kegagalan dalam menjalankan usaha?

3. Mencari penyebab rasa takut yang Anda alami

Jika rasa takut selalu timbul, maka solusi yang harus Anda lakukan adalah mencari penyebab rasa takut tersebut dan mencari solusinya agar keyakinan dalam mengambil keputusan semakin kuat.

Perlu Anda ketahui, jangan menjadi seorang analis yang handal untuk belajar berbisnis. Jika tetap melakukan hal tersebut, saya yakin dan percaya, Anda tidak akan melakukan action dan tidak akan pernah memiliki usaha yang selalu diimpikan.

Lihatlah orang-orang yang sukses dalam dunia bisnis, rata-rata mereka memiliki pendidikan yang minim. Tapi kenyataannya mereka berhasil sukses dan menjadi seorang milyarder. Apakah yang ada dalam pikiran mereka sewaktu memulai usaha?

Mereka hanya memiliki ilmu yang sangat sederhana yaitu jika membeli sebuah barang dengan harga misalnya Rp 5.000,- maka harus menjualnya di atas harga beli tersebut. Simpel tapi sebetulnya disitulah letak ilmu dagang yang sesungguhnya.

Lakukanlah analisa secukupnya agar rasa takut tidak menggerogoti pikiran Anda untuk menjadi seseorang yang sukses finansial.

4. Menghadapi ketakutan lebih baik daripada lari dan menghindar dari ketakutan itu sendiri

Teknik yang paling ampuh dalam mengatasi ketakutan adalah menghadapi dengan gagah berani apa yang Anda takuti. Contohnya, Anda takut melewati suatu jalan tertentu karena isu adanya hantu bergentayangan. Jika Anda tidak mau dan tidak berani melewati jalan yang dimaksud, maka sampai kapan pun Anda akan selalu takut dan tidak akan pernah membuktikan isu tersebut.

Baca Juga :

Orang sukses adalah orang yang mampu mengatasi ketakutan dan menghadapi dengan percaya diri apa yang ada di depannya. Sesungguhnya apa yang Anda takutkan itu merupakan sesuatu yang belum pasti dan masih samar-samar.

Masihkan Anda memiliki harapan menjadi seorang pebisnis jikalau tidak menumbangkan, menghempaskan atau menenggelamkan rasa takut gagal?

No ratings yet.

Nilai kualitas artikel




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.