Kunci Sukses Arifin Panigoro, Inspirasi Pengusaha Muda Indonesia

Kunci Sukses Arifin Panigoro, Inspirasi Pengusaha Muda Indonesia
Sumber : Stop TB Partnership Indonesia

Arifin Panigoro adalah Pengusaha atau lebih tepatnya Raja minyak Indonesia. Beliau lahir di Bandung, pada tanggal 14 maret 1945. Sejak duduk di bangku sekolah, Arifin sudah dilibatkan oleh sang Ayah dalam berbisnis. Contohnya, mengelola toko di jalan Braga, Bandung, sebagai Kasir dan Bendahara.

Tidak heran jika jiwa wirausaha, intuisi dan nyali bisnisnya sudah terasah secara alami. Tidak membuatnya canggung saat memulai usaha bersama rekan-rekannya sesama insinyur jebolan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Arifin Panigoro Seorang Kontraktor Instalasi Listrik

Ketika alumni Elektro Institut Teknologi Bandung (ITB) tersebut memulai usahanya, beliau tidak langsung menjadi Bos di Meta Epsi Drilling Company (Medco). Awalnya Arifin Panigoro hanya sebagai kontraktor instalasi listrik door to door. Dan beliau memulai proyek pemasangan pipa secara kecil-kecilan.

Seiring berjalannya waktu, usahanya pun mulai menunjukkan kemajuan yang baik. Jika dulunya Pengusaha asing selalu menang tender, namun sekarang beliaulah yang menanganinya.

Pada tahun 1981, Arifin Panigoro memberanikan diri untuk mengerjakan proyek pipanisasi yang berdiameter besar. Untuk melakukan pekerjaan itu, ia bekerjasama dengan perusahaan asing. Selain bekerjasama dengan mitra asing, dukungan dari pemerintah ikut berperan dalam kelancaran usahanya.

Sumur Minyak Pertama MEDCO

Dengan usaha, kerja keras, pantang menyerah dan optimisme, setelah merintis usaha tahun 80-an akhirnya Medco mulai menujukkan kesuksesan di tahun 1990. Keberhasilan Medco diperlihatkan dengan membeli sumur minyak di Tarakan, Kalimantan Timur, seharga 13 juta dolar Amerika Serikat. Bukan hanya itu, beberapa ladang sumur lainnya pun telah dimilikinya.

Meskipun Arifin Panigoro memiliki kehidupan dalam dunia bisnis sejak Ayahnya dulu, ia tidak pernah memaksakan anak-anak untuk meneruskan usahanya. Beliau mengaku tidak takut jika perusahaannya akan dipegang orang lain. Karena menurut beliau, semua aset, cadangan tidak kemana-mana.

Walaupun sudah menjadi Raja minyak Indonesia, Arifin Panigoro tetap memegang prinsif kaya itu relatif. Ia mengaku tidak pernah tahu, apakah dirinya kaya atau tidak, sebab semua hidup yang dijalani terus berputar menggelinding seperti halnya roda.

Arifin Panigoro sadar, bahwa suatu saat akan pensiun sebagai Pengusaha. Namun, tidak berarti beliau akan berdiam diri. Ia akan berencana untuk memfokuskan ke Medco yang lain yaitu di bidang agrobisnis. Bisnis pertanian akan menjadi tujuan Arifin Panigoro selanjutnya.

Bisa itu karena terbiasa. Mulailah tanamkan jiwa wirausaha, intuisi dan nyali bisnis agar bisa menjadi Pengusaha muda sukses dan kaya. Semangat, pantang menyerah dan kerja kerasa dalah kunci menuju dunia sukses. Manfaatkan masa muda untuk terus berkarya. Jangan biarkan masa muda Anda terbuang sia-sia.

Baca Juga :

Demikianlah artikel dari kami tentang Raja minyak Indonesia, Arifin Panigoro. Semoga dapat menjadi motivasi dan inspirasi untuk Anda semua, calon Pebisnis sukses di masa depan.

Selamat berjuang barisan kaum muda. Jemput kesuksesan sebelum masa tua. Majulah tanpa harus menjatuhkan. Sukseslah tanpa harus menyingkirkan.

No ratings yet.

Nilai kualitas artikel




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.