Pernah Menjadi Penjual Koran, Murdaya Poo Masuk Daftar Orang Terkaya di Indonesia
Sumber : DitjenPajakRI

Pada kesempatan ini kita akan mengulas biografi dan juga profil Murdaya Poo. Murdaya Widyawimarta Poo adalah seorang yang sangat sukses dalam bidang bisnis dan sukses masuk ke dunia politik.

Pria ini adalah sosok dibalik perusahaan kontraktor yang terkenal yaitu Central Cipta Murdaya Group. Dalam dunia politik, Murdaya Poo adalah anggota legislatif periode 2004 sampai 2009 dari partai PDIP.

Murdaya Poo terkenal mempunyai talenta mumpuni dan juga jiwa yang baik. Beliau merupakan seorang yang berkepribadian sederhana dan tidak suka mencari ketenaran di masyarakat.

Murdaya Poo juga terkenal bertangan dingin, terbukti dengan cara dirinya yang selalu menyelesaikan masalah dengan baik dan tidak menimbulkan masalahan yang lain.

Sampai pada saat ini, beliau masuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia dan menempati posisi delapan menurut majalah forbes tahun 2016.

Murdaya Poo Lahir di Blitar

Murdaya Poo lahir di Blitar pada tanggal 12 Januari 1946. Pada tahun 1971, Murdaya menikah dengan Siti Hartati Murdaya. Dari pernikahan tersebut, beliau mempunyai empat orang anak.

Anak pertamanya bernama Pajna Murdaya, anak keduanya bernama Metra Murdaya, anak ketiganya bernama Uppeicha Murdaya dan anak terakhirnya bernama Karuna Murdaya.

Siti Hartati Murdaya sendiri adalah orang terkaya ke 13 di Indonesia. Usaha pertamanya bergerak dalam bidang kelistrikan dengan nama perusahaan Kencana Sakti Indonesia.

Selanjutnya beliau melakukan kesepakatan kerja bersama perusahaan alat olahraga besar di dunia yaitu Nike. Bersama dengan Nike, Siti Hartati Murdaya membuat PT. Hardaya Abeja Shoes Industry. Perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang memproduksi sepatu Nike di Indonesia.

Setelah itu, berlanjutlah perjalanan bisnisnya bersama Nike dengan membangun PT. Nagasakti Paramashoes Indonesia yang bersama-sama bergerak di bidang sepatu.

Masih bersinggungan dengan Nike, Siti Hartati mendirikan Berca Sport Indo untuk bergerak sebagai distributor merk Nike. Dengan berjalannya waktu, istri Murdaya Poo ini memmpunyai merk sendiri dengan nama League.

Perjalanan Bisnis Murdaya

Murdaya Poo memulai karirnya dari nol dan tidak memiliki apapun di masa mudanya. Murdaya Poo memulai karirnya dengan sangat sederhana yaitu sebagai penjual koran.

Murdaya Poo memulai bisnisnya dalam bidang kontraktor pada tahun 1972. Bisnis kontraktor ini pada awalnya tidak begitu terkenal. Bisnis kontraktor yang beliau miliki menjadi satu-satunya bisnis yang ada di era tersebut.

Bisnisnya itu berkembang sangat cepat, yang membuatnya bisa memperluas dan pada akhirnya mendirikan bisnis kontraktor yang lebih besar yaitu Central Cipta Murdaya Group pada tahun 1992.

Dari sinilah kemudian Murdaya Poo melebarkan bisnisnya lagi pada bidang lain seperti teknologi informasi, manufaktur, baja, real estate dan agribisnis.

Salah satu bisnis yang juga dikelolanya adalah PT Jakarta International Expo (JIExpo) pengelola event Jakarta Fair yang terkenal. Setelah itu karirnya berlanjut menjadi anggota legislatif.

Karir Politik

Murdaya Poo terdaftar sebagai anggota legislatif DPR pada periode 2004 sampai 2009. Murdaya Poo juga sangat berpengalaman di partai PDIP. Sebelum menjadi anggota legislatif, Murdaya pernah menduduki posisi bendahara dan pimpinan cabang di PDIP.

Baik perjalanan karir dan politik yang beliau jalani, Murdaya Poo dapat dikategorikan sosok yang sangat sukses di Indonesia.

Baca Juga :

Pada saat majalah Forbes merilis daftar orang terkaya di Indonesia pada tahun 2016, Murdaya Poo masuk pada urutan ke delapan dengan total kekayaan sebesar 2,1 milyar Dollar AS yang setara dengan 28 Triliun rupiah.

Di dunia, Murdaya Poo masuk pada urutan 959 dalam daftar orang terkaya. Hebat bukan? Perjalanan yang sangat menginspirasi kita semua.

No ratings yet.

Nilai kualitas artikel




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.