4 Tips Menentukan Barang yang Cepat Laku Dijual

0
tips menentukan barang yang cepat laku dijual

Perencanaan merupakan suatu langkah penting yang harus dilakukan dalam menjalankan bisnis. Dengan perencanaan yang matang dan terarah, kemungkinan meraih sukses makin besar.

Menurut pendapat pakar bisnis, idealnya perencanaan bisnis dilakukan dengan analisis 5W + 1H (What, Where, Who, When, Why, How). Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini uraiannya.

  • What   : Produk apa yang akan dijual
  • Where : Dimana produk akan dijual
  • Who    : Siapa yang akan menjual produk dan siapa sasaran pemasarannya
  • When  : Kapan produk akan dijual
  • Why    : Mengapa produk tersebut yang dijual
  • How    : Bagaimana cara memasarkan produk tersebut

Ketika memasuki tahap What, yaitu menentukan produk yang akan dijual ada banyak hal yang harus diperhatikan. Pertama yang dilakukan adalah menganalisa daya tarik produk di pasaran, berikutnya menganalisa kelemahan produk tersebut di pasar saat ini, kemudian cari tahu peluang besar yang menarik untuk ditekuni, yang banyak dicari pasar dan  yang tak kalah penting adalah menganalisa kompetitor.

Tips Jitu Menentukan Barang yang Cepat Laku Dijual

Nah selain keempat analisis diatas, ada hal lain yang juga tak kalah penting. Diantaranya adalah:

1. Cari tahu permintaan pasar

Langkah pertama dalam menentukan barang yang cepat laku dijual adalah mencari tahu permintaan pasar. Mengapa? Karena jika kita sudah mengetahui barang yang sedang dibutuhkan atau sedang banyak dicari di pasar, tentunya akan memudahkan Anda dalam penjualan.

Anda akan lebih fokus terhadap satu barang yang paling dicari atau paling dibutuhkan oleh masyarakat saat ini.

Bagaimana caranya? Dengan kecanggihan teknologi saat ini tentunya akan memudahkan Anda dalam mencari tahu permintaan pasar. Anda dapat menggunakan salah satu tools dari google yakni google keyword planner.

Tools ini berfungsi sebagai mesin riset tentang kata kunci yang sedang populer atau sedang banyak dicari pengguna google.

2. Tentukan sasaran konsumen

Disini, tekankan bahwa Anda harus memiliki konsumen yang passionate. Kelebihan ketika Anda mempunyai kosumen yang passionate adalah mereka pasti sangat loyal dengan sesuatu yang mereka suka.

Pertama-tama, tentukan dahulu sasaran konsumen Anda. Misalnya, akan menarget anak muda yang menyukai Korea. Maka Anda harus menjual barang-barang yang berbau Korea contohnya light stick boyband/girlband korea, album, baju Korea, action figure atau benda apapun yang terkait dengan Korea.

3. Analisis kompetitor

Setelah itu, Anda harus meninjau persaingan atau analisis kompetitor. Dengan mencari tahu tentang kompetitor Anda, maka Anda akan tahu standar persaingan yang berlaku di pasar.

Jadi, cari tahu berapa banyak pengusaha lain yang telah menjual produk, bagaimana cara mereka menjual produk, bagaimana Anda akan bersaing dengan mereka dan masih banyak lagi.

Jika sudah mengetahuinya, Anda akan lebih mudah menentukan apakah Anda mampu menjual produk tersebut lebih cepat dari pengusaha yang lainnya.

4. Temukan keunikan produk

Keunggulan dan keunikan produk akan tetap selalu menjadi prioritas bagi masyarakat dalam memilih produk yang akan dibeli. Cantumkan keunggulan produk Anda dibandingkan dengan  produk lain.

Pastikan produk Anda memang unik dan layak dibeli, juga tidak mudah untuk ditiru orang lain. Mungkin, memilih produk seperti itu biasanya mahal dan sulit. Namun tentunya akan sesuai dengan apa yang akan Anda dapatkan kemudian.

Baca Juga :

Itulah tadi beberapa cara menentukan barang yang cepat laku dijual di pasaran. Semoga informasi di atas dapat membantu. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.