Strategi Bikin Cicilan KPR Lebih Cepat Lunas

0
Strategi Bikin Cicilan KPR Lebih Cepat Lunas

Seperti yang kita tahu, setiap tahunnya harga rumah cenderung naik. Jika terus menunda untuk membelinya dengan alasan uang belum cukup, maka nantinya Anda akan rugi sendiri. Saran kami, sebaiknya beli dengan cara kredit atau KPR.

Membeli rumah secara kredit tidak sama dengan membeli kendaraan secara kredit. Apa bedanya? Jika kendaraan, maka beberapa tahun lagi bisa dipastikan harganya turun. Tetapi kalau rumah, beberapa tahun kedepan harganya pasti naik.

Jadi, biarpun dibeli secara kredit, besar kemungkinan tetap untung, karena kenaikan harga rumah pertahunnya melebihi bunga bank yang harus Anda bayar.

Nah, bicara mengenai KPR, kali ini kami bagikan informasi mengenai tips agar cicilan KPR bisa lebih cepat lunas. Pastinya penasaran kan ingin tahu tipsnya? Langsung saja simak ulasan berikut ini :

Strategi Jitu agar Cicilan KPR Lebih Cepat Lunas

1. Maksimalkan DP atau Down Payment

Strategi yang pertama adalah memaksimalkan DP atau down payment. Ini adalah strategi terbaik yang bisa Anda pertimbangkan jika belum mampu untuk membeli rumah dengan cara tunai atau cash.

Tujuan dari strategi yang pertama ini adalah supaya beban kredit yang harus Anda tanggung nantinya menjadi lebih ringan sehingga dapat melunasi cicilan KPR lebih cepat. Namun, sayangnya strategi ini tergantung pada seberapa banyak uang yang telah Anda siapkan saat ini.

2. Sewakan kamar atau ruangan rumah yang masih kosong

Kalau memang di rumah Anda masih terdapat kamar atau ruangan yang kosong, Anda bisa menggunakannya untuk memperoleh pendapatan tambahan dengan cara menyewakannya. Terlebih bila lokasi rumah Anda strategis, misalnya didekat kampus atau dekat pabrik.

Pendapatan ini meskipun tidak seberapa, tentunya tetap menguntungkan karena bisa Anda pakai untuk membayar cicilan KPR.

3. Berupaya untuk mengurangi sisa pokok KPR

Katakanlah penghasilan Anda dalam sebulan adalah Rp 8 juta. Dari penghasilan sebesar itu, Rp 2 juta diantaranya dialokasikan untuk membayar cicilan KPR sementara sisanya Anda pakai untuk keperluan yang lainnya.

Strategi yang ketiga ini meminta Anda untuk mengurangi atau menekan biaya keperluan lain tersebut semaksimal mungkin. Misalnya dari Rp 6 juta menjadi Rp 3 juta, sehingga alokasi dana untuk cicilan KPR bertambah menjadi Rp 5 juta.

Dengan tambahan dana tersebut, nantinya sisa pokok KPR Anda bisa cepat lunas, terlebih bila menerapkannya secara rutin. Namun perlu diingat, sebaiknya pastikan nilai uang yang dipangkas untuk menambah cicilan tersebut tidak berdampak buruk pada kehidupan keluarga Anda.

Ingat, lakukan kroscek terlebih dahulu pada pihak bank. Apakah bank yang bersangkutan bisa menerapkan sistem ini atau tidak, karena tidak semua bank mau melakukan opsi ini.

4. Sesuaikan dengan kemampuan

Untuk tips yang terakhir ini, memang idealnya dilakukan sebelum Anda membeli rumah yang dimaksud. Dalam hal ini, tentunya Anda harus memilih rumah dengan harga yang sesuai kemampuan. Agar nantinya, cicilan KPR tidak memberatkan dan bahkan bisa dibayar dengan cepat.

Baca Juga :

Itulah pembahasan yang bisa kami sampaikan tentang strategi mempercepat pelunasan cicilan KPR Anda. Satu tips dari kami, sebaiknya pilih rumah yang lokasinya strategis, agar nanti harga jualnya bisa cepat naik.

Meskipun tidak berencana menjual, namun siapa tahu dikemudian hari Anda ingin pindah atau ada sesuatu hal lainnya. Jadi saat rumah dijual, Anda akan untung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.