Alasan Mendasar Pentingnya Asuransi Rumah

Alasan Mendasar Pentingnya Asuransi Rumah

Ketika berbicara soal rumah, maka sebagian besar orang sepakat bahwa rumah merupakan kebutuhan dasar yang harus segera dipenuhi. Salah satu alasan kuat agar segera memiliki rumah adalah mengurangi rasa was-was akan ketiadaan wadah berlindung untuk keluarga tercinta.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, orang rela membanting tulang siang dan malam, merantau ke luar daerah sampai rela tidak berbelanja layaknya orang-orang terdekat mereka. Dari sekian banyak usaha yang dilakukannya, ternyata kesadaran akan pentingnya asuransi rumah masih sangat minim.

Namun kalau ditelaah lebih mendalam, sebetulnya masyarakat itu paham pentingnya asuransi rumah. Tapi ketika ditawarkan suatu produk asuransi, pasti banyak sekali alasannya. Mulai dari masih banyak keperluan lain, ingin membeli itulah, berpikiran rugi menyetor tiap bulan padahal tidak terjadi apa-apa hingga akhirnya enggan untuk membeli produk asuransi tersebut.

Agar hati Anda lebih mantap untuk mengambil produk asuransi rumah demi kepentingan keluarga tercinta. Maka artikel berikut ini akan mengulas beberapa hal terpenting yang dapat diperoleh jika mengasuransikan rumah hunia Anda. Silahkan disimak!

Pentingnya Asuransi Rumah dalam Membagi Beban Kerugian

Mengurangi beban kerugian ketika bencana melanda

Bencana bisa datang sewaktu-waktu, baik itu bencana kebakaran maupun bencana alam seperti gempa bumi, gunung meletus, longsor, tsunami dan sebagainya. Agar jatuhnya tidak tertimpa tangga, maka perlulah memberi perhatian lebih terhadap asuransi rumah ini.

Pihak asuransi akan menanggung sebagian atau seluruh kerugian yang Anda derita (tergantung dari kontrak polis) jika bencana tersebut menimpa. Selain dari tanggung jawab asuransi dalam membantu mengatasi kerugian, terdapat pula bantuan tempat tinggal sementara jika hunian Anda tidak layak lagi ditempati.

Proteksi kekayaan jika terjadi pencurian

Salah satu masalah yang paling sering menimpa masyarakat umum adalah pencurian. Bukan hanya di perkotaan, di desa-desa pun sangat marak terjadi hal demikian.

Agar gaya hidup Anda tidak terganggu jika terjadi pencurian di rumah hunian, maka tentulah ikut program asuransi rumah yang diperluas untuk memproteksi harta kekayaan dari maling adalah solusi yang tepat.

Walaupun masyarakat sudah mengetahui poin-poin yang telah dijabarkan di atas, ternyata sampai saat ini peminat asuransi rumah masih minim. Kenapa demikian? Sesuai yang disinggung pada paragraf di atas, ada beberapa yang membuat masyarakat enggan untuk mengambil produk asuransi rumah. Berikut ulasannya :

Alasan Masyarakat Enggan mengambil Produk Asuransi Rumah

1. Asuransi belum termasuk sebagai kebutuhan

Hal ini masih bisa dimengerti, mengingat kebutuhan rumah tangga masih banyak yang jauh lebih mendesak. Urusan dapur, sekolah anak dan lain sebagainya.

Namun, jika memang sudah memiliki simpanan dana yang cukup, maka perlu berpikir membeli produk asuransi rumah sebagai proteksi. Itu semua demi kebaikan keluarga tercinta.

2. Merasa rugi

Selalu beranggapan jika sampai waktu perjanjian polis tidak terjadi apa-apa, maka mereka akan rugi. Padahal terdapat beberapa perusahaan asuransi yang melakukan pengembalian dana sekian persen jika tidak ada klaim sepanjang kontrak polis.

Walaupun tidak ada pengembalian dana, pemegang polis tidak bisa dikatakan rugi. Sebab pemegang polis mendapat proteksi selama kurun waktu sesuai dengan perjanjian polis.

Mungkin bisa diibaratkan penggunaan helm pada pengendara bermotor. Apakah merasa rugi menggunakan helm walau tidak terjadi kecelakaan pada diri Anda? Tentu jawabannya tidak rugi bukan? Karena Anda sudah mendapat proteksi dari penggunaan helm jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan dan kepala mendapatkan benturan.

3. Susahnya mengajukan klaim

Salah satu alasan masyarakat kurang ingin atau tidak ingin membeli produk asuransi rumah adalah susahnya pengajuan klaim. Padahal jika mempelajari dan mengikuti perjanjian yang terdapat dalam perjanjian polis, maka hal demikian tentunya tidak serumit yang dibayangkan.

Baca Juga :

Sekian pembahasan kami mengenai alasan mendasar pentingnya asuransi rumah. Semoga dapat mencerahkan dan mengambil keputusan yang tepat agar aset Anda tetap aman.

5/5 (1)

Nilai kualitas artikel




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.