Bingung Pilih Web Hosting Gratis atau Berbayar? Ini Tipsnya

Bingung Pilih Web Hosting Gratis atau Berbayar

Ketika membuat sebuah website dan menuliskan banyak hal di dalamnya, tentunya ingin membagikannya dengan teman-teman Anda bukan? Agar semuanya lebih terjamin dan website Anda memiliki domain yang jelas, maka ingin segera menaruhnya di web hosting.

Untuk mewujudkan keinginan tersebut, maka banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih sebuah web hosting. Khususnya perihal biaya, mungkin Anda akan lebih pilih web hosting gratis.

Ada dua jenis web hosting yang harus Anda ketahui, yaitu berbayar dan juga web hosting free atau gratis. Jika tidak keberatan dengan keterbatasan dan gangguan lainnya, Anda dapat menggunakan web hosting gratis. Namun jika sebaliknya, mungkin sebaiknya Anda menggunakan web hosting berbayar.

Segi Kualitas Server

Anda akan diberikan pilihan untuk memilih web hosting berbayar, ataupun web hosting yang tidak berbayar. Ingat, Anda tidak boleh asal dalam memilih dan terburu-buru pilih web hosting gratis.

Agar lebih bijak dalam memilih, maka ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis web hosting tersebut. Pada umumnya, harga dari sebuah web hosting sangat menentukan kualitasnya.

Jika memilih web hosting berbayar, tentu Anda akan memperoleh kualitas yang baik dan juga banyak fitur untuk mempermudah mengelola website. Namun jika Anda pilih web hosting gratis, tentu akan ada banyak gangguan serta kualitas yang cukup simpel.

Servernya pun akan sering mengalami gangguan yang mengakibatkan aktivitas Anda dalam mengelola sebuah website cukup terganggu. Anda tidak menginginkan hal tersebut bukan?

Support dari Teknisi yang Baik

Pelayanan yang baik akan sangat membantu seseorang dalam menjalani dan mengelola sebuah website. Sesederhana apapun pertanyaannya, jika pelayanan sangat baik, maka akan membuat Anda nyaman dan tenang.

Jika terjadi gangguan ataupun masalah dalam website yang dikelola, tim teknisi yang terpercaya dengan customer service yang ramah dan cekatan akan membuat Anda lebih tenang. Pelayanan yang ramah merupakan dambaan setiap orang bukan?

Itu juga merupakan salah satu kelebihan hosting berbayar.

Beda halnya jika Anda pilih web hosting gratis, pelayanan yang kurang dan tidak akan terlalu ditanggapi bisa menjadi santapan Anda setiap saat. Aapa yang bisa diharapkan dari pelayanan yang gratis? Tapi tentunya tidak semua web hosting yang free paid memiliki pelayanan buruk.

Keamanan Data yang Kuat

Keamanan data adalah aspek nomor satu yang perlu Anda perhatikan dalam memilih jasa penyedia layanan web hosting. Fitur secanggih apapun, akses secepat apapun, jika keamanan data tidak terjamin dengan baik tentu akan merugikan Anda sebagai pelanggan.

Data, file serta informasi penting yang sudah Anda kumpulkan dalam website adalah hal yang sangat berharga tentunya. Keamanan dari semua itu nomor satu bukan?

Jika pilih web hosting gratis, maka kemungkinan kedepannya Anda akan menghadapi banyak kerugian. Bukan hanya masalah kualitas server dan juga lambatnya akses dari website, namun keamanan data Anda akan menjadi taruhannya.

Beda halnya jika memilih web hosting yang berbayar, akan ada banyak panduan mengenai keamanan data Anda. Baik yang bersifat privasi maupun data-data yang bersifat umum. Bagaimana?

Kecanggihan Fitur yang Ditawarkan

Banyaknya penyedia jasa layanan web hosting membuat persaingan semakin ketat. Para penyedia jasa tersebut berlomba-lomba untuk mendapatkan banyak pelanggan. Anda termasuk salah satu incaran mereka.

Ingat, perhatikan baik-baik fitur-fitur apa saja yang mereka tawarkan jika memilih jasa web hosting mereka.

Jika pilih web hosting gratis, Anda tidak akan mendapatkan banyak tawaran. Keamanan saja belum tentu terjamin, bagaimana fitur yang ditawarkan?

Beda halnya jika memilih web hosting yang berbayar atau paid, Anda akan disuguhkan dan ditawarkan banyak fitur-fitur canggih. Semua kecanggihan tersebut akan membantu Anda mewujudkan website yang lebih berkualitas. Bagaimana, menarik bukan?

Banyak sekali hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih jasa penyedia layanan web hosting. Memilih web hosting yang berbayar, ataupun pilih web hosting gratis tentu akan menimbulkan risiko.

Perhatikanlah keempat tips di atas untuk membantu Anda dalam menentukan pilihan. Tujuannya tidak lain untuk membangun website yang berkualitas dengan tingkat keamanan yang mumpuni.