Tips Belajar Bisnis Online bagi Pemula

0
60
Tips Belajar Bisnis Online bagi Pemula

Belajar Bisnis Online bagi Pemula – Mengikuti zaman yang semakin pesat berkembang sebagai dampak dari masuknya teknologi digital berbasis internet, terjadi pergeseran dalam sektor bisnis. Salah satunya adalah dengan munculnya bisnis berbasis online.

Jenis bisnis ini sedang sangat naik daun dan digandrungi oleh masyarakat, terlebih di kalangan mahasiswa dan ibu rumah tangga. Pasalnya, bisnis online tidak membutuhkan modal yang besar dan bisa dijalankan di mana saja, kapan saja.

Berbekal gawai atau laptop, Anda sudah bisa menjalankan bisnis online. Sayangnya, tidak semua orang baru alias pemula menjalankan bisnis ini dengan cara yang tepat. Padahal, mengetahui caranya akan mengarahkan pada angka keuntungan yang sangat menjanjikan.

Namun, jangan khawatir, karena tips berikut ini akan memudahkan pemula yang ingin belajar bisnis online.

Cara Belajar Bisnis Online Bagi Pemula

1. Miliki tujuan yang jelas

Pertama, tentu saja Anda harus memiliki tujuan yang jelas. Tidak kalah pentingnya, Anda pun harus memiliki pola pikir bisnis yang tepat. Tujuan yang disertai dengan pola pikir yang tepat akan membuat Anda lebih mudah dalam memahami esensi dari sebuah bisnis. Pada akhirnya, Anda pun lebih mudah untuk memulainya.

2. Fokus pada satu produk

Selanjutnya, Anda juga perlu berfokus hanya pada satu produk. Pasti, akan ada banyak ide yang muncul di pikiran Anda, saling berebut untuk diwujudkan dan direalisasikan. Namun, jangan pernah langsung mewujudkan semua ide dalam bentuk produk, terlebih jika usaha yang Anda ciptakan terbilang baru.

Sebaiknya, lakukan riset pasar terlebih dahulu, khususnya yang berhubungan dengan target Anda. Selanjutnya, lakukan riset terhadap pesaing. Berfokus pada satu produk saja juga akan memudahkan calon pelanggan untuk menemukan produk yang mereka inginkan, sehingga angka penjualan pun akan lebih maksimal.

3. Cermat dalam memilih supplier dan melihat potensi pasar

Setelah selesai melakukan riset pasar dan pesaing kemudian menentukan produk, langkah belajar bisnis online selanjutnya adalah memilih pemasok atau supplier. Pemasok juga memegang peranan penting dalam keberlangsungan bisnis Anda, karena bertugas untuk menyediakan produk yang dibutuhkan.

Dalam bisnis online, ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan pemasok dengan lebih mudah, yaitu dengan menjadi dropshipper atau reseller. Umumnya, menjadi dropshipper tidak membutuhkan banyak modal, karena semua barang akan diproses langsung dari supplier. Berbeda dengan reseller yang harus membeli produk dari pemasok terlebih dahulu untuk dijual kembali.

4. Ciptakan inovasi

Jangan lupa, inovasi juga menjadi hal yang tak kalah pentingnya dalam berbisnis online. Inovasi akan membawa Anda pada keuntungan yang lebih menjanjikan, dengan menggaet lebih banyak pelanggan. Tak hanya dari produk, inovasi ini juga bisa mencakup sistem dari bisnis Anda.

Misalnya, Anda kemudian membangun sebuah website resmi untuk menampilkan semua produk yang Anda miliki. Lalu, memberikan beragam sistem pembayaran, baik online maupun offline untuk memudahkan calon pelanggan dalam melakukan transaksi. Inovasi ini akan membuat pelanggan semakin percaya dengan kredibiltas Anda.

5. Jangan lupa cantumkan kontak yang jelas

Sering kita perhatikan dalam website atau platform lainnya, tidak ada informasi mengenai kontak yang bisa dihubungi, baik telepon, SMS, laman media sosial, hingga WhatsApp. Padahal, nomor kontak sangat penting, karena merupakan penghubung utama Anda dengan calon pelanggan. Jika perlu, sertakan pula akun-akun media sosial produk Anda.

Tak berhenti sampai di situ saja, Anda pun harus cekatan dalam membalas pesan, baik melalui sosial media, email atau website. Biasanya, pelanggan cenderung menyukai penjual yang fast response, jadi jangan sampai Anda membuat pelanggan pergi menuju pesaing hanya karena keterlambatan dalam memberikan jawaban.

6. Lakukan promosi

Setelah semuanya siap, mulailah untuk melakukan promosi. Aktivitas ini juga tak kalah pentingnya dalam bisnis, karena menjadi salah satu cara untuk mengenalkan produk Anda pada pelanggan. Promosi ini bisa Anda lakukan secara offline dengan brosur atau online dengan email marketing.

Jangan lupa, ciptakan dan tingkatkan kepercayaan pelanggan dengan membangun brand awareness. Jika promosi yang dilakukan tepat sasaran, maka Anda bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan dan meningkatkan angka penjualan.

Baca Juga :

Terbilang mudah, tetapi nyatanya belajar bisnis online membutuhkan kesabaran dan fokus serta sifat tidak mudah menyerah. Jangan sedih jika mengalami kegagalan, lakukan evaluasi dan benahi segera.

Kegagalan dalam proses tentu tidak bisa Anda prediksi dan lumrah terjadi, yang terpenting adalah bagaimana cara Anda menemukan solusi untuk bangkit kembali. Semoga tips belajar bisnis online bagi pemula yang kami utarakan ini bermanfaat. Semoga sukses!




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.