Kriteria Pinjaman KTA yang Aman dan Terpercaya

Kriteria Pinjaman KTA yang Aman dan Terpercaya

Kriteria pinjaman KTA yang aman dan terpercaya harus menjadi perhatian bagi mereka yang berencana mengajukan kredit tersebut. Jangan sampai tujuan mengajukan pinjaman yang tadinya untuk meringankan beban dalam kebutuhan dana menjadi neraka bagi Anda dan keluarga.

Maka dari itu, dalam artikel kali ini kami akan memberikan pengetahuan tentang kriteria pinjaman KTA yang aman. Langsung saja disimak ya!

Ciri-ciri Pinjaman KTA yang Aman

1. Suku bunga tidak lebih dari 24%

Kriteria Pinjaman KTA yang Aman dan Terpercaya

Suku bunga yang diberikan oleh berbagai bank dan lembaga biasanya berkisar antara 10% hingga 24% per tahun. Dan terbagi 2 jenis suku bunga yaitu suku bunga tetap dan suku bunga efektif.

Jika ada lembaga yang menerapkan di atas dari persentasi bunga tersebut, maka Anda harus berhati-hati. Jangan sampai terjebak dan akhirnya tidak mampu melunasi pinjaman.

2. Melakukan verifikasi

Jika ada lembaga yang menawarkan pinjaman cepat cair tanpa verifikasi berkas, maka Anda harus waspada. Biasanya informasi semacam itu melalui brosur, pesan singkat atau media internet dengan embel-embel hanya butuh KTP dan nomor telepon.

Salah satu kerugian yang dialami jika melakukan pinjaman pada perusahaan demikian adalah pada saat proses penagihan. Berbagai macam cara akan dilakukan yang tentunya akan merugikan Anda.

Ingat, pihak bank atau perusahaan selalu melakukan verifikasi berkas yang cukup ketat kepada calon debitur. Mulai dari Fotokopi KTP, kartu keluarga dan surat nikah (apabila sudah berkeluarga), Fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) pribadi/SPT PPh 21, cetak rekening tabungan 3 bulan terakhir Asli dan sebagainya.

3. Legalitas terjamin

Sebelum mengajukan pinjaman KTA, Anda harus cari tahu legalitas dari lembaga kreditur. Memberikan tawaran cepat cair belum tentu memiliki legalitas yang jelas.

Sebaiknya lakukan pinjaman langsung di bank atau situs-situs terpercaya seperti cekaja.com. Jangan sampai Anda tertipu karena tawaran yang mereka berikan seperti proses cepat cair, bunga ringan dan sebagainya.

4. Alamat perusahaan jelas

Perusahaan fintech saat ini sudah bertebaran di internet dan tentunya merupakan angin segar dalam bisnis perbankan. Pasalanya kemudahan yang diberikan fintech melalui internet membuat para calon debitur semakin dipermudah.

Namun begitu, Anda sebagai calon nasabah harus hati-hati, karena tidak sedikit juga perusahaan fintech yang masuk kategori abal-abal. Maka dari itu, alamat perusahaan atau lembaga harus jelas dan lengkap.

5. Terdaftar OJK

Lembaga tercatat dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merupakan suatu keharusan. Jika calon kreditur tersebut mengaku telah tercatat dan diawasi OJK, maka jangan langsung percaya.

Sebaiknya kroscek informasi tersebut langsung ke situs resmi OJK.

6. Transparansi proses peminjaman

Semua lembaga atau perbankan selalu transparan terhadap mekanisme peminjaman. Jadi, ketika berminat pada sebuah produk pinjaman dari salah satu perusahaan, maka hal yang harus Anda perhatikan adalah transparansi dari mekanismenya. Contohnya batas pelunasan, suku bunga, simulasi cicilan dan sebagainya.

Hal tersebut tidak bisa ditawar lagi karena memang semua perusahaan yang bergerak dalam jasa keuangan sudah diwajibkan oleh OJK untuk menjelaskan proses yang dimaksud.

7. Mempunyai situs dan email resmi

Ketika Anda mendapatkan informasi melalui sms, chat WA, sosial media dan sebagainya, maka hampir bisa dipastikan mereka adalah perusahaan abal-abal yang pastinya tidak termasuk dalam kriteria pinjaman yang aman. Pada umumnya, perusahaan jasa keuangan selalu memiliki situs resmi termasuk email dari extension domain tersebut (bukan email gratisan).

Situs resmi yang meraka miliki pun harus menjadi perhatian. Situs resmi yang aman adalah situs yang diawal domain menggunakan https dan juga terdapat tanda gembok.

Selain situs resmi, juga biasanya lembaga tersebut menyediakan kalkulator pinjaman. Sehingga gambaran besarnya cicilan, jangka waktu hingga bunga sudah diketahui dari awal.

Melihat dari beberapa kriteria di atas harusnya membuat Anda semakin tercerahkan. Jangan sampai tergiur dengan berbagai iming-iming yang akhirnya mendapat kerugian. Baik itu kerugian akibat uang muka yang lenyap karena tertipu maupun kerugian terhadap jumlah angsuran yang diluar dari kewajaran.

Jangan malas untuk melakukan pengecekan informasi yang diperlukan, karena saat ini sudah mudah untuk melakukan hal demikian akibat mudahnya akses internet.

Semoga artikel kriteria pinjaman KTA yang aman dan terpercaya ini dapat bermanfaat. Ingat, manfaatkan kredit yang diperoleh dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai tujuannya untuk mempermudah malah jadinya mempersulit kehidupan ekonomi Anda dan keluarga.

Seperti yang disinggung pada bagian tengah artikel ini, layanan online dari cekaja.com dapat menjadi salah satu pilihan dalam mengajukan kredit tanpa agunan. Anda bisa mengakses informasinya melalui link https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan. Semoga dapat membantu dan salam sukses

5/5 (2)

Nilai kualitas artikel




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.