19 Tanaman Sayur yang Layak Menjadi Penghasil Rupiah (Perkebunan Sayur Mayur)

3
560
Jenis Perkebunan Sayur Mayur Penghasil Rupiah

Perkebunan Sayur Mayur – Bingung mencari penghasilan tambahan? Bagaimana kalau Anda melirik jenis budidaya tanaman sayur yang memang selalu memiliki pasar di tiap daerah. Dengan keinginan yang kuat beserta panduan dari buku atau internet, penulis yakin Anda akan memperoleh penghasilan tambahan dalam waktu yang sangat cepat.

Dalam bisnis budidaya sayur, ada beberapa jenis tanaman yang memang tidak pernah kehilangan pasar dan selalu dicari oleh konsumen sepanjang waktu. Maka dari itu, dalam artikel ini penulis akan memberikan beberapa jenis tanaman yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk Anda memulai bisnis tersebut.

Dengan luas lahan yang seadanya, dibutuhkan kreativitas agar mampu memaksimalkan penghasilan yang diperoleh. Berbagai macam teknik yang bisa Anda gunakan dalam menjalankan bisnis ini seperti menanam di polybag, paralon, talang air dan sebagainya.

Jenis Perkebunan Sayur Mayur Penghasil Rupiah

1. Cabai Merah

Penulis tempatkan cabai pada posisi pertama sebagai komuditas paling baik untuk dijadikan peluang bisnis sampingan. Siapa yang tak kenal dengan cabai? Negara-negara asia termasuk Indonesia memiliki masyarakat yang sangat menikmati pedasnya cabai merah ini, sehingga prospeknya sangat baik.

Berbagai macam jenis cabai yang bisa Anda tanam seperti cabai rawit, cabai besar (cabai kriting, cabai hijau) dan sebagainya. Untuk mendapatkan bibitnya sangat mudah, karena semua toko pupuk atau racun tanaman biasanya menyediakan berbagai macam bibit cabai.

Anda juga bisa mendapatkan bibit cabai yang tidak lazim diperdagangkan di daerah melalui toko online atau marketplace seperti tokopedia, bukalapak, toko bagus, blibli dan sebagainya.

Dengan memiliki jenis cabai yang berbeda pada umumnya, diharapkan memudahkan Anda meraih pasar. 

2. Terong (Kebun sayur mayur)

Terong merupakan salah satu jenis sayuran yang digemari masyarakat kita, berbagai jenis terong yang biasa kita jumpai seperti terong ungu, terong medan, terong bogor dan sebagainya. 

Manfaat yang sering menjadi buah bibir dari terong ini adalah penolak radikal bebas serta menjaga kesehatan dari sel otak.

3. Seledri

Daun seledri adalah tanaman yang sering ditanam oleh ibu rumah tangga. Mereka biasa menanam di pot atau polybag. Alasan penanaman yang sering penulis dengar adalah kesegaran dari daun tersebut jika ingin digunakan atau dikonsumsi.

Mudahnya dalam penanaman daun seledri tidak serta merta membuat ibu rumah tangga ingin menanamnya sendiri, banyak dari mereka tetap membeli daun seledri di pasar.

Melihat tingginya permintaan akan daun seledri, Anda bisa menjadikannya sebagai peluang usaha. Menanam di pekarangan rumah dengan sistem polybag yang dirawat secara baik akan memberikan keuntungan yang tidak sedikit.  

4. Jamur tiram

Berbagai olahan jamur tiram telah membuat banyak masyarakat jatuh hati akan kelezatan makanan ini. Olahan seperti jamur crispy, sate jamur dan sebagainya memang sangat enak, sehingga bermunculan jajanan di pinggir jalan yang membuat variasi dari jamur tersebut.

Melihat antusias masyarakat dengan olahan jamur tiram, sangat disayangkan kalau melewatkan bisnis ini. Anda bisa menciptakan halaman belakang rumah menjadi sebuah kebun jamur tiram dengan membangun pondok yang sesuai dengan suhu dan pencahayaan sebagai syarat tumbuhnya jamur.

5. Kangkung

Menikmati kangkung sebagai sebuah sayuran untuk menemani hidangan makanan sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat indonesia. Disamping murah, pengolahan yang simpel menjadikan kangkung sebagai primadona bagi ibu rumah tangga.

Salah satu manfaat kangkung untuk tubuh manusia adalah sangat baik dalam mengobati atau memerangi penyakit diabetes.

6. pare

Banyaknya manfaat pare untuk kesehatan tubuh menjadikan sayur tersebut salah satu sayur yang selalu dicari. Bahkan terkadang stock yang beredar di pasar tradisional tidak mencukupi permintaan pasar. Sehingga kelayakan pare untuk menjadi penghasil rupiah bisa Anda pertimbangkan. 

7. Lain-lain

Dari 6 tanaman sayuran di atas yang layak dikembangkan menjadi penghasilan sampingan ada lagi beberapa tanaman yang bisa menjadi pilihan seperti kentang, tomat, kubis, wortel, bayam, bawang merah, bawang putih, daun bawang, sawi, buncis, kacang panjang, mentimun dan selada. 

Baca Juga :

Semoga artikel perkebunan sayur mayur yang kami sajikan ini bermanfaat. Tetap semangat dan terus menggali sampai menemukan jalan penghasil rupiah agar Anda mandiri. Salam




3 KOMENTAR

  1. Beberapa jenis sayuran yang di sebutkan tsb, bisa kita tanam sendiri di rumah atau kebun. Sehingga hasilnya saat di panen bisa di konsumsi sendiri atau di jual ke pasar jika hasilnya banyak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.