Beranda KARIER Teman Anda Suka Cari Muka di Tempat Kerja, Berikut Cara Menghadapinya

Teman Anda Suka Cari Muka di Tempat Kerja, Berikut Cara Menghadapinya

Teman Anda Suka Cari Muka di Tempat Kerja, Berikut Cara Menghadapinya

Dalam bekerja, setiap karyawan tentu memiliki impian dan motivasi yang berbeda-beda. Hal ini tercermin pada performa yang mereka tunjukkan setiap hari di kantor. Ada orang-orang yang berprinsip asal kerja dan dapat gaji, ada yang bekerja dengan passion yang kuat, ada pula yang begitu berambisi untuk meraih kedudukan tertentu.

Tak bisa dipungkiri bahwa dunia kerja memang tak lepas dari drama. Inilah yang membuat politik kantor sulit dihindari di banyak perusahaan. Salah satu tandanya dapat dilihat dari banyaknya karyawan yang ‘mencari muka’ di depan atasan atau cari muka di tempat kerja.

Mereka rela melakukan segala hal demi menuai pujian atau imbalan berupa kenaikan gaji dan jabatan.

Nah, apabila Anda memiliki kolega dengan sifat yang demikian, jangan keburu frustasi. Lebih baik pelajari tips-tips menghadapi rekan kerja yang suka cari muka berikut ini.

5 Tips Hadapi Teman Cari Muka di Tempat Kerja

1. Jangan terlalu didekati

Bila tidak ingin sakit hati atau merasa kesal, baiknya jangan terlalu mendekati rekan kerja yang suka cari muka di tempat kerja. Maksudnya, Anda jangan berusaha menjadikannya teman atau sahabat, cukup jadi partner kerja saja.

Usahakan sebisa mungkin hindari berurusan dengan dia. Namun hal ini bukan berarti Anda harus membencinya. Jika dia tidak melakukan sesuatu yang salah dengan Anda, maka Anda pun harus baik dengannya.

Bersikaplah sewajarnya saja, tanpa perlu menghindar atau membicarakannya di belakang. Baiknya Anda tidak terlalu terlibat dalam hidupnya.

2. Abaikan sikap yang berlebihan

Menghadapi rekan kerja yang suka cari muka lebih baik diabaikan saja. Misalnya, ketika dia mengajak Anda membicarakan orang lain, entah partner atau atasan,  sebaiknya jangan menanggapi secara berlebihan. Cukup diamkan saja dan jangan terlibat dalam pemikiran buruknya.

Anda juga harus berhati-hati, sebab orang yang suka cari muka biasanya tidak bisa dipercaya. Di depan Anda, dia membicarakan kejelekan orang lain, tapi di belakang Anda, dia menjelek-jelekkan Anda.

So, sikap terbaik untuk menanggapi orang yang demikian adalah dengan mengabaikannya. Tidak terlalu sulit kan?

3. Waspada! Jangan sampai tertipu

Orang bermuka dua itu biasanya memiliki sifat kurang konsisten dan sikapnya cenderung berubah-ubah. Terkadang menyebalkan, namun lain waktu tiba-tiba bisa menjadi manis sekali.

Nah, saat Anda menghadapi rekan kerja seperti itu, jangan mudah tertipu. Anda harus jeli dan waspada. Sekalipun dia tampak sangat baik, sebaiknya jangan langsung menilai dia telah berubah.

4. Kendalikan emosi

Menghadapi rekan kerja yang suka cari muka perlu kesabaran. Ya, bagaimana tidak, setiap hari Anda harus menyaksikan dia yang perbuatannya cenderung selalu pencitraan, banyak bergosip dan suka menjelekkan rekan kerja lainnya. Namun saat bertemu atasan, sikapnya berubah menjadi sangat peduli.

Mau tak mau Anda harus bisa bertahan menyaksikan semua itu. Tidak ada jalan lain kecuali berbesar hati. Jangan mudah terpancing karena sikapnya yang menyebalkan.

Bila dia menjelekkan Anda, maka hadapi dengan sikap santai dan elegan. Tidak perlu mengklarifikasi ucapannya dengan marah-marah, atau berusaha menjelaskan ke semua orang bahwa hal itu tidak benar. Cukup buktikan dengan tindakan bahwa Anda bukan seperti apa yang ia bicarakan. Simpel, kan?

5. Tetap bersikap profesional

Tidak perlu minder menghadapi rekan kerja yang penjilat. Sekalipun dia memiliki posisi yang tampak lebih unggul dari Anda, jangan iri pada dirinya atau pada siapa pun.

Walaupun dia selalu disanjung-sanjung oleh atasan, dipercayai melakukan proyek-proyek besar, atau bahkan diangkat jabatannya, Anda tak perlu merasa terkalahkan. Tetaplah percaya diri dan bekerja keras sesuai kemampuan Anda tanpa perlu repot-repot cari muka.

Sebenarnya kerja keras yang Anda tunjukkan sudah menjadi poin plus yang membuktikkan bahwa Anda punya potensi dan bukan sekadar pencitraan.

Bekerjalah semaksimal mungkin. Bila perlu jadilah karyawan yang berprestasi. Tunjukkan bahwa Anda bisa menjadi karyawan berkualitas secara profesional, tanpa perlu menjilat atasan atau cari muka. Setidaknya, dengan begitu Anda bisa memberikan contoh yang baik bahwa segala sesuatu perlu dicapai dengan kerja keras bukan dengan pencitraan.

Baca Juga :

Well, itulah beberapa tips dan trik untuk menghadapi rekan yang suka cari muka di tempat kerja. Nah, sebagai pengingat bahwa kesuksesan yang Anda dapatkan dengan cara-cara yang tidak benar tidak akan bertahan lama. Jadilah orang yang jujur dan bekerjalah dengan sepenuh hati.

5/5 (1)

Nilai kualitas artikel

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.