7 Manfaat Memiliki Buku Kas

Manfaat Buku Kas Kegiatan UKM

Kegiatan usaha yang berbasis UKM diperlukan keseriusan dalam menjalankannya.

Anda sangat disarankan untuk membuat catatan rinci mengenai semua dana masuk dan keluar dalam pos buku kas.

Adanya buku kas ini memberikan banyak manfaat bagi pelaku usaha. Apa sajakah manfaat buku kas?

Manfaat Catatan Buku Kas Kegiatan UKM

1. Sebagai pelindung uang Anda

Penghasilan usaha yang Anda dapatkan bisa disimpan di bank atau cukup menggunakan brankas.

Jika hanya sekedar menyimpan atau mengeluarkan uang tanpa ada catatan, bisa dipastikan keuangan usaha Anda akan berantakan.

Maka, catatan buku kas berfungsi sebagai pelindung uang Anda karena nominal uang terlihat jelas. 

Era digital yang semakin berkembang membuat banyak aplikasi catatan keuangan bermunculan.

Anda bisa memilih salah satu sesuai dengan kebutuhan dan dapat diunduh melalui playstore atau appstore tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun. 

2. Sebagai analisis sumber kas yang didapatkan

Manfaat lain yang didapatkan dari catatan buku kas adalah dapat menganalisa sumber pendapatan kas usaha Anda. Setiap transaksi akan dicatat dengan rinci mulai dari tanggal, keterangan hingga nominal.

Pencatatan ini akan lebih memudahkan Anda hanya dengan menggunakan aplikasi. Buku kas berbasis aplikasi dapat memuat transaksi pemasukan dan pengeluaran usaha dengan kategori yang sesuai.

Anda bisa menambahkan kategori baru berdasarkan jenis UKM. Dari buku kas akan diketahui saldo terakhir yang dimiliki perusahaan. 

3. Sebagai monitor arus kas UKM

Manfaat buku kas juga bertindak sebagai monitor arus kas UKM Anda. Ketika catatan buku kas menunjukkan arus yang baik, maka pengelolaan keuangan Anda juga dipastikan baik.

Aliran dana keluar harus disesuaikan dengan tujuan usaha Anda, sehingga usaha bisa berjalan lancar dan berkembang pesat. 

4. Sebagai gambaran perkembangan UKM

Angka-angka yang ditunjukkan pada buku kas bisa menggambarkan perkembangan usaha yang sedang berjalan.

Jika di akhir periode pembukuan menunjukkan angka pendapatan lebih besar, maka usaha Anda bisa dikatakan berhasil, begitupun sebaliknya.

Bagaimana jika nominal pengeluaran lebih besar? Maka, Anda harus segera mencari permasalahannya dan mengoreksi perencanaan pengeluaran di awal pembukuan.

5. Sebagai tolak ukur pengambilan keputusan

Buku kas berisi tentang semua pemasukan dan pengeluaran dari beberapa pos seperti penjualan, pembelian dan hutang piutang. Semua transaksi secara otomatis akan menambah atau mengurangi uang kas.

Nominal angka di akhir periode akan memberikan gambaran perkembangan usaha hingga menjadi tolak ukur dalam pengambilan keputusan bisnis selanjutnya. 

Ketika usaha Anda berjalan baik, maka pengembangan usaha sangat mungkin dilakukan, misalnya penambahan stok produk hingga pembukaan cabang baru.

Namun, jika buku kas menunjukkan angka minus, Anda perlu mencari masalahnya dan memperbaikinya agar usaha tetap bisa berjalan. 

6. Meningkatkan nilai bonafiditas UKM

Kondisi arus kas yang baik di sebuah UKM akan meningkatkan performa usaha, sehingga nilai bonafiditas lebih tinggi dan dipercaya para kreditur (pihak pemberi utang).

Anda bisa mendapatkan modal tambahan untuk mengembangkan usaha.

7. Memudahkan pertanggungjawaban pajak

UKM yang sudah berkembang pesat dan memiliki penghasilan besar harus melakukan pertanggungjawaban pajak. Ada banyak dokumen yang harus disiapkan, salah satunya buku kas.

Baca Juga :

Buku kas ini dijadikan acuan untuk perhitungan besaran pajak yang harus dibayarkan. Pastikan data buku kas memang benar dan sesuai agar tagihan pajak tidak menguntungkan atau merugikan Anda. 

Ragam manfaat buku kas yang dijelaskan di atas bisa didapatkan jika pengerjaan catatannya dilakukan dengan benar. 

Untuk meminimalisasi kesalahan catatan manual, Anda bisa menggunakan aplikasi digital yang sangat mudah dioperasikan. Selain mudah dioperasikan, beberapa aplikasi dapat digunakan secara gratis. Sangat menarik bukan?




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.