Boenjamin Setiawan, Tokoh Berjasa Di Balik Suksesnya Perusahaan Farmasi di Indonesia

Biografi Boenjamin Setiawan, Tokoh Berjasa Di Balik Suksesnya Perusahaan Farmasi di Indonesia
Sumber : Just event organizer

Boenjamin Setiawan adalah seorang Pengusaha asal Indonesia. Beliau lahir di kota Tegal pada tanggal 27 September 1933. Beliau dikenal sebagai pendiri PT. Kalbe Farma, sebuah properusahaan swasta yang bergerak di bidang farmasi.

Ada beberapa produk terkenal yang telah diproduksi oleh Kalbe antara lain: Promag, Kalpanax, obat batuk dan lain-lain. Sebelum menjadi Pengusaha sukses, Boenjamin adalah seorang Dokter lulusan Universitas Indonesia. Beliau kemudian melanjutkan pendidikannya di University of California jurusan Farmasi.

Setelah lulus, Dr. Boen kembali ke Negara kelahiran dan mengabdikan diri menjadi Dosen di Universitas Indonesia. Di usianya yang masih muda, Dr.Boen mencoba peluang bisnis dengan menjadi seorang Pengusaha.

Dr. Boenjamin Setiawan Mendirikan PT. Farmindo dan PT. Kalbe Farma

Pada tahun 1963, Dr. Boenjamin Setiawan bersama dengan rekan-rekannya telah mencoba mendirikan PT. Farmindo yang merupakan perusahaan obat-obatan. Namun sayangnya dikarenakan kurangnya pengalaman di bagian pemasaran produk, perusahaan ini hanya mampu bertahan selama 3 tahun.

Sebenarnya, Dr. Boen mampu memproduksi obat-obatan dengan berbagai kondisi penyakit yang diderita. Akan tetapi, beliau dengan rekan-rekannya gagal untuk mendistribusikannya kepada Pengguna.

Tidak ada rasa takut gagal, dengan tekad yang kuat serta kemantapan hati. Akhirnya pada tanggal 10 September 1966, beliau mendirikan kembali perusahaan farmasi. Dr. Boen dan ke-6 saudaranya mendirikan sebuah perusahaan obat nasional yang diberinama PT. Kalbe Farma. Perlahan namun pasti, perusahaan ini semakin maju seiring perkembangan zaman.

Akan tetapi pada tahun 1998, perusahaan ini mengalami kebangkrutan akibat dari krisis moneter yang melanda Indonesia kala itu. Sebagai seorang Pebisnis tangguh yang telah mencintai farmasi, Dr. Boen tidak menyerah.

Beliau melakukan berbagai macam cara untuk menyelamatkan Kalbe Farma dari kehancuran. Mulai dari berhutang ke luar negeri, menjual asset-asetnya, hingga membuka usaha lain dengan skala yang lebih kecil. Usaha Dr. Boenjamin Setiawan ini akhirnya membuahkan hasil.

Laporan keuangan Kalbe Farma terus meningkat hingga akhirnya perusahaan tersebut selamat dari kehancuran. Semangat pantang menyerah dari Dr. Boen ini lah yang menjadi kunci kesuksesannya dalam berbisnis.

Puncak kejayaan Kalbe farma terjadi pada tahun 2012, saat perusahaan ini bekerjasama dengan Milko Beverage Industry. Yang mana pada akhirnya kerjasama tersebut melahirkan Kalbe Mikro Industry.

Kerjasama ini sangat menguntungkan dengan nilai kontrak sebesar 150 Milyar. Sehingga, tidak heran jika pada tahun 2013 majalah Forbes menobatkan Dr. Boen sebagai orang terkaya nomer tujuh di Indonesia.

Kunci Sukses Pebisnis Dr. Boenjamin Setiawan

1. Pandai membaca peluang

Ketika banyak masyarakat Indonesia yang menderita penyakit panu, Dr. Boen membuat obat yang diberi nama Kalpanax.  Karena kalpanax menjadi obat termanjur dalam membasmi panu, maka permintaan pasar pun menjadi semakin banyak. Nah, karena kepandaiannya membaca peluang ini maka usahanya dapat terus berkembang.

2. Tidak mudah putus asa

Ketika perusahaannya mengalami kebangkrutan, beliau tidak pernah putus asa. Beliau melakukan berbagai cara untuk mengembalikan perusahaannya.

3. Yakin

Meski dulu pernah gagal, beliau tetap yakin bahwa usahanya yang kedua untuk membuka perusahaan farmasi ini akan berhasil.

Baca Juga :

Semoga sejarah singkat dari Dr. Boenjamin Setiawan ini dapat menjadi motivasi bagi Anda dalam menghadapi berbagai macam cobaan ketika membangun serta mengembangkan sebuah bisnis.

No ratings yet.

Nilai kualitas artikel




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.