Cara Memotivasi Karyawan untuk Meningkatkan Kinerja

Cara Memotivasi Karyawan untuk Meningkatkan Kinerja

Karyawan merupakan aset yang berharga dalam perusahaan. Tercapai atau tidaknya profit suatu perusahaan bergantung pada kinerja karyawan karena merekalah yang menjalankan roda perusahaan. Ibarat kendaran, karyawan adalah bensinnya.

Namun banyak sekali perusahaan yang terlalu fokus pada pemasaran sehingga lupa bahwa cara memotivasi karyawan untuk meningkatkan kinerja adalah hal yang sangat penting dan akan berimbas pada produktivitas sebuah perusahaan.

Berikut Cara Memotivasi Karyawan

1. Dengarkan dan hargai ide-ide karyawan

Setiap manusia ingin didengarkan tak terkecuali juga seorang karyawan. Berikanlah waktu untuk mendengarkan ide-ide mereka karena sebelum mereka menemukan ide tersebut tentunya mereka telah berpikir keras.

Mendengarkan ide karyawan pasti akan berpengaruh pada performa kinerja karyawan yang akan berdampak pada profit perusahaan.

2. Peliharalah hubungan sosial yang baik

Seorang pemimpin yang hanya mendengarkan semua hasil di balik meja tidak akan bisa menyentuh hati karyawan. Akibatnya, karyawan hanya bekerja sebatas mencari uang tanpa menggunakan hati. Berbeda halnya jika pemimpin mempunyai hubungan yang baik dengan karyawan.

Interaksi dan komunikasi secara langsung justru akan membuat seorang atasan disegani oleh karyawan. Melalui interaksi yang baik, atasan harus menularkan pengaruh positif dan koneksi emosional yang baik. Cara tersebut akan sangat efektif sebagai cara memotivasi karyawan untuk meningkatkan kinerja.

3. Bantulah merencanakan karier karyawan

Setiap karyawan tentulah ingin naik jabatan sehingga kariernya akan semakin cerah. Jangan bersikap egois, lakukanlah penilaian terhadap kinerja karyawan. Dengan melakukan penilaian, atasan tidak hanya mengetahui kekurangannya saja tetapi juga mengetahui kelebihannya.

Rencanakanlah pelatihan sesuai dengan profit dari karyawan tersebut. Dengan hal tersebut, karyawan dapat mengetahui perkembangan kariernya sehingga tidak jenuh pada posisi kerjanya.

4. Jelaskanlah peran karyawan terhadap perusahaan

Cara memotivasi karyawan untuk meningkatkan kinerja juga dapat dilakukan dengan memberikan penjelasan kepada karyawan atas perannya terhadap perusahaan. Pengakuan perlu diberikan oleh perusahaan kepada karyawan atas pentingnya posisi mereka di dalam perusahaan.

Perlakuan tersebut akan berdampak pada pola pikir karyawan sehingga merasa bahwa tujuan, visi dan misi perusahaan juga merupakan tujuan dari mereka. Hal ini juga akan memberikan motivasi untuk lebih giat dalam mewujudkannya.

5. Seringlah muncul saat karyawan bekerja

Hadirnya seorang atasan tertinggi akan sangat berpengaruh di pola pikir karyawannya. Bahkan karyawan juga mengalami demotivasi jika tidak pernah dikunjungi oleh atasannya. Ini akan membuat atasan terkesan tidak peduli dengan hasil kerja karyawannya.

Jadi upayakan untuk mengunjungi karyawan pada saat bekerja. Jika ada sesuatu hal yang tidak dapat diatasi oleh karyawan, maka jangan sungkan untuk membantunya.

6. Kenalilah kekurangan dan kelebihan karyawan

Mengenali kekurangan dan kelebihan karyawan juga dapat menjadi cara memotivasi karyawan untuk meningkatkan kinerja. Setiap karyawan mempunyai karakter yang berbeda-beda.

Atasan perlu mengenali individu karyawannya sehingga dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan karyawan tersebut yang akan berdampak pada kinerja dan profit yang dihasilkan.

7. Berilah apresiasi berupa bonus, insentif maupun kenaikan jabatan

Pemberian penghargaan kepada karyawan sekecil apapun dapat meningkatkan motivasi seorang karyawan. Pemberian bisa dalam bentuk bonus tahunan, insentif bulanan maupun kenaikan jabatan jika memang hasil dari kinerja karyawan sangat memuaskan.

Tapi perlu dicatat bahwa pemberian ini jangan sampai menimbulkan kecemburuan pada karyawan lain. Berilah apresiasi sesuai tingkat kinerja masing-masing karyawan.

8. Bangunlah kepercayaan antara Anda dan karyawan

Kepercayaan merupakan hal yang sangat penting dalam cara memotivasi karyawan untuk meningkatkan kinerja. Bagaimana tidak, karyawan yang menaruh kepercayaan kepada atasannya akan mempunyai motivasi kerja yang tinggi. Namun, kepercayaan karyawan juga bisa hancur ketika seorang atasan tidak bersikap terbuka dalam mengelola sebuah tim.

Misalnya saja pada kasus pemberian bonus atau bahkan kenaikan jabatan yang hanya dilakukan secara pribadi oleh atasan tanpa diketahui prosesnya oleh karyawan. Hal ini dapat memudarkan kepercayaan karyawan dan berimbas pada kinerja yang menurun.

Baca Juga :

Selain dari beberapa hal di atas, banyak upaya yang dapat dilakukan untuk memotivasi kinerja karyawan disesuaikan terhadap apa yang sedang perusahaan alami. Misalnya, mendorong karyawan untuk terus belajar dan berkembang, memberi pengetahuan literasi tentang keuangan dan yang terpenting adalah memberikan contoh yang baik.

Perilaku yang baik sangat efektif sebagai cara memotivasi karyawan untuk meningkatkan kinerja karena seorang karyawan pasti akan mencontoh literatur dari seorang atasannya. Perlu dicatat bahwa atasan yang malas bekerja tidak akan mempunyai karyawan yang rajin bekerja.

5/5 (1)

Nilai kualitas artikel




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.