Beranda KARIER Ide Bisnis Sampingan Karyawan yang Bergaji Pas-pasan

Ide Bisnis Sampingan Karyawan yang Bergaji Pas-pasan

Ide Bisnis Sampingan Karyawan yang Bergaji Pas-pasan
Sumber : Hikam Abdul Manan

Gaji seorang karyawan kadang tidak sesuai dengan yang diinginkan atau bisa dibilang pas-pasan. Untuk menambah penghasilan karyawan sebenarnya ada jalan lain seperti usaha sampingan.

Namun banyak karyawan yang belum memulai usaha tersebut karena berbagai alasan seperti kurangnya modal dan sebagainya. Padahal masih banyak bisnis sampingan karyawan yang bisa dicoba. Berikut ulasannya.

Usaha Sampingan Bagi Karyawan

1. Jasa laundry

Saat ini banyak orang yang tidak ingin ribet dengan urusan mencuci baju. Mereka banyak memilih jalan praktis, sehingga ini bisa menjadi peluang untuk membuka jasa laundry. Keuntungan dari jasa laundry jika ditekuni juga akan menghasilkan untung yang lumayan.

Hal pertama yang harus diperhatikan yaitu melihat mangsa pasar. Pastikan membuka jasa loundry di tempat yang menguntungkan seperti di daerah tempat tinggal mahasiswa dan karyawan swasta. Dengan begitu, Anda bisa mendapat keuntungan sebesar 15 hingga 25 persen.

2. Menjual pulsa elektrik

Menjual pulsa memang sering dianggap bisnis kecil, namun siapa sangka seorang pebisnis pulsa di Jakarta bisa memiliki omset hingga 20 triliun dalam satu tahun.

Jika Anda ingin memulai bisnis ini, mulailah memilih pulsa elektrik. Selain tidak memerlukan tempat, pulsa elektrik dapat diaktifkan hanya melalui telepon genggam saja.

3. Menjual foto di internet

Bisnis sampingan karyawan selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu menjual foto di internet. Bisnis ini sangat cocok untuk Anda yang hobi fotografi. Anda bisa menjualnya di beberapa situs populer seperti istockphoto.com. Dengan menjual foto di situs tersebut, Anda akan mendapat komisi sebesar 15 persen per foto.

Situs lainnya yang bisa Anda coba yaitu ShutterStock.com dengan komisi lebih besar yaitu 20 hingga 30 persen. Situs lainnya yang bisa dicoba yaitu Fotolia.com dan StockFresh.com.

Untuk menerima komisi tersebut, pastikan Anda memiliki akun Paypal. Bisnis ini sangat mudah dijalankan, terlebih bisnis ini bisa dijalankan tanpa modal.

4. Reseller barang online

Menjadi reseller penjualan online juga bisa menjadi salah satu bisnis sampingan karyawan. Dengan menjadi reseller, Anda bahkan tidak memerlukan modal. Hal ini karena Anda bertugas untuk menjualkan barang-barang milik orang lain atau distributor. Anda bisa memasarkan barang tersebut melalui media sosial ataupun melalui e-mail.

5. Jasa penerjemah freelance

Jika memiliki kemampuan bahasa asing seperti bahasa Inggris, Jepang, Korea dan sebagainya, maka Anda memiliki potensi membuka bisnis sampingan karyawan berupa jasa penerjemah.

Layanan terjemah tersebut bisa berupa translate dokumen, surat kerjasama, makalah, artikel dan lain sebagainya. Anda bisa mematok tarif tiap kata yang diterjemahkan.

6. Jasa desain grafis

Kreatifitas yang dimiliki seseorang bisa menjadi salah satu jalan membuka bisnis. Seperti kreatifitas dalam desain grafis yang bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha pembuatan desain logo, banner, kemasan produk, poster, kartu nama, kartu undangan dan lain sebagainya. Anda bisa mempromosikan melalui media sosial untuk menarik pelanggan.

7. Rental kamera

Mendapatkan foto yang fokus dan bagus saat ini seperti menjadi sebuah kebutuhan. Untuk mendapatkan kamera digital maupun kameran DSLR, bisa dari berbagai kalangan. Dari kejadian zaman milenial ini, Anda bisa mengambil peluang sebagai jasa penyedia rental kamera. Anda bisa menambah peralatan lain yang direntalkan seperti tripod, filter, tudung, dan lain sebagainya.

Baca Juga :

Demikian beberapa bisnis sampingan karyawan yang bisa dicoba. Dengan membuka usaha tersebut, maka Anda dapat mengurusnya di luar jam kerja dan bisa mendapatkan keuntungan maksimal. Selamat mencoba!

5/5 (1)

Nilai kualitas artikel

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.