Efektif Mana, Gedung Walet Menggunakan Rumah Monyet atau Tidak

0
613
Rumah monyet gedung walet

Banyak petani walet yang bingung dengan desain rumah walet yang ingin digunakan, salah satunya adalah membangun gedung walet menggunakan rumah monyet atau tidak.

Melihat dari fungsi utama dari rumah monyet gedung walet, yaitu untuk meninggikan gedung sehingga posisi dari LMB (Lubang Masuk Burung) juga berada pada ketinggian maksimal. Salah satu tujuannya adalah mempercepat walet muda beradaptasi.

Selain itu, penggunaan rumah monyet juga bertujuan untuk mengurangi intensitas cahaya yang masuk dalam ruang inap dari gedung walet itu sendiri. Namun, pada poin ke dua ini, tidak menjadi keharusan karena walapun tanpa rumah monyet, kita dapat mengatur intensitas cahaya yang masuk ke gedung dengan penggunaan sekat (baik sekat full maupun gantung).

Nah, sampai disini mungkin Anda yang sedang mencari informasi mengenai desain gedung walet yang proporsional sudah mendapat bayangan bagaimana desain yang seharusnya menjadi pilihan.

Agar lebih jelasnya, simak penjelasan rumah monyet gedung walet berikut ini :

Mencari Tempat yang Aman

Burung walet selalu mencari daerah yang lebih aman untuk bertahan hidup, salah satunya adalah akan mencari tempat beristirahat di area ketinggian. Maka dari itu, salah satu desain gedung walet adalah harus lebih tinggi dari bangunan lainnya (gedung kompetitor atau pepohonan yang ada di sekitar gedung).

Sehingga dengan demikian, walet tidak ragu melakukan adaptasi pada sebuah gedung yang memiliki LMB lebih tinggi dari pada gedung, pohon atau benda lainnya.

Poin yang ingin saya sampaikan adalah jika gedung yang Anda bangun sudah memiliki ketinggian yang proporsional, maka buat apa menambahkan rumah monyet? Kecuali Anda beralasan karena estetika atau Anda lebih suka melihat gedung yang memiliki rumah monyet.

Kedua adalah ketika burung walet masuk melalui LMB, maka hewan tersebut akan keluar masuk dari gedung dan sekali kali menempel pada dinding ruangan (rumah monyet atau ruang putar).

Sebagian besar burung walet ketika masuk melalui LMB dan ingin menempel untuk memperhatikan suasana gedung, maka cenderung akan menukik ke atas untuk mencari pijakan yang aman.

Nah, melihat dari karakter burung walet demikian, maka sebaiknya jika Anda menggunakan rumah monyet, pasanglah sirip kayu (sejenis) pada area tersebut sebagai wadah si walet dalam melakukan pengintaian.

Saya tidak membahas soal gedung walet tanpa monyetan karena pada gedung dengan desain tersebut umumnya terdapat sirip pada area putar (nesting room).

Burung Walet Muda Takut Masuk

Fokus utama gedung baru adalah bagaimana caranya menarik walet muda masuk dan menginap. Melihat karakter dari walet muda yang penakut, maka kebanyakan walet muda tersebut hanya akan bermain di area agak terang pada sebuah gedung.

Maka dari itu, penggunaan rumah monyet pada gedung walet sebetulnya mempersulit tercapainya tujuan kita sebagai pemilik gedung karena ruang selain rumah monyet sudah termasuk cukup gelap.

Selain dari faktor intensitas cahaya tersebut, walet muda biasanya tidak selincah walet yang sudah berumur dalam melakukan manuver, sehingga keberadaan rumah monyet akan mempersulit walet masuk dan menyusuri ruang inap.

Baca Juga:

Itulah beberapa poin penting soal rumah monyet gedung walet. Semoga bermanfaat




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.