Kenali 4 Jenis Hobi yang Bisa Menjadi Ide Usaha

Jenis Hobi yang Bisa Menjadi Ide Usaha

Jenis Hobi Yang Bisa Menjadi Ide Usaha – Hobi menjadi salah satu kegiatan yang sangat kita sayangi, kita bahkan rela melakukannya berjam-jam hanya untuk memenuhi hasrat pribadi kita sendiri. Setiap orang umumnya memiliki hobi yang sama, namun ada pula yang berbeda.

Uniknya, seseorang bahkan rela mengeluarkan budget yang tinggi hanya demi memenuhi keinginan tersebut. Seperti kolektor barang antik yang rela merogoh kocek demi benda-benda bersejarah, mobil tua, koleksi uang kuno dan semacamnya.

Bercermin pada jenis hobi setiap orang berbeda tadi, ada pula sebagian orang yang menggeluti hobi nya hanya sekedar bersenang-senang saja, kemudian mendapatkan manfaat, misalnya berolahraga, membaca buku, bersepeda dan lain-lain.

Nah, sebenarnya ada manfaat lebih yang bisa kita dapatkan, ketika kita mampu mendalami dan mengoptimalkan hobi tersebut sebaik mungkin, sehingga bisa dijadikan ide usaha jangka panjang yang cukup potensial.

Hebatnya lagi, ketika kamu membuka usaha berdasarkan hobi ini, kamu sekaligus bisa menjadi guru pengajar. Selain itu, para konsumen atau murid yang kamu bina kedepannya juga akan memiliki skill yang akhirnya bisa ia kembangkan lebih jauh.

Lalu, apa sajakah itu? Simak ulasannya di bawah ini :

1. Membuat Kolam Pemancingan

Di dunia yang tengah hiruk-pikuk dengan kemajuan digitalisasi ini, tidak membuat kebiasaan mereka yang memiliki hobi memancing menjadi surut. Bahkan, saat ini dunia pancing jadi trend tersendiri yang patut diperhitungkan.

Contoh kecilnya, bisa kita lihat di YouTube, begitu banyak channel-channel yang mempublikasi video kegiatan mereka ketika berburu ikan dengan cara memancing. Bahkan view-nya tidak tanggung-tanggung, bisa mencapai puluhan juta tiap videonya.

Nah, bagi kamu yang kebetulan juga hobi memancing, apalagi jika dirasa sudah senior, membuka usaha kolam pemancingan adalah salah satu ide bagus untuk digeluti. Selain modal yang tidak terlalu besar, peminatnya juga cukup banyak, apalagi di kampung-kampung.

2. Warkop Milenial

Kopi merupakan salah satu minuman favorit di tanah air yang sudah melegenda sejak zaman dahulu. Seiring perkembangan zaman dan modernisasi, cita rasa kopi yang semula biasa saja, telah dikreasikan sedemikian rupa untuk menghadirkan rasa yang baru.

Bagi kamu yang hobi ngopi, serta mampu menciptakan berbagai kreasi rasa yang unik dan baru, membuka usaha Warkop yang ditambah kesan “Milenial”, akan jadi peluang bisnis yang potensial. Tidak hanya di perkotaan, namun juga di perbatasan hingga ke pedesaan.

Selain itu, jangan lupa untuk menentukan lokasi yang strategis, misalnya di daerah-daerah yang cukup sejuk namun masih terdapat jalanan umum. Jangan mendirikannya di daerah pusat-pusat perbelanjaan yang terkesan kumuh, misalnya pasar tradisional.  

3. Studio Band

Ide usaha berdasarkan hobi selanjutnya ialah membuka studio band. Dewasa ini, kemajuan di bidang industri musik tanah air tercatat cukup signifikan. Ditambah pula dengan adanya media yang sangat relevan untuk dijadikan ladang promosi, misalnya YouTube atau sosial media.

Banyaknya Chanel cover lagu yang ada, menjadikan bisnis jasa studio band atau dapur rekaman kian banjir orderan. Masih sama seperti warkop Milenial di atas, yang satu ini juga bukan hanya berpotensi di perkotaan, namun juga daerah pedesaan.

4. Kursus Belajar Musik

Yang terakhir ialah membuka kursus belajar musik. Hal ini hanya diwajibkan bagi kamu yang memang sudah mempuni dalam memainkan alat musik umum. Tidak harus semuanya, cukup satu alat saja sudah cukup, misalnya gitar atau piano.

Peminat musik sangatlah banyak, tidak terkecuali keinginan orang-orang untuk bisa memainkannya. Nah, jika kamu termasuk orang yang paham tentang dasar dan bagaimana memainkan gitar maupun piano, maka momen ini menjadi peluang yang bagus untuk diarahkan sebagai ide bisnis.

Baca Juga :

Itulah beberapa jenis hobi yang bisa dijadikan ide usaha dengan modal relatif kecil dan potensi yang besar. Bagi kamu yang memiliki keahlian dari salah satu daftar di atas, tidak ada salahnya untuk mencoba. 




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.