Teknik Mencegah Burung Hantu Masuk ke Gedung Walet Menggunakan Roller

0
Teknik Mencegah Burung Hantu Masuk ke Gedung Walet Menggunakan Roller


Dalam dunia perwaletan, salah satu hama yang paling menggangu dan susah untuk diatasi adalah burung hantu. Apalagi jika burung hantu tersebut sudah pernah masuk dalam gedung walet.

Banyak cara yang dilakukan oleh para petani walet untuk mengatasi hal tersebut, mulai dari penggunaan jarum pada LMB (Lubang Masuk Burung), kaca yang dimiringkan sampai penggunaan kayu khusus yang konon katanya burhan (Burung Hantu) tidak menyukainya.

Namun kali ini, kita akan membahas teknik mengusir burung hantu menggunakan roll buatan dari pipa paralon. Salah satu tujuannya adalah jika burung hantu bertengger di LMB untuk memantau situasi di dalam gedung walet, maka burhan tersebut akan kehilangan keseimbangan sehingga diharapkan akan menjauh dari LMB.

Sebagai catatan, teknik seperti yang akan kita bahas ini (atau yang sejenis) tidak akan berlaku pada burhan yang sudah pernah masuk dalam gedung, karena pada umumnya burhan akan langsung masuk layaknya burung walet tanpa hinggap lagi di LMB.

Baiklah, untuk mempersingkat artikel ini, silahkan disimak cara saya mengusir burung hantu menggunakan roller yang terbuat dari pipa paralon.

Cara Mengusir Burung Hantu dari Gedung Walet Menggunakan Roll Paralon

1. Persiapkan bahan

Beberapa bahan yang harus disiapkan adalah paralon 2″, besi 12 (besi berdiameter 12 mm), styrofoam (gabus), bearing 6006ZE (sesuai dengan besar paralon yang digunakan) dan lem bakar.

2. Memasang styrofoam

Karena ukuran lubang dalam bearing terlalu besar, maka pemasangan styrofoam harus dilakukan agar besi 12 mm dapat terpasang dengan sempurna tepat pada as (tengah) bearing.

Setelah pemasangan styrofoam, buat lubang sesuai dengan ukuran besi 12 mm yang akan digunakan.

Teknik Mencegah Burung Hantu Masuk ke Gedung Walet Menggunakan Roller


3. Memasang bearing pada paralon

Selanjutnya masukkan besi dalam paralon kemudian masing-masing bearing dimasukkan dari ujung besi.

Gunakan lem bakar untuk merekatkan bearing dengan paralon. Tunggu beberapa saat agar lem bekerja dengan sempurna.

Setelah semua selesai, posisikan besi secara seimbang (kiri dan kanan) dari pipa paralon dan lakukan pengeleman antara besi dengan styrofoam. Lakukan juga pengeleman pada styrofoam dengan bearing agar tidak terjadi pergeseran.

Teknik Mencegah Burung Hantu Masuk ke Gedung Walet Menggunakan Roller


4. Pemasangan di LMB

Selanjutnya pemasangan roller pada bibir LMB dengan menggunakan bantuan kayu berbentuk U. Tujuan penggunaan kayu ini agar pemasangan dan pelepasan mudah dilakukan.

Berikan jarak beberapa cm antara roller dengan bibir bawah LMB agar roller dapat bekerja dengan sempurna.

Baca Juga :

Itulah salah satu cara mengusir burung hantu dari gedung walet yang telah saya aplikasikan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya di akun media sosial Anda. Salam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.