Beranda MOTIVASI & INSPIRASI Hutomo Mandala Putra: Masalah Modal Bukan Suatu Rintangan

Hutomo Mandala Putra: Masalah Modal Bukan Suatu Rintangan

Hutomo Mandala Putra, Masalah Modal Bukan Suatu Rintangan
Sumber : Najwa Shihab

Hutomo Mandala Putra yang lebih akrab dikenal sebagai Tommy Soeharto adalah salah satu pengusaha sukses di Indonesia. Putra bungsu Presiden ke 2 RI Soeharto ini memiliki bisnis properti, otomotif hingga bisnis ritel.

Dibesarkan dalam keluarga presiden, Tommy Soeharto  menikmati berbagai jenis fasilitas. Ia pun menjadi pengusaha ternama pada usia muda. Pria kelahiran Jakarta, 15 Juli 1962 adalah anak kelima dari enam bersaudara dari pasangan Soeharto dan Siti Hartinah.

Bapaknya adalah seorang perwira tinggi Angkatan Darat yang kemudian menjadi Presiden RI ke 2. Pemberian nama Hutomo Mandala Putera  tak lepas dari peristiwa pembebasan Irian Barat dari cengkraman penjajah Belanda.

Pada tahun 1961, Ayahnya langsung yang memimpin pasukan yang diberi nama Komando Mandala Pembebasan Irian Barat.

Hutomo Mandala Putera alias Tommy Soeharto tumbuh dan besar dalam lingkungan orang nomor satu di Indonesia. Pada saat Tomi berusia lima tahun, bapaknya diangkat menjadi presiden RI ke 2. Sejak itu, masa kecil Tommy hingga dewasa dalam lingkungan sang penguasa tanah air hingga 1998.

Bapaknya berkuasa hampir 32 tahun. Tommy menjadi seorang pengusaha papan atas dalam usia muda. Pada umur 30-an ia sudah memiliki banyak perusahaan. Dia juga mendirikan beberapa sektor bisnis dengan bendera Grup Humpuss. Mulai sektor transportasi, perdagangan, konstruksi, properti, keuangan dan otomotif.

Bahkan pada tahun 1996, atas dasar ingin membangun mobil nasional (mobnas), penggemar balapan ini mendapat fasilitas khusus dari bapaknya. Ia memperoleh Inpres Nomor 2 Tahun 1996 yang membebaskan pajak pada perusahaannya.

Saat itu Tommy memproduksi mobnas Timor lewat PT Timor Putra Nasional, salah satu anak perusahaan Humpuss. Fasilitas lain yang didapati adalah aksi monopoli perdagangan dan pendistribusian cengkeh dari petani ke pabrik rokok melalui Badan Penyangga dan Pemasaran Cengkeh (BPPC).

Semua fasilitas terhenti pada tahun 1998. Gelombang aksi gerakan reformasi menuntut turunnya Presiden Soeharto. Soeharto dianggap sebagai sumber menjamurnya praktik Korupi Kolusi Nepotisme (KKN) yang menyeret Indonesia ke jurang kebangkrutan.

Soeharto pun lengser bertanda tumbangnya rezim Orde Baru dan lahirnya Era Reformasi. Dan berakhir pula masa kekuasaan bapaknya, sehigga mengubah segala kehidupan Tommy Soeharto. Mulai dari masalah bisnis, keluarga, hingga pribadi. Fasilitas bisnisnya dari pemerintah dicabut dan perusahaan mobnasnya pun ditutup.

Bangkitnya Hutomo Mandala Putra

Namun semua itu tak membuat Tommy putus asa. Ia pun bangkit kembali.  Ia mendirikan partai politik bernama Partai Berkarya sampai sekarang ini. Menurut Tommy, jika ingin sukses, para generasi muda harus terus bersemangat dalam berkarya.

Tips utamanya harus selalu semangat dan harus berkarya. Berkarya itu bukan hanya bekerja, bekarya yang bisa menghasilkan nilai tambah. Para generasi muda harus selalu optimis dengan bisnis yang digelutinya. Sebab, itu merupakan salah satu kunci untuk meraih kesuksesan.

Kalau sudah berpikiran pesimis, udah kecewa, mengeluh, kebanyakan komplain, jangan harap orang bisa maju.

Selain itu, pimpinan Partai Berkarya ini juga menitikberatkan masalah kejujuran dalam berbisnis. Menurut dia, kejujuran merupakan kunci untuk mendapatkan kepercayaan dari orang lain.

Baca Juga :

Kepercayaan, kejujuran adalah hal yang harus diutamakan. Kalau bisnis udah enggak bisa dipercaya, enggak jujur, jangan harap bisa sukses.

Mengenai masalah modal, itu bukan merupakan sebuah rintangan yang berarti bagi pebisnis. Sebab, jika ada kemauan, pasti bisa mendapatkan pinjaman modal. Kalau modal bisa dicarilah. Coba lihat konglomerat yang ada sekarang, itu kan dulunya orangtuanya modal celana kolor juga, tapi bisa jadi konglomerat. Jadi, berjuanglah!

5/5 (1)

Nilai kualitas artikel

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.