Tips Membangun Bisnis Online Untuk Jangka Panjang

0
189
Tips Membangun Bisnis Online Untuk Jangka Panjang

Di zaman modern yang semakin canggih ini, Anda bisa melihat bahwa teknologi telah mengalami banyak perkembangan dengan begitu pesatnya. Internet salah satunya produk perkembangan teknologi yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Sebagaimana yang kita tahu, saat ini perkembangan bisnis internet atau bisnis online, dari tahun ke tahun selalu meningkat. Semakin mudahnya akses internet di berbagai daerah dan juga semakin terjangkaunya tarif internet, menjadi faktor penting perkembangan tersebut.

Nah, untuk Anda yang sedang bergelut atau berencana menekuni bisnis online, berikut ini kami akan membagikan tips menarik, bagaimana agar bisnis yang dibangun bisa bertahan untuk jangka panjang. Pastinya ingin tahu bukan? Yuk langsung saja intip penjelasan lengkapnya berikut ini :

Tips Membangun Bisnis Online untuk Jangka Panjang

Buat produk gratisan untuk memancing konsumen

Langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk membangun bisnis online dalam jangka panjang adalah dengan membuat produk penetrasi, idealnya berupa produk yang diberikan secara gratis kepada konsumen.

Anda bisa membuat produk penetrasi berupa ebook ataupun video training yang bermanfaat, untuk memancing rasa penasaran konsumen agar tertarik dengan jasa atau produk Anda.

Buat produk yang benar-benar bermanfaat dan dibutuhkan konsumen

Saat ini, persaingan bisnis online sangatlah tinggi. Bahkan untuk beberapa bidang bisnis, tingkat persaingannya lebih ketat dibandingkan bisnis offline. Jadi Anda tidak boleh main-main dalam membuat suatu produk atau jasa yang ingin dipasarkan.

Buatlah suatu produk yang bagus, pastinya lebih bagus dari kompetitor Anda. Anda harus memikirkan, bagaimana caranya membuat produk yang bisa membuat konsumen berpikir, “membeli produk Anda adalah keputusan yang terbaik”.

Jadi, idealnya sebelum meluncurkan suatu produk atau jasa, pelajari dulu kompetitor Anda. Cari kelemahan mereka dan jadikan itu sebagai fokus Anda, untuk dijadikan nilai plus pada produk atau jasa yang akan ditawarkan.

Tidak harus dengan perang harga, jika kompetitor Anda adalah perusahaan besar, tentunya Anda tidak akan menang. Mereka bisa mendapat harga dasar yang murah dengan memproduksi produk dalam jumlah banyak.

Mungkin bisa memilih untuk mengutamakan keramahan dan kenyamanan pelayanan, dengan berani memberikan garansi uang kembali. Anda bisa memberikan layanan kirim gratis, memberikan nilai plus pada produk dan trik-trik lainnya, yang membuat layanan lebih unggul dimata konsumen.

Pertahankan kualitas produk

Mempertahankan kualitas produk juga sangat penting agar bisnis Anda bisa bertahan dalam jangka panjang. Biasanya, banyak pengusaha yang memberikan kualitas pelayanan terbaik hanya saat memulai usaha, dan saat pelanggan sudah ramai, mereka mulai menurunkan standart kualitas pelayanannya.

Hal tersebut tidak boleh terjadi. Jika ingin tetap eksis sampai kapanpun, Anda harus mempertahankan kualitas, baik itu kualitas produk maupun pelayanan.

Berikan pelayanan terbaik

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, memberikan pelayanan terbaik merupakan salah satu trik agar bisnis kita bisa bersaing dengan kompetitor. Tak terkecuali untuk pelaku bisnis online.

Saat ada konsumen yang menanyakan produk Anda, pastikan untuk memberikan penjelasan dengan baik dan kata-kata yang bagus. Jika konsumen menawar, berikan jawaban yang tidak menyinggung.

Jangan lupa, bantu konsumen saat bermasalah dengan ekspedisi.

Jalin komunikasi yang baik dengan konsumen

Cara berikutnya, untuk membangun bisnis online jangka panjang adalah dengan menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen. Hal ini juga sangatlah penting untuk dilakukan dengan tujuan agar terbangun kedekatan yang nantinya juga akan membangun kepercayaan antara Anda dengan konsumen.

Baca Juga :

Demikianlah beberapa tips membangun bisnis online untuk jangka panjang. Pastikan menerapkan tips-tips tersebut, mulai dari sekarang.




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.