6 Contoh Usaha di Desa atau Kampung yang Menjanjikan

0
610
Contoh Usaha di Desa atau Kampung yang Menjanjikan

Perlu diketahui, dalam ilmu bisnis, ada 4 cara manusia supaya bisa menuai penghasilan. Pertama, bekerja di sebuah perusahaan atau di pemerintahan. Kedua, bekerja mandiri sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Ketiga, membuka usaha sendiri dan yang ke empat adalah dengan cara berinvestasi.

Dari ke empat cara tersebut, mustahil kalau tidak ada satu pun yang bisa Anda jalankan.  

Salah satu cara mendapatkan penghasilan yang paling disarankan adalah dengan membuka sebuah usaha. Dan wajib dipahami, jangan mengira kalau membuka usaha itu hanya menguntungkan di daerah perkotaan saja.

Anda yang tinggal di daerah perkampungan dan pedesaan pun juga bisa membuka usaha yang menguntungkan. Kuncinya hanya satu, yaitu jeli mengamati apa yang dibutuhkan masyarakat saat ini dan menjual produk yang berkualitas.

Sebenarnya ada banyak sekali contoh usaha di desa yang menjanjikan untuk dijalankan di perkampungan dan pedesaan. Beberapa contoh di antaranya adalah sebagai berikut :

Ide Usaha di Desa atau Kampung yang Menjanjikan

Warung kopi dan gorengan

Masyarakat yang tinggal di daerah perkampungan dan pedesaan biasanya sangat suka berkumpul dan mengobrol dengan sesama warga lainnya.

Kebiasaan ini biasanya mereka nikmati bersama secangkir kopi dan kudapan hangat, seperti pisang goreng, singkong goreng, ubi goreng dan lainnya.

Nah, kebiasaan warga ini sebenarnya bisa menjadi ladang usaha yang cukup menjanjikan bagi Anda. Membuka usaha warung kopi dan gorengan bukanlah ide yang buruk. Modalnya kecil, namun untungnya tidak pernah nihil.

Toko kelontong

Membuka usaha toko kelontong memang tidak pernah merugikan. Barangnya mudah ditemukan dan keuntungannya lancar didapatkan. 

Modal awal untuk membuka usaha toko kelontong ini relatif kecil. Hanya dengan uang sekitar 2 sampai 3 juta saja, Anda sudah bisa mendapatkan berbagai macam barang kebutuhan pokok harian untuk dijual kembali kepada masyarakat sekitar.

Keuntungan yang bisa Anda ambil dari sebuah barang memang relatif kecil, mulai dari 500 hingga seribu rupiah saja. Namun jika dalam seharinya Anda mampu menjual 100 buah barang dengan keuntungan seribu rupiah per itemnya, maka keuntungan bersih yang bisa didapat setiap harinya kurang lebih sekitar 100 ribu rupiah.

Keuntungan ini tentunya lebih besar dari upah seorang pekerja pabrik.

Toko pakan ternak

Biasanya di daerah desa atau kampung, mayoritas penduduknya menekuni pekerjaan sebagai peternak. Nah, jika di daerah tempat tinggal Anda juga banyak masyarakat yang menekuni dunia peternakan, maka membuka toko yang menjual pakan ternak terbilang sangat menjanjikan.

Kenapa? Karena pakan ternak pasti dibutuhkan setiap harinya oleh para peternak untuk memberi makan hewan ternak mereka.

Counter pulsa

Masyarakat yang tinggal di desa dan di kampung pastinya juga memiliki handphone sebagai alat komunikasi jarak jauh. Handphone tidak akan berfungsi sebagai alat komunikasi tanpa adanya adanya pulsa.

Untuk itu, masyarakat pasti sangat membutuhkan orang yang menjual pulsa dalam memenuhi kebutuhan yang satu ini. Peluang tersebut tentunya bisa Anda manfaatkan untuk meraup keuntungan.

Modal untuk membuka usaha ini terbilang cukup kecil. Anda hanya perlu membeli etalase bekas dan membeli saldo pulsa untuk semua operator senilai 200 ribu rupiah. Kalau perlu, tambahkan juga paket kuota internet.

Token pembayaran

Untuk membayar tagihan listrik, biasanya Anda harus mendatangi kantor resmi loket pembayaran PLN yang letaknya berada di daerah perkotaan. Begitu pula halnya dengan pembayaran air bersih.

Dengan adanya teknologi internet saat ini, pembayaran tagihan listrik dan air sudah bisa dilakukan secara online. Banyak sekali aplikasi pembayaran berbasis android yang bertebaran di playstore.

Hanya perlu mengunduh salah satu di antaranya yang menerapkan biaya admin paling rendah. Setelah itu Anda bisa membuka usaha token pembayaran online di rumah sendiri.

Usaha yang satu ini juga cukup menjanjikan. Anda bisa meraup keuntungan sekitar 2000 hingga 5000 rupiah per transaksi. Coba saja kalikan nominal tersebut dengan jumlah rumah yang ada di kampung Anda. Lumayankan?

Namun, jika memutuskan untuk membuka usaha ini, alangkah baiknya jika Anda mengawinkannya dengan usaha lain, seperti usaha toko kelontong atau counter pulsa. Ini pastinya akan membuat tempat usaha Anda semakin ramai. 

Budidaya ikan

Lahan yang tersedia di daerah pedesaan maupun perkampungan pasti lebih luas dibandingkan dengan lahan yang tersedia di daerah perkotaan. Hal ini merupakan sebuah keuntungan bagi Anda yang memiliki keahlian dalam memelihara dan membudidayakan ikan konsumsi, seperti lele, belut, nila, mujair dan lainnya.

Usaha budidaya ikan ini tentunya sangat menjanjikan dan menguntungkan karena hasil panennya dapat Anda jual ke rumah makan, restoran, atau ke pasar.

Baca Juga :

Itulah tadi beberapa contoh usaha di desa atau perkampungan yang prospeknya cukup menjanjikan. Semoga bisa menginspirasi.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.