Peluang Usaha Sampingan Berkebun di Rumah dan Perlengkapannya

0
105
Peluang Usaha Sampingan Berkebun di Rumah dan Perlengkapannya

Usaha Sampingan Berkebun – Perubahan gaya hidup masyarakat tidak mempengaruhi akan kebutuhan konsumsi pangan. Sehingga prospek usaha pendukung untuk menciptakan suatu produk pertanian akan terus dibutuhkan. Jika Anda sedang mencari peluang usaha sampingan, mungkin Anda bisa melirik peluang usaha tersebut.

Coba Anda perhatikan berapa banyak kios di kota Anda yang bergerak dalam usaha pupuk, peralatan pertanian atau bibit tanaman yang notabene adalah usaha pendukung dari usaha perkebunan saat ini. Saya rasa lebih sedikit yang menggeluti usaha tersebut dibandingkan dengan usaha kuliner, fashion, game dan sebagainya bukan.

Melihat dari analisa sederhana di atas, peluang keberhasilan dalam usaha sampingan ini akan lebih besar. Berikut beberapa usaha pendukung dalam bidang pertanian yang bisa Anda jalankan.

Pembibitan sebagai Usaha Sampingan Berkebun

Maraknya penghobi tanaman, baik tanaman hias, rempah-rempah (bawang, cabe, tomat dan lain-lain) atau buah yang dimotori oleh para ibu rumah tangga menjadikan usaha ini memiliki prospek yang baik.

Anda tidak membutuhkan modal yang besar. Dengan keberanian memulai dan sedikit usaha untuk menanam dan memperbanyak bibit tanaman, Anda sudah memiliki usaha sampingan. Usaha ini dapat dijalankan di pekarangan rumah Anda.

Teknik pemasaran juga simpel. Dengan menargetkan ibu rumah tangga sebagai pasar , maka promosi dari mulut ke mulut mungkin sangat efektif. Jadi, manfaatkan teman kerja, tetangga atau sanak family untuk meraih pasar.

Usaha Pupuk dan Perlengkapan Perkebunan

Modal untuk usaha sampingan jenis ini memang tidak kecil, tapi dengan keinginan yang kuat, Anda bisa saja memulainya dengan modal yang terbilang kecil. Pertama, lakukan pengadaan barang yang sering dicari terlebih dahulu, kemudian lengkapi secara bertahap barang jualan Anda.

Misalnya saja pupuk urea dengan sistem jual kiloan, alat penyiraman tanaman, obat hama tanaman dan sebagainya. Dengan menargetkan pasar skala rumahan, Anda bisa berjalan dengan mulus tanpa perlu memikirkan modal yang besar bukan?

Baca Juga : 

Demikian artikel usaha sampingan berkebun di rumah, semoga bisa menjadi inspirasi untuk Anda sehingga mampu memberikan warna dalam dunia usaha. Penting untuk Anda adalah terus menggali jenis usaha yang layak dikembangkan dan jika sudah yakin, maka jalankan dengan sabar dan tekun.

Tidak ada satu usaha yang dapat memberikan penghasilan instan. Semua butuh proses. Salam sukses




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.