Makanan Khas Minahasa yang Menggoda Selera, Bisa Jadi Menu Usaha Kuliner Anda

Makanan Khas Minahasa yang Menggoda Selera, Bisa Jadi Menu Usaha Kuliner Anda

Wisata kuliner sudah menjadi bagian paling penting jika seseorang berkunjung ke suatu daerah. Tidak lengkap rasanya jika bepergian ke daerah tertentu tidak menyantap makanan khas dari daerah tersebut.

Salah satu daerah yang kerap menjadi tujuan wisata adalah Minahasa yang terletak di Sulawesi Utara. Ragam kuliner khas daerah tersebut sangat menggugah selera, sehingga sangat pantas jika menu makanan khas minahasa menjadi pelengkap usaha kuliner Anda.

Orang yang tidak punya waktu berlibur ke minahasa bisa mengobati rindunya dengan mengonsumsi masakan dari Sulawesi Utara tersebut.

Berikut Makanan Khas Minahasa untuk Pelengkap Menu Usaha Kuliner Anda

1. Tinoransak

Makanan Khas Minahasa yang Menggoda Selera, Bisa Jadi Menu Usaha Kuliner Anda

Makanan khas minahasa pertama adalah tinoransak, makanan ini tidak pernah absen jika ada pesta adat suku minahasa. Perlu diketahui, umumnya daging yang digunakan adalah daging babi, namun tidak harus ya.

Membuat Tinoransak ini bisa menggunakan daging sapi, ayam ataupun ikan. Jadi masih halal dikonsumsi untuk umat muslim. Sebagai langkah awal, Anda bisa belajar cara membuat tinoransak sesuai petunjuk Grace Jun.

2. Tinutuan

Makanan Khas Minahasa yang Menggoda Selera, Bisa Jadi Menu Usaha Kuliner Anda

Tinutuan adalah makanan khas minahasa yang sangat harum di daerah lain. Bubur manado! Itulah sebutan tinutuan yang sering kita dengar.

Variasi lain dari tinutuan adalah miedal (Mie dan Peda’al) yang artinya peda’al di campur dengan mie. Peda’al sendiri sebutan tinutuan di daerah minahasa selatan.

Di luar dari minahasa, termasuk di tempat Anda, mungkin sering membuat bubur manado ini. Namun apakah Anda tahu asli atau resep tradisional dari bubur manado ini sebetulnya seperti apa?

Kalau penasaran, mungkin Anda harus belajar dari Dapur Clara.

3. Cakalang Fufu

Makanan Khas Minahasa yang Menggoda Selera, Bisa Jadi Menu Usaha Kuliner Anda

Kata fufu memiliki arti asap, sehingga cakalang fufu bisa diartikan ikan cakalang yang proses pembuatannya dengan cara diasap. Proses pengasapan membutuhkan waktu 4 jam dan pendinginan kurang lebih 2 jam.

Sebelum diasap, terlebih dahulu dibalur dengan garam dan bubuk soda. Perlu Anda ketahui, pengasapan pada ikan sebetulnya adalah proses pengawetan yang membuat ikan dapat bertahan hingga 1 bulan lamanya.

Setelah pengasapan, tampilan ikan menjadi mengkilat, warna menjadi kemerahan, tekstur sedikit empuk, kering dan tidak berair serta rasanya menjadi lebih sedap dengan ciri khas aroma asapnya.

Baca Juga :

Dari cakalang fufu ini lah kemudian diproses menjadi berbagai olahan lauk yang menggugah selera. Cakalang fufu bisa Anda olah menjadi tumis cakalang fufu, cakalang fufu suir, gulai cakalang fufu dan sebagainya.

Dewasa ini, kuliner yang proses pengolahannya dengan cara diasap termasuk kuliner yang cukup mahal. Walau terbilang mahal, tetap saja peminatnya tidak pernah berkurang.

4. Sambal Roa

Makanan Khas Minahasa yang Menggoda Selera, Bisa Jadi Menu Usaha Kuliner Anda - Sambal Roa

Salah satu sambal yang sangat terkenal dari tanah sulawesi utara itu adalah sambal roa. Sambal roa sendiri berbahan utama ikan roa yang terlebih dahulu diasapi kemudian ditumbuk halus bersama dengan cabai.

Cara pembuatannya pun sangat mudah, Anda bisa belajar dari Ibu Pingkan Steffi.

Itulah ulasan kami tentang makanan khas minahasa yang sangat populer dan bisa menjadi ide menu usaha kuliner Anda.




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.