8 Alasan Bisnis Kuliner Menjadi Salah Satu Peluang Usaha Terbaik

0
335
Alasan Bisnis Kuliner Menjadi Salah Satu Peluang Usaha Terbaik

Peluang usaha terbaik menurut hemat saya adalah suatu usaha yang dapat dijalankan dengan modal kecil. Selain itu, keuntungan diperoleh cukup besar, memiliki perputaran uang yang cepat dan mudah dijalankan.

Nah, jenis bisnis yang masuk dalam kriteria di atas tidak lain adalah bisnis kuliner. Bisnis kuliner sangat menarik untuk kami bahas kali ini. Alasannya, hampir semua daerah, baik daerah berpenduduk padat sampai daerah dengan populasi yang terbilang sedikit, sangat menggadrungi jenis bisnis ini.

Jadi, apa sebetulnya alasan seseorang memutuskan untuk menjalankan bisnis kuliner?

Berikut kami paparkan secara sederhana.

Makanan Merupakan Kebutuhan Pokok

Ketika berbicara soal suatu produk yang memiliki manfaat cukup luas, maka bisa dipastikan memiliki pangsa pasar yang luas pula.

Begitupun dengan bisnis kuliner, semua membutuhkan makanan. Sehingga target pasarnya pun begitu luas dan bisa untuk banyak kalangan (tergantung jenis kuliner yang dijalankan).

Kita ambil contoh KFC (Kentucky Fried Chicken) atau Pizza Hut. Mereka telah berhasil memposisikan dirinya sebagai salah satu kuliner yang wajib dinikmati ketika seseorang jalan-jalan ke kota. Target pasarnya pun untuk semua kalangan. Anak-anak, remaja dan orang dewasa menikmatinya.

Memiliki Keuntungan yang Cukup Besar Dibanding Usaha Jenis Lainnya

Salah satu poin yang menjadi alasan bisnis kuliner salah satu peluang usaha terbaik adalah keuntungan. Keuntungan yang diperoleh rata-rata lebih dari 50% dari modal bahan.

Contohnya usaha ayam kentucky, harga untuk 1 kg ayam potong misalnya Rp 28.000,-. Dalam 1 kg ayam, terdapat sekitar 7 hingga 8 potong (dada, paha, campur).

Kalau rata-rata harga jual ayam kentucky sebesar Rp 7.000,-, maka hasil penjualan adalah Rp 7.000,- X 8 potong = Rp 56.000,-

Melihat dari perhitungan sederhana di atas, maka keuntungan kotornya yang bisa diperoleh adalah Rp 28.000,- (profit 100%). Untuk perhitungan bersihnya, Anda bisa kalkulasi sendiri. Keuntungan kotor dikurangi berbagai kebutuhan penunjang, misalnya harga minyak goreng (dapat digunakan 2 sampai 3 kali), biaya elpiji, biaya lampu penerangan (kalau ada) dan lain-lain.

Jadi, kemungkinan besar profit yang didapat dalam bisnis kuliner adalah di atas 50%. Jauh dari usaha jenis lainnya yang hanya memperoleh keuntungan rata-rata 10 hingga 30%.

Perputaran Uang yang Cepat

Salah satu usaha terbaik menurut saya adalah suatu usaha yang cepat kembali modal. Artinya, bisnis kuliner masuk dalam kriteria tersebut.

Jika perputaran uang cepat, maka modal yang digunakan akan cepat kembali. Selanjutnya tinggal menikmati keuntungan.

Dapat Dijalankan Dengan Modal Kecil

Bisnis kuliner salah satu ide usaha yang hanya membutuhkan modal kecil, namun dapat memperoleh keuntungan yang besar. Misalnya saja menjalankan usaha gorengan, hanya butuh pisang, tepung atau minyak goreng yang harganya cukup murah, Anda sudah dapat jualan.

Makanan Sudah Menjadi Trend Masa Kini, Istilah Familiarnya Wisata Kuliner

Salah satu kebiasaan yang tidak pernah hilang dari para pelancong, baik pelancong lokal maupun mancanegara adalah berburu kuliner khas daerah. Bahkan, setiap daerah saat ini sepertinya berlomba-lomba untuk memamerkan ciri khas dari olahan makanan mereka. Setiap daerah mulai membangun suatu wilayah khusus diperuntukkan untuk wisata kuliner.

Selain dari hal tersebut, untuk mengukur prospek dari bisnis kuliner ini, Anda bisa memperhatikan kebiasaan para pengguna media sosial. Setiap ingin menyantap makanan, pasti menyempatkan berselfie ria dengan fokus utamanya adalah makanan mereka.

Peluang Usaha Terbaik Karena Mudahnya Membuat Cabang Baru yang Sukses

Salah satu usaha terbaik yang memberikan kemudahan mengembangkan usaha adalah bisnis kuliner.

Kita sama-sama tahu, jika seseorang menyukai makanan dari sebuah resto, maka orang tersebut sangat susah untuk berpindah ke resto lainnya. Nah, inilah yang sangat menguntungkan bagi pengusaha kuliner jika ingin membuka cabang di tempat lain.

Dengan menggunakan nama restoran yang sudah sukses pada cabang barunya, maka mereka tidak sulit untuk mendapatkan pembeli. Konsumen loyal mereka (tempat tinggal yang berdekatan dengan cabang baru), akan menjadi pelanggan di cabang barunya dan menjadi marketing gratis.

Jumlah Pegawai yang Sedikit Ketika Baru Memulai Usaha

Ketika awal memulai usaha, tidak perlu menggunakan banyak tenaga. Anda bisa minta keluarga terdekat untuk membantu, 1 atau 2 orang.

Ketika jumlah pelanggan sudah mulai meningkatnya, barulah melakukan pengadaan pegawai sesuai dengan keperluan.

Mudahnya Menemukan Tempat yang Sesuai

Karena usaha kuliner adalah suatu bisnis yang dapat dijalankan dengan berbagai model (tergantung target pasarnya), maka untuk menemukan lokasi dan tempat berjualan, pastinya sangat mudah. Anda bisa menggunakan tempat dengan ukuran kecil. Atau yang lagi trend saat ini dengan menggunakan mobil modifikasi.

Selain itu, maraknya bisnis online menjadikan hampir semua jenis bisnis harus menyesuaikan diri agar mampu bertahan. Salah satu perubahan trend yang terjadi pada bisnis kuliner adalah layanan antar. Jadi, Anda tidak membutuhkan tempat strategis untuk memulai jualan.

Baca Juga :

Padatnya lalu lintas di perkotaan, membuat bisnis kuliner yang memiliki jasa antar semakin diminati. Bukan hanya di perkotaan ya, karena ternyata di pelosok pun sebagian pebisnis kuliner memberikan layanan jasa antar, baik gratis maupun berbayar.

Demikian artikel bisnis kuliner salah satu peluang usaha terbaik yang dapat dijalankan. Semoga bermanfaat




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.