Manfaat Nyata Bisnis Fintech Indonesia Bagi Pengguna

Manfaat Fintech Indonesia Bagi Pengguna

Bisnis fintech indonesia memberi manfaat yang nyata dan bisa langsung dirasakan masyarakat, khususnya pengguna. Adapun di tanah air fintech bukan lagi hal baru. Dimana kehadirannya diakui mulai menggeser peran dan fungsi dari lembaga keuangan.

Terlepas dari hal tersebut, hadirnya industri fintech tentu harus bisa digunakan sebaik mungkin agar bermanfaat. Berikut beberapa manfaat nyata dari fintech :

4 Manfaat Fintech Indonesia

1. Mempermudah pembayaran/pendanaan

Mata uang digital kini semakin dikenal masyarakat. Dimana mata uang dapat digunakan untuk transaksi di sejumlah merchant secara praktis tanpa harus membawa uang.

Mungkin sebelumnya beberapa lembaga keuangan sudah memberikan layanan serupa. Akan tetapi, fintech memberikan layanan dengan beban biaya relatif ringan per transaksinya. Dengan fintech kini Anda bisa melakukan transaksi pembayaran secara online kapan saja dan dimana saja.

2. Pembayaran tanpa biaya tambahan

Layanan yang ditawarkan fintech Indonesia seolah sudah terdengar familiar. Memang benar, karena sebelumnya istilah pembayaran tanpa uang bisa dilakukan dengan kartu kredit atau debit. Hanya saja ada biaya tambahan yang relatif besar yang akan dikenakan. Biaya tambahan tersebut bisa berupa biaya administrasi bank, bunga atau lainnya.

Hal tersebut tidak akan Anda temui bila menggunakan fintech. Malah Anda berkesempatan mendapat bonus seperti cashback bila bertransaksi dengan fintech.

3. Sarana investasi yang menjanjikan

Sebelumnya mungkin Anda sudah pernah menggunakan jasa perbankan untuk mendapat investasi. Dalam hal ini, fintech juga memberikan layanan serupa. Dimana ada peluang mendapat untung lebih besar dengan kesempatan balik modal lebih mudah.

Salah satu layanan fintech yang dekat dengan investasi dikenal sebagai P2P Lending (Peer to Peer Lending). Singkatnya, dengan layanan ini Anda bisa memberi pendanaan online kepada orang lain yang membutuhkan pinjaman dari fintech.

Sebagai pihak yang memberi pinjaman, Anda akan mendapat untung secara langsung. Menariknya, Anda juga bisa mengontrol secara penuh seperti ingin dipinjamkan kepada siapa uang yang dimiliki. Sehingga tidak sembarang orang akan mendapat modal dari Anda.

4. Keuangan lebih teratur

Manfaat lain dari fintech yaitu bisa mengatur keuangan lebih baik. Hal ini dikarenakan setiap pengeluaran via fintech akan dicatat secara rapi. Dengan demikian, Anda bisa langsung mengetahui besar biaya yang sudah digunakan.

Fintech juga akan mengirim sinyal saat penggunaan dana sudah mendekati batas yang ditetapkan sebelumnya. Jelas ini sangat penting, sehingga Anda bisa tahu kapan pastinya harus berhenti menggunakan uang.

Baca Juga :

Demikian beberapa manfaat fintech. Pendanaan fintech umumnya bersifat mudah dan praktis. Syarat yang dibutuhkan tidak ribet dan cenderung mudah dipenuhi. Sehingga dalam hitungan jam atau bahkan menit saja, Anda bisa langsung mendapat dana untuk modal usaha. Tentu dana yang diperoleh dari fintech Indonesia harus digunakan secara bijak agar bisa bermanfaat.

No ratings yet.

Nilai kualitas artikel




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.