Khasiat Gula Batu dan Efek Sampingnya

Khasiat Gula Batu dan Efek Sampingnya

Pemanis memiliki beberapa jenis seperti gula pasir, gula batu, gula merah dan gula palem. Di antara beberapa jenis tersebut, gula batu cukup dikenal dan sering dipilih sebagai pemanis karena dianggap lebih aman.

Selain itu, gula batu juga populer karena memiliki banyak khasiat, tetapi juga bisa memberikan dampak negatif jika salah dalam mengonsumsinya.

Manfaat Gula Batu dan Efek Sampingnya

Bagi sebagian orang, terutama di Jawa, gula batu menjadi bahan pemanis yang lebih disukai daripada gula pasir.

Selain lebih nikmat, ternyata menurut penelitian, gula batu memang lebih aman untuk kesehatan dibandingkan gula pasir karena tidak mengandung lemak jenuh, kadar kolesterolnya rendah dan tidak mengandung sodium.

Dengan kandungan yang dimilikinya, gula batu memiliki banyak khasiat untuk tubuh selama dikonsumsi dengan benar dan dalam takaran yang sesuai. Beberapa manfaat tersebut dapat Anda simak berikut ini :

1. Sebagai sumber energi tubuh

Saat mencair, gula batu sangat mudah diserap tubuh dan diubah menjadi gula sederhana. Kemudian diubah kembali menjadi energi sehingga tubuh bisa beraktivitas.

Jadi, ketika Anda merasa sangat lelah, cobalah mengunyah gula batu untuk mengembalikan energi. Energi Anda akan kembali dengan sangat cepat.

2. Sebagai sumber energi otak

Selain bermanfaat untuk tubuh, gula batu juga merupakan sumber energi bagi otak agar dapat bekerja maksimal. Jika otak kekurangan sumber energi, daya ingat serta kemampuan berpikir dan berkonsentrasi akan menurun. Untuk meningkatkan daya ingat anak, Anda juga bisa melarutkan gula batu dalam susu hangat.

3. Aman untuk penderita diabetes

Para penderita diabetes memang harus mengurangi konsumsi gula untuk menjaga kestabilan kadar gula darah. Karena itu, penderita diabetes harus memilih gula yang aman, salah satunya adalah gula batu. 

4. Khasiat gula batu lainnya dapat mengatasi tekanan darah rendah

Tekanan darah rendah bisa mengganggu aktivitas sehari-hari karena tubuh menjadi lemah dan tidak bertenaga. Untuk menormalkan kembali tekanan darah Anda, cobalah mengonsumsi gula batu secukupnya.

5. Mengatasi depresi ringan

Pernahkah Anda merasakan kondisi bad mood dalam jangka waktu lama? Bisa jadi Anda sedang dilanda depresi. Cobalah mengunyah gula batu dan diamkan di lidah sampai meleleh.

Tujuannya adalah mengembalikan suasana hati. Kandungan antidepresan pada gula batu juga membantu memperlancar produksi ASI.

6. Baik untuk masa penyembuhan

Orang yang baru sembuh dari penyakit membutuhkan energi untuk mempercepat proses pemulihan tubuhnya. Karena itulah, gula batu sering menjadi alat terapi untuk mempercepat masa pemulihan.

Meski demikian, takarannya harus sesuai dengan rekomendasi dokter.

7. Mengatasi bau mulut

Bau mulut yang kurang sedap disebabkan adanya bakteri yang berkembang biak di area gusi. Selain menyikat mulut dengan bersih, untuk mengatasi bau mulut, Anda bisa mengunyah sedikit gula batu setelah makan.

8. Meredakan batuk

Biasanya, orang yang sedang sakit batuk dilarang untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang manis. Namun berbeda dengan gula batu, Anda justru disarankan mengisap gula batu pelan-pelan dalam mulut dalam rangka mengatasi batuk sementara.

9. Mengobati sakit tenggorokan

Campuran gula batu, lada hitam bubuk dan minyak samin merupakan ramuan yang ampuh untuk mengatasi nyeri tenggorokan. Rasanya mungkin sedikit aneh, tetapi khasiatnya sangat efektif.

Baca Juga :

10. Menghentikan mimisan

Mimisan bisa terjadi akibat beberapa sebab, seperti kelelahan atau gangguan tubuh lain. Untuk menghentikan darah yang mengalir dari hidung, minumlah larutan gula batu dan air putih.

Selain segudang manfaatnya, mengonsumsi gula batu secara berlebihan juga bisa menimbulkan dampak negatif, yaitu :

  • Menyebabkan obesitas sehingga berisiko terserang penyakit berbahaya seperti, gangguan jantung dan pembuluh darah, hipertensi dan diabetes.
  • Menimbulkan karies gigi, terutama pada anak-anak.



LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.