4 Poin Penting yang Harus Diperhatikan Jika Membuka Cabang Usaha untuk Meningkatkan Penjualan

0
4 Poin Penting yang Harus Diperhatikan Jika Membuka Cabang Usaha untuk Meningkatkan Penjualan

Mendirikan cabang dari suatu usaha tentunya tidak semudah yang di bayangkan, ada banyak hal yang harus dipersiapkan dan dipertimbangkan. Jika tidak ada planning atau rencana yang matang, tidak menutup kemungkinan, pembukaan cabang usaha tersebut justru menjadi pemicu kebangkrutan usaha.

Cabang usaha yang jauh dari induk usaha, akan dituntut untuk mandiri. Maksudnya, kantor cabang dipandang sebagai bisnis terpisah yang harus bisa menghidupi dirinya sendiri namun mampu mendapat profit yang diinginkan pemilik usaha.

Alasan Membuka Cabang Usaha Merupakan Langkah yang Tepat

Untuk Anda yang saat ini berencana membuka cabang baru, ada baiknya simak dulu alasan kenapa membuka cabang usaha merupakan jalan terbaik dan menguntungkan berikut ini!

1. Perluasan wilayah pemasaran

Alasan paling mendasar ketika membuka cabang usaha adalah perluasan wilayah pemasaran. Misalnya, selama ini pabrik berada di Surabaya dan mendistribusikan produk ke pulau Jawa bagian Timur.

Untuk menjangkau konsumen yang berada di daerah jawa bagian tengah dan barat, maka didirikanlah cabang usaha di Solo dan Jakarta.

2. Penurunan penjualan

Penurunan penjualan selalu menjadi pemasalahan bagi perusahaan, sementara biaya yang dikeluarkan cenderung tetap dan keadaan terus konstan seperti itu. Jika perusahaan tidak berkelit dengan membuka cabang baru, persaingan penjualan produk semakin mengurangi keuntungan.

3. Meminimalkan biaya

Jika produk perusahaan cenderung cepat rusak atau perusahaan memerlukan biaya tinggi untuk pendistribusian produk, maka membuka cabang akan sangat meminimalkan biaya-biaya tersebut.

Seperti yang telah dijelaskan diawal, membuka cabang usaha tidak semudah membalikkan telapak tangan. Maka ada hal hal penting yang perlu dipersiapkan. Diantaranya adalah :

1. Persiapan Modal

Dalam persiapan modal, perusahaan sebaiknya menyiapkan anggaran sebesar 120%. Mengapa ? Asumsinya, 20% dari modal tersebut merupakan dana cadangan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dana tersebut harus dipersiapkan agar jika terjadi hal tersebut, maka tidak akan mengganggu keuangan perusahaan utama.

Beberapa cara untuk memperoleh modal usaha adalah  dengan menyisihkan keuntungan perusahaan utama, mencari investor baru dan mengajukan pinjaman.

Modal yang didapat disini, tidak hanya diperuntukkan bagi pembangunan cabang baru. Namun juga seluruh aspek usaha yang dijalankan seperti anggaran untuk produksi, promosi dan juga distribusi

2. Lokasi Usaha

Perlu bagi pengusaha untuk menghitung berbagai hal seperti lokasi yang dekat dengan target pemasaran, lokasi yang dekat dengan ketersediaan bahan baku dan lokasi dengan akses transportasi yang memadai.

Hal tersebut memang seharusnya diperhatikan sejak awal agar tidak merugikan cabang usaha baru dan perusahaan utama dikemudian hari.

3. Sumber Daya Manusia

Memilih sumber daya manusia yang tepat tentunya akan membawa dampak besar bagi cabang usaha terutama dalam memilih pimpinan cabang. Pastikan pemimpin adalah orang yang berkompeten dan dapat Anda percaya.

Kemudian pilihlah karyawan yang berdedikasi tinggi terhadap kesuksesan cabang usaha agar semakin berkembang. Jika bisa, sesuaikan kriteria karyawan cabang sama dengan kriteria karyawan perusahaan pusat untuk menjaga kualitas produk.

4. Standar Operasional Prosedur

SOP dibuat agar karyawan bisa melakukan pekerjaannya sesuai dengan standar mutu dan kualitas perusahaan. Dengan prosedur yang jelas, diharapkan perusahaan bisa konsisten dengan produk yang dihasilkan.

Keunggulan cabang usaha yang memiliki SOP diantaranya adalah lebih rapi dalam segala hal baik administrasi maupun proses, lebih efisien dan terlihat lebih kompetitif dibandingkan dengan perusahaan cabang lainnya.

Tidak kalah penting dalam segala uraian di atas adalah optimisme dan perencanaan yang matang. Karena tanpa optimisme dan rencana yang jelas, mendirikan cabang usaha tentunya akan terasa sangat sulit. Pastikan selalu optimis dalam melebarkan sayap usaha Anda.

Baca Juga :

Itulah tadi uraian lengkap mengenai cara membuka cabang usaha untuk meningkatkan penjualan. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.