Manfaat Rendaman Air Lemon Hangat di Pagi Hari!

Manfaat Rendaman Air Lemon Hangat di Pagi Hari

Minum rendaman atau perasan air lemon hangat di pagi hari telah menjadi kebiasaan baru bagi masyarakat untuk menerapkan hidup sehat. Minuman segar yang satu ini menjadi pengganti kopi dan teh yang dulu menjadi menu wajib di pagi hari.

Namun, tak sedikit pula yang tetap melanjutkan kebiasaan pagi minum secangkir kopi atau teh hangat. Kebiasaan ini juga disesuaikan dengan selera setiap orang masing-masing.

Umumnya, air lemon dipilih karena alasan lebih sehat sebagai minuman pagi hari daripada kopi atau teh. Air lemon itu sendiri akan membantu mencegah dehidrasi sehingga Anda bisa segar seharian penuh.

Selain itu, dengan minum segelas air lemon, Anda juga dapat terhindar dari berbagai macam penyakit karena lemon memiliki kandungan antioksidan. 

Manfaat Minum Rendaman Air Lemon Hangat

Minum rendaman air lemon hangat di pagi hari merupakan kebiasaan yang sehat, namun harus dari perasan/rendaman lemon asli. Sangat tidak disarankan meminum dari air lemon kemasan ataupun ekstrak lemon karena kandungannya berbeda.

Membuat air lemon sendiri tidaklah sulit, Anda hanya perlu mencampurkan air hangat dengan perasan lemon.

Selain itu, bisa juga direndam ke dalam air hangat dan diberi bahan-bahan alami lainnya seperti jahe, madu, mint dan lainnya. Dengan rutin meminum air lemon, tubuh Anda pun akan berangsur sehat dan lebih bugar.

Selain itu, banyak manfaat rendaman air lemon lainnya seperti di bawah ini, antara lain :

1. Mampu mengatasi dehidrasi

Selain mencukupi kebutuhan air putih dalam sehari, menambahkan menu air lemon ke dalam rutinitas Anda juga sangat bermanfaat. Manfaat yang akan didapatkan yaitu terhindar dari kemungkinan dehidrasi karena kekurangan cairan tubuh.

Dengan begitu, Anda akan lebih segar memulai hari dan mendapatkan lebih banyak vitamin untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

2. Membantu mengatasi masalah bau mulut

Siapa sangka, dengan meminum air lemon di pagi hari ternyata bisa mengatasi bau mulut yang biasa terjadi saat bangun tidur. Air lemon bekerja dengan merangsang produksi air liur dan meminimalkan masalah bau mulut.

Air lemon juga membantu mencegah mulut kering, karena jika kering bisa menjadi sarang bakteri dan menjadi bau mulut.

3. Membantu meremajakan kulit

Seperti yang diketahui bersama, lemon adalah sebangsa buah jeruk yang memiliki kandungan vitamin C yang banyak. Vitamin C sangat bermanfaat untuk membantu meremajakan kulit menjadi lebih sehat dan terlindungi dari polusi dan paparan sinar matahari.

Selain menutrisi kulit dengan vitamin C dan meningkatkan produksi kolagen, kulit Anda pun akan terlindungi sehingga tidak mudah mengalami kerusakan.

4. Memperlancar sistem pencernaan

Air lemon juga membantu memperlancar sistem pencernaan Anda karena asam pada lemon akan membuat tubuh lebih mudah menguraikan makanan.

Dengan begitu, BAB pun menjadi lebih lancar dan tidak akan terkena gangguan pencernaan. Namun perlu diingat, bagi yang memiliki riwayat gangguan pencernaan, jangan meminum air lemon saat perut kosong karena bisa berakibat fatal.

5. Manfaat rendaman air lemon lainnya yaitu dapat mencegah berbagai macam penyakit kronis

Vitamin C dalam lemon berperan penting sebagai antioksidan yang akan meningkatkan sistem imunitas tubuh sehinga terhindar dari segala penyakit.

Beberapa penyakit yang bisa timbul akibat radikal bebas yaitu penyakit jantung, stroke, batu ginjal dan tekanan darah tinggi.

Baca Juga :

Itulah beberapa manfaat dari kebiasaan sehat meminum rendaman air lemon hangat di pagi hari. Meski begitu, air lemon juga memiliki dampak negatif seperti mengikis enamel gigi dan perut mulas bagi sebagian orang. Oleh sebab itu, jangan terlalu berlebihan meminum air lemon dan jangan lupa sikat gigi setelah meminumnya. Semoga bermanfaat




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.