Fakta Tentang Buah Pir, Manfaat Serta Efek Sampingnya

Fakta Tentang Buah Pir, Manfaat Serta Efek Sampingnya

Apakah Anda penggemar buah pir dan sering mengonsumsi buah yang memiliki kandungan air cukup banyak tersebut? Kalau iya, Anda beruntung karena banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan rajin mengonsumsi buah berdaging putih dan renyah itu.

Kandungan air yang cukup tinggi pada buah pir memang membuatnya sangat segar dimakan saat hari yang panas. Banyak juga orang rajin makan buah pir dalam rangka untuk mengurangi berat badannya atau diet.

  • Apakah tindakan tersebut sudah benar?
  • Apakah memang buah pir bisa membantu Anda untuk mempertahankan berat badan yang ideal?
  • Apakah buah pir bagus untuk menjaga kesehatan tubuh terutama di saat musim virus seperti saat ini?

Semua pertanyaan yang menyangkut manfaat dari buah pir seperti yang ada di atas memang sering ada di pikiran banyak orang. Untuk mengetahui jawabannya, silahkan ikuti penjelasan berikut ini :

Fakta Manfaat Buah Pir untuk Tubuh

1. Mengontrol kadar gula darah

Diabetes atau penyakit gula menjadi salah satu mesin pembunuh terbesar saat ini, terutama di negara seperti Indonesia. Orang Indonesian sering makan dengan menu double karbohidrat seperti nasi lauk mie dan masih ditambah minuman manis.

Akibatnya, kadar gula darah akan terus naik dan menjadi penyakit diabetes tipe 2 yang cukup mematikan.

Untuk mengantisipasinya, Anda bisa menggunakan pir dan memasukkannya ke dalam menu makanan. Buah pir akan membantu mengontrol gula darah sehingga bisa terhindar dari diabetes.

Buah pir mempunyai indeks gliserin rendah sehingga gula darah bisa dikendalikan.

2. Tinggi kandungan antioksidan pencegah kanker

Pastinya Anda sudah sangat mengetahui apa yang dimaksud dengan antioksidan dan apa manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Buah pir mengandung glutathione, zat antioksidan untuk mencegah kanker.

Selain akan membantu tubuh mencegah datangnya sel kanker, antioksidan tersebut juga sangat bagus untuk mencegah stroke dan darah tinggi.

Penelitian yang dilakukan oleh National Cancer Institute didapatkan fakta bahwa, makan pir setiap hari, tubuh akan terhindar dari peradangan. Selain itu, kadar pH tubuh akan tetap seimbang dan mencegah munculnya sel kanker.

Makan pir juga akan mengurangi kadar lipid yang ada di dalam darah sehingga memperkecil risiko serangan jantung.

3. Membantu menyembuhkan luka

Jika ada bagian tubuh yang terluka dan tidak kunjung sembuh, cobalah makan buah pir secara rutin. Mengapa demikian? Karena asam askorbat di dalam buah pir akan mempercepat tumbuhnya jaringan tubuh yang baru sehingga bisa mempercepat sembuhnya luka.

Dengan begitu, organ dan struktur sel yang ada di dalam tubuh bisa lebih cepat pulih.

Di samping itu, asam askorbat juga akan mempercepat perbaikan pada pembuluh darah yang rusak karena terluka. Hal ini tentunya akan sangat baik bagi tubuh dalam penyembuhan dan memulihkan luka.

4. Sumber serat dan vitamin C

Tubuh membutuhkan serat agar bisa tetap sehat dan terhindar dari penyakit yang berbahaya. Kurangnya serat dalam tubuh akan memicu timbulnya penyakit yang disebabkan oleh tingginya kolesterol dan kadar gula dalam darah.

Contoh penyakit berbahaya karena tubuh kekurangan serat misalnya diabetes dan jantung.

Buah pir mengandung serat hingga 5% yang sangat dibutuhkan tubuh untuk memenuhi kebutuhannya setiap hari. Serat pektin di dalam buah pir bisa larut dalam air dan sangat bagus untuk mengontrol kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Baca Juga :

Buah pir juga merupakan sumber vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan asam askorbatnya mencapai 12% dari kebutuhan harian. Vitamin C merupakan sumber antioksidan yang sangat baik untuk tubuh dan juga kulit.

Itulah beberapa manfaat buah pir dan fakta tentangnya. Jadi Anda tidak khawatir lagi tentang bahaya yang bisa timbul akibat mengonsumsi buah ini.




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.