Cara Membesarkan Bisnis Tanpa Iklan, Apakah Mungkin?

0
102
Bisnis tanpa iklan

Bisnis Tanpa Iklan – Bagi pengusaha pemula, tantangan terberat yang seringkali dihadapi saat memulai usaha adalah kebutuhan modal yang terbilang besar. Untuk itu, tidak heran bila banyak orang ragu memulai usaha dan lebih suka menjadi pegawai, karena takut mengambil resiko.

Namun tentunya tidak semua orang demikian. Bagi mereka yang memang mempunyai jiwa wirausaha, tetap akan mencoba maju dan membuat terobosan dengan sumber daya yang ada.

Perlu diketahui, salah satu komponen yang butuh modal besar dalam suatu usaha adalah iklan. Iklan membutuhkan anggaran untuk pengadaan alat peraga, desain, cetak banner dan lainnya. Lantas, kira-kira apakah bisa meraih sukses berbisnis tanpa beriklan?

Tips Membesarkan Bisnis tanpa Iklan

Membesarkan bisnis tanpa iklan sebenarnya bukan hal mustahil. Namun tentunya perlu tips dan trik yang tepat untuk melakukannya. Nah, berikut beberapa diantaranya:

1. Fokuskan produk Anda untuk menjawab masalah

Saat memulai suatu bisnis, setidaknya harus bisa menjawab persoalan apa yang bisa diselesaikan dengan usaha Anda tersebut. Rumus jitunya adalah jika usaha Anda mampu menjawab masalah atau persoalan yang ada, maka usaha Anda dapat dipastikan akan mendatangkan untung yang banyak, karena orang membutuhkannya.

Misalnya, melihat dalam radius jarak 500 meter sampai 1 kilometer dari rumah Anda tidak ada rumah makan. Tentu orang-orang sekitar merasa kesulitan untuk membeli makanan.

Mereka harus berjalan cukup jauh membeli makanan untuk dimakan di tempat atau dibungkus. Persoalan ini bisa Anda jawab dengan membuka warung atau rumah makan yang mudah dijangkau oleh orang-orang sekitar.

Dari strategi itu, besar kemungkinan rumah  makan yang Anda miliki akan ramai pembeli karena produk merupakan solusi dari masalah banyak orang.

2. Berikan barang dan layanan terbaik bagi konsumen

Dalam berusaha, Anda tidak boleh setengah-setengah dalam memberikan layanan kepada konsumen. Berikan mereka produk yang terbaik dengan layanan yang terbaik pula.

Saat pelanggan merasa puas dengan produk Anda, di sinilah letak kunci utamanya. Mereka tidak akan segan mempromosikan produk Anda dari mulut-ke-mulut.

Pelanggan akan mereferensikan produk Anda kepada orang lain.

Bentuk promosi mulut-ke-mulut ini tentu akan sangat menguntungkan bagi Anda karena tidak perlu mengeluarkan dana sepersen pun. Anda hanya perlu memberikan layanan terbaik bagi konsumen, selanjutnya mereka lah yang secara tidak langsung menjadi agen promosi Anda.

Jangan abaikan kepuasan pelanggan. Berikan yang terbaik untuk mereka.

3. Perhatikan saran dan kritik dari pelanggan dan calon pelanggan

Salah satu yang menentukan keberlajutan usaha Anda adalah pelanggan Anda sendiri. Biasanya, pengusaha  pemula akan merasa down saat menerima kritik dari pelanggannya.

Sikap seperti itu harus diubah menjadi lebih baik dengan menganggap bahwa kritik dari pelanggan adalah bukti cinta mereka kepada produk Anda. Jadikan kritik dan saran mereka sebagai pemacu untuk semakin memperbaiki kualitas produk dan layanan yang diberikan.

Dari masukan-masukan itu, Anda bisa mendapat banyak ide baru untuk menciptakan produk-produk baru sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Dijamin, usaha Anda akan terus berkembang selama menjawab kebutuhan para pelanggan.

4. Perluas jaringan distribusi

Dengan jaringan distribusi yang baik, pelanggan tidak akan kesulitan untuk menjangkau produk Anda. Prinsip utamanya adalah jangan sampai pelanggan mengeluhkan produk Anda susah didapatkan.

Bangun jaringan distribusi yang masif dan kuat. Jika Anda tidak memiliki banyak modal untuk membuka gerai, gunakanlah konsep agen atau dropshipping. Percayakan produk Anda untuk dijual oleh agen dengan sistem bagi untung.

Tidak perlu keluar banyak uang untuk membuka outlet.

5. Ikutilah tren yang sedang berkembang

Perkembangan tren sangatlah dinamis. Pergeserannya bisa hanya dalam hitungan hari. Produk-produk yang bertahan di pasaran adalah produk yang mampu menyesuaikan tren yang ada.

Tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk beriklan. Selama produk Anda mengikuti tren yang ada, maka produk Anda akan selalu dicari konsumen. Untuk mengetahui perkembangan tren apa yang terjadi, Anda perlu membuka sebanyak-banyaknya kanal informasi.

Sering-seringlah berinteraksi dengan banyak orang, baca banyak literatur dan ikuti perkembangan di media sosial.

Membesarkan bisnis tanpa iklan memang sekilas terdengar tidak mungkin. Tetapi, dengan cara-cara yang tepat, hal tersebut sangatlah mungkin. Ikuti beberapa tips di atas agar produk dan usaha Anda makin berkembang meskipun tanpa iklan.

Baca Juga :

Sudah ada gambaran mengenai cara membesarkan bisnis tanpa iklan? Tentunya, cara-cara diatas juga efektif dalam menghemat pengeluaran Anda dan memecah mindset bahwa usaha harus membutuhkan modal besar. Semoga bermanfaat dan jangan ragu untuk mencoba!




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.