Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Boros

2
44
Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Boros

Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga – Dalam urusan rumah tangga, keuangan merupakan hal yang sangat sensitif. Bahkan kebanyakan orang menyatakan, jika kondisi finansial suatu keluarga baik, maka kehidupan rumah tangganya juga baik.

Oleh sebab itu, untuk menjaga kondisi finansial rumah tangga tetap stabil, Anda perlu melakukan penghematan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghemat pengeluaran rumah tangga. Beberapa diantaranya akan kami jelaskan di bawah ini. Silahkan di simak baik-baik.

Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Lebih Hemat

1. Menghemat listrik

Tak bisa dipungkiri, pengeluaran listrik merupakan pengeluaran yang cukup besar dalam sebuah rumah tangga. Banyaknya perabotan yang membutuhkan listrik dan semakin meningkatnya harga tarif listrik, membuat biaya yang harus dikeluarkan per bulannya semakin besar.

Jika ingin menghemat pengeluaran, Anda juga harus menghemat pemakaian listrik. Bagaimana caranya? Pertama, Anda harus benar-benar disiplin dalam pemakaian barang-barang elektronik. Gunakan hanya saat dibutuhkan. Hindari pemborosan seperti menonton televisi hingga larut malam.

Kedua, Anda dapat menggunakan barang elektronik yang hemat energi. Sekarang, sudah banyak produk elektronik di pasaran menawarkan penggunaan energi yang rendah. Anda harus cermat dalam memilihnya.

2. Bergaya hidup sehat

Terkadang banyak orang menilai gaya hidup sehat itu mahal. Karena kesannya, setiap hari harus menyiapkan 4 sehat 5 sempurna. Namun ternyata, gaya hidup sehat dapat meminimalisir pengeluaran.

Ya, orang yang melakoni gaya hidup sehat akan jarang dan sulit terserang penyakit. Hal ini akan mengurangi pengeluaran.

3. Jangan membawa uang terlalu banyak saat belanja

Saat hendak berbelanja, sebelumnya rencanakan dahulu apa saja yang harus dibeli, kalau perlu Anda bisa mencatatnya. Dengan demikian, Anda dapat memperkirakan berapa uang yang harus dibawa. Cukup lebihkan sedikit saja, untuk berjaga-jaga jika harga barang tidak sesuai perkiraan.

Hindari membawa uang terlalu banyak. Membawa uang terlalu banyak dapat mendorong sifat konsumtif, yang ujungnya hanya akan menghabiskan uang Anda.

4. Minimalkan penggunaan transportasi

Di zaman modern ini, hampir semua orang mempunyai kendaraan pribadi. Kendaraan pribadi memang memudahkan kita dalam beraktivitas sehari-hari. Namun, jika Anda ingin menghemat pengeluaran, sebaiknya kurangilah penggunaan kendaraan. 

Sebaiknya Anda berjalan kaki, dalam hal ini untuk jarak yang dekat. Atau, jika Anda mempunyai sepeda kayuh, silahkan dimanfaatkan. Dengan demikian, setidaknya Anda sudah menghemat pengeluaran bensin, parkir dan sebagainya.

5. Jangan terlalu sering hangout

Bagi yang memiliki banyak teman akrab, tentunya tak jarang Anda akan diajak keluar rumah hanya untuk sekedar hangout. Tapi, jika sudah hangout bersama teman, pasti Anda akan mengeluarkan uang. Walaupun sedikit, tetap saja hal ini akan membuang-buang uang jika dilakukan terlalu sering.

Sebaiknya atur frekuensi hangout Anda, agar tidak merusak kondisi finansial keluarga.

6. Belanja di pasar tradisional

Sekarang ini, banyak orang memilih belanja ke supermarket karena termakan gengsi. Padahal, harga barang di supermarket dapat dibilang cukup mahal. Nah, jika ingin menghemat pengeluaran, sebaiknya tahan diri Anda untuk belanja di supermarket.

Cobalah untuk mulai belanja di pasar tradisional. Selain harganya yang jauh dibawah harga supermarket, harga di pasar tradisional juga masih bisa ditawar.

7. Memanfaatkan diskon dan promo

Saat hendak membeli sesuatu, Anda bisa mengecek apakah ada diskon atau promo yang ditawarkan untuk barang tersebut. Jika ada, Anda dapat memanfaatkannya dan tentunya bisa mendapatkan harga lebih miring.

Baca Juga :

Demikian tips mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros. Dengan menerapkan tips-tips di atas, maka dijamin kondisi finansial Anda akan berjalan stabil. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat. Terima kasih




2 KOMENTAR

  1. Terimakasih admin, cara mengelola keuangan ini saya pikir bukan untuk rumah tangga saja namun perlu dimulai sejak masih single agar kita terbiasa dan lebih telaten.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.