Cara Cerdas Membaca Investasi yang Menguntungkan

Cara Cerdas Membaca Investasi yang Menguntungkan

Ada banyak produk investasi yang ditawarkan kepada masyarakat. Namun, tidak jarang orang kurang paham hakikat produk tersebut. Sehingga, menimbulkan kesalahan dalam pemilihan produk yang membuat perencanaan keuangan tidak stabil. Karenanya, diperlukan keahlian dan pemahaman dalam membaca sekaligus memilih produk investasi yang menguntungkan agar keuangan lebih baik dan maksimal.

Anda pasti sudah tahu, bahwa produk investasi memiliki karakteristik dasar. Investor tidak perlu terlibat dan bekerja untuk investasi. Melainkan Investor hanya bertugas untuk menanamkan modalnya saja. Serta, mempertimbangkan prinsip high risk high return yang berarti semakin tinggi resiko yang diambil maka keuntungannya akan semakin besar.

Investasi dalam bentuk tabungan konvensional sifatnya memiliki return yang kecil. Sebab, dengan tabungan Anda hanya perlu menyimpan uangnya. Kemudian menunggu hasil dari jumlah tersebut, di luar itu termasuk investasi dengan jenis bisnis. Sehingga kalau ada yang menawarkan investasi, sementara Anda diminta untuk bekerja atau mencari downline, sebaiknya tidak tergiur dengan hal itu.

Kata Investasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah penanaman modal atau uang dalam suatu perusahan ataupun proyek dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Hal itu menandakan bahwa investasi adalah sesuatu yang diharapkan dapat dijual kembali dengan nilai lebih besar di masa depan.

Oleh karenanya, berikut ini adalah cara cerdas membaca investasi yang menguntungkan. Dapat memberikan Anda hasil maksimal, dengan memilih produk investasi secermat mungkin dan memahami seluk beluk instrumen investasi. Supaya tahu resiko dan laba yang dapat diperoleh demi masa depan lebih cerah.

Cara Cerdas Membaca Jenis Investasi yang Menguntungkan

1. Menentukan jenis investasi

Ada beragam investasi yang bisa Anda pilih sesuai kemampuan dan kebutuhan dengan melihat kelebihan dan kekurangan produk investasi tersebut. Diantaranya seperti: Deposito, properti, reksadana, saham, obligasi dan lain sebagainya. Tentukan produk mana yang lebih cocok bagi Anda, baik di masa sekarang atau masa depan nantinya.

2. Mempelajari produk investasi

Setelah menentukan pilihan produk investasi tertentu, Anda perlu mempelajari seluk beluknya. Bisa melalui e-book, seminar, buku dan semacamnya.

3. Mulailah dari sekarang

Jangan tunggu nanti untuk berinvestasi. Apalagi jika Anda memiliki rencana ingin membangun sebuah rumah atau membeli properti lainnya. Cukup mulai berinvestasi dari sekarang, dan jangan menunggu mapan.

4. Mulai berinvestasi dalam jumlah kecil

Untuk memulai investasi demi masa depan, cukup berinvestasi dengan jumlah minimal uang yang dapat Anda kendalikan dan terjangkau. Jadi walaupun investasi yang Anda lakukan merugi atau bahkan mengalami kegagalan, Anda tidak akan jatuh miskin

5. Melampaui inflasi

Jangan mengabaikan inflasi pada produk investasi yang dipilih untuk jangka panjang. Bisa jadi investasi Anda mengecil untuk daya belinya. Perlu memperhatikan bahwasanya nilai sebuah investasi bisa naik atau turun. Seperti contoh pada investasi saham atau reksadana.

6. Menerapkan teknik diversifikasi

Yakni membagikan modal yang Anda miliki untuk beberapa aset. Seperti investasi di emas, saham, reksadana. Tujuannya supaya ketika Anda mengalami kegagalan di salah satu aset, Anda masih memiliki aset lain yang dapat menghasilkan laba.

7. Tidak terlalu memonitor

Cara cerdas membaca investasi yang menguntungkan untuk poin yang terakhir adalah dengan tidak memantau perkembangan inflasi setiap waktu. Hal itu dikhawatirkan dapat membuat Anda cemas atau takut. Mengingat tujuan investasi adalah untuk kekayaan jangka panjang, sehingga Anda hanya perlu melihat perkembangan investasi misalnya dalam waktu setiap bulan sekali.

Baca Juga :

Nah, itu adalah cara cerdas yang dapat Anda terapkan untuk memperoleh investasi yang menguntungkan dalam jangka waktu panjang. Agar mendapatkan laba yang diharapkan. Tidak lupa pula untuk terus mempelajari setiap bentuk terkait produk investasi secara berkala dengan belajar dari untung rugi dan sebagainya. Sekian dari kami dan semoga bermanfaat.

No ratings yet.

Nilai kualitas artikel




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.