Petik Nasihat dari Kisah Ciputra, Jadikan Diri Anda Pebisnis Sukses

Petik Nasihat Dari Kisah Ciputra, Jadikan Diri Anda Pebisnis Sukses
Sumber : ciputra way

Tjie Tjin Hoan atau yang sering kali disapa Ciputra, lahir pada tanggal 24 Agustus tahun 1931. Sejak kecil Ciputra telah merasakan perjuangan yang berat. Dimana ia tumbuh tanpa kasih sayang seorang Ayah.

Ayahnya ditangkap oleh pasukan bersenjata tidak dikenal karena dituduh sebagai mata-mata Belanda. Sejak itu, tidak pernah ada lagi kabar tentang Ayahnya. Meskipun beliau kehilangan sang Ayah, ia tidak pernah menyerah. Ia tetap memperjuangkan hidupnya.

Untuk menyambung hidup, ia membantu ibunya untuk berjualan kue dan mengurus sapi peliharaannya.

Ciputra Masuk SD pada Umur 10 Tahun

Karena keadaan ekonomi, Ciputra menjadi anak yang terlambat masuk Sekolah Dasar. Beliau baru masuk SD saat berumur 10 tahun. Meski begitu, beliau tetap semangat bersekolah walaupun harus berjalan kaki sejauh 7 kilometer.

Ketika lulus SD di usia 16 tahun beliau tidak pernah malu ataupun berkecil hati, justru ia tetap semangat untuk melanjutkan sekolahnya di SMP dan SMA. Setelah lulus SMA, ia bertekad untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik dengan memutuskan untuk pindah ke Jawa dan melanjutkan pendidikannya di Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Arsitektur.

Bisnis Pertama Ciputra

Dengan niat, semangat belajarnya yang tinggi, keuletan dan kerja keras, di semester empat ia memberanikan diri untuk membuka bisnisnya yang pertama. Ciputra mengajak temannya untuk mendirikan jasa konsultan arsitektur bangunan yang bernama PT Daya Cipta.

Setelah menyelesaikan pendidikan arsitekturnya di tahun 1960, Ciputra mendapatkan gelar Insinyur. Semenjak itu, Ciputra pindah ke kota Jakarta. Dari sinilah Ciputra memulai bisnisnya. Mengawali kariernya di kota Jakarta, Ciputra bekerja di Jaya Group, perusahaan daerah milik Pemda DKI. Di sana beliau bekerja sebagai Direksi dan Penasihat sampai usia 65 tahun.

Di perusahaan tersebut, Ciputra diberi kesempatan untuk berkreasi dan berinovasi. Ia menggunakan kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya untuk membangun proyek Ancol.

Karier bisnisnya semakin meroket setelah bekerjasama dengan Sudono Salim, Sudwikatmono, Budi Brasali dan Ibrahim Risjad untuk mendirikan Metropolitan Group. Bisnis baru tersebut bergerak di bidang Developer Perumahan Mewah, Pondok Indah dan Kota Mandiri Bumi Serpong Damai.

Ketika itu, Ciputra duduk sebagai Direktur Utama di Jaya Group. Sementara di Metropolitan Group menduduki posisi Presiden Komisaris. Tangan dingin, keuletan, semangat tinggi dan kerja keras membawanya menjadi salah satu Pengusaha properti sukses di Indonesia.

Mendirikan Perusahaan Keluarga

Ciputra mendirikan grup perusahaan keluarga, bernama Ciputra Group. Usaha tidak luput dari pasang surut, begitu pula dengan usaha Ciputra. Ketika terjadi krisis ekonomi di Indonesia, tiga group yang dipimpinnya; Jaya Group, Metropolitan dan Ciputra mengalami masalah serius. Sehingga, bisnis Ciputra Group di bidang keuangan seperti: Bank dan asuransi jiwa terpaksa harus ditutup.

Baca Juga :

Namun ketika pemerintah memberikan kebijakan moneter berupa diskon bunga dari beberapa bank, Ciputra mendapat kesempatan untuk merestrukturisasi utang-utangnya. Dengan begitu, maka ketiga group yang dipimpinan Ciputra itu dapat bangkit kembali. Dan kini group tersebut telah mampu melakukan ekspansi usaha di dalam dan luar negeri.

Demikianlah artikel tentang tips sukses Ciputra. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi serta motivasi untuk Anda semua. Sampai jumpa di inspirasi berikutnya.

5/5 (1)

Nilai kualitas artikel




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.