Beranda BLOGGING Cara Mengaktifkan Pengguna Baru di WordPress yang Gagal Registrasi

Cara Mengaktifkan Pengguna Baru di WordPress yang Gagal Registrasi

Cara Mengaktifkan User Registration di Wordpress

Beberapa hari ini saya sibuk mengotak atik salah satu menu wordpress yaitu bagian menambah pengguna baru atau user registration. Seperti yang kamu ketahui, wordpress didesain untuk multi user sehingga situs wordpress yang kamu kelola dapat menerima penulis.

Setelah mencoba mempraktekkan beberapa tutorial dari teman-teman blogger, ternyata semua tidak berhasil untuk mendaftarkan pengguna baru secara otomatis.

Padahal, data user baru tersebut sudah masuk di wordpress sebagai pengguna. Namun tidak ada tindak lanjut dari pengguna yang dimaksud (tidak mengaktifkan akunnya lewat email yang dikirim ke akun masing-masing calon pengguna).

Pikiran saya, jangan-jangan penyebab gagalnya pendaftaran pengguna baru ini gara-gara theme yang saya gunakan. Setelah berpikir sejenak, kenapa saya tidak mencoba menambahkan pengguna baru secara manual dan masuk menggunakan username dan password yang saya buat sendiri.

Kalau memang karena theme, maka pasti ini tidak akan berhasil. Setelah percobaan tersebut, ternyata bisa aktif dan diakses sesuai dengan tujuannya.

Wah, artinya ini masalah email notifikasi. Karena email notifikasi tidak terkirim pada calon user yang mendaftar tersebut, makanya akun yang dibuatnya itu tidak bisa aktif.

Akhirnya saya mencoba menanyakan pada master-master wordpress di salah satu group FB. Beberapa menyarankan menggunakan plugin SMTP. Saya tidak tahu pasti kegunaan SMTP ini, yang jelas akan memperlancar proses pengiriman email menggunakan email hosting.

Setelah mencoba beberapa plugin, ternyata buntutnya masih gagal. Teruslah saya mencari informasi agar rasa penasaran saya tidak menjadi penyakit. He he, maklumlah namanya blogger. Rasa penasarannya tinggi.

Seiring dengan sayunya mata ini, akhirnya ketemu juga masalahnya. Ternyata konfigurasi plugin SMTP yang saya gunakan masih salah. Pantas saja plugin SMTP tersebut tidak bisa bekerja sesuai dengan yang diharapkan.

Nah, bagi Anda yang sedang mengalami masalah seperti yang saya alami ini. Silahkan dipelajari baik-baik tutorial mengaktifkan user registration di wordpress berikut ini.

Cara Mengaktifkan User Registration di WordPress

1. Masuk di menu pengaturan

Cara Mengaktifkan User Registration di WordPress

Centang pada bagian keanggotaan “setiap orang dapat mendaftar“. Selanjutnya ubah peran standar dari pengguna baru. Misal, default nya menjadi kontributor. Akhiri dengan “simpan perubahan“.

2. Menampilkan link daftar/login di menu.

Masuk di theme panel dan fokus pada bagian pengaturan header. Kemudian mengaktifkan “Show Sign in/Join“. Saya tidak tahu apakah theme lain sama prosesnya atau tidak.

Cara Mengaktifkan User Registration di WordPress

Jangan lupa, sebelum meninggalkan halaman, klik “Save Setting” ya! Sebelumnya saya sudah merubah tulisan “sign in/login” menjadi “Menulis Artikel“. Berikut kenampakannya.

Cara Mengaktifkan User Registration di WordPress

Cara Mengaktifkan User Registration di WordPress

Mengaktifkan Pengguna Baru yang Gagal Registrasi Menggunakan Plugin SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)

1. Download plugin SMTP

Plugin yang saya gunakan adalah Easy WP SMTP. Download langsung di menu “Tambah Plugin” di wordpress kamu.

Easy WP SMTP

2. Setting plugin Easy WP SMTP

Masuk ke Pengaturan dan klik “Easy WP SMTP

Plugin SMTP untuk Mengatasi Kegagalan Registrasi Pengguna Baru

3. Isi form

Cara Setting Plugin Easy WP SMTP

From Email Address : Isi dengan alamat email yang sama dengan SMTP. Tidak disarankan menggunakan email eksternal, karena beberapa hosting tidak membolehkan penggunaan email eksternal.

Jika Anda belum membuat email yang dimaksud, silahkan buat terlebih dahulu dengan masuk ke cPanel Hosting Anda. Masuk di “Email Accounts” dan buat sebuah email. Seperti yang saya gunakan dengan alamat email admin@anakdagang.com

Alamat mail hosting untuk SMTP

From Name : Tulis nama pengguna seperti “Admin”

Reply-To Email Address : Ini optional. Kamu bisa mengisi alamat email yang tujuannya khusus untuk membalas email masuk.

SMTP Host : Isi dengan Outgoing Server kamu (nama domain). Kamu bisa menemukan informasi SMTP Host dan SMTP Port di mail accounts. Email Accounts >> Manage >> Connect Devices

SMTP Host dalam konfigurasi ini adalah anakdagang.com

Setting Plugin SMTP untuk registrasi

Setting Plugin SMTP untuk User Registration WP

Setting Plugin SMTP untuk Pengguna Baru WP

Type of Encryption : Centang pada bagian SSL/TLS

SMTP Port : Saya masukkan 465 sesuai gambar di atas.

SMTP Authentication : Pilih Yes

SMTP Username : Gunakan username sesuai data login ke email server kamu.

SMTP Password : Gunakan password sesuai data login ke email server kamu. Dan tekan Save Changes untuk menyimpan perubahan.

4. Test Email

Setelah selesai melakukan setting, kamu bisa langsung mengecek apakah settingan yang telah dilakukan berhasil atau tidak. Silahkan klik Test Email, isi form sesuai keinginan kamu dan klik Send test Email. Kamu akan melihat notifikasi sukses jika berhasil.

Cara Mengaktifkan Pengguna Baru di WordPress yang Gagal Registrasi

Cara Mengaktifkan Pengguna Baru di WordPress yang Gagal Registrasi

Baca Juga :

5. Tets Daftar Pengguna Baru Melalui Form Login

Silahkan melakukan pendaftaran melalui form “sign in/login“. Apakah Notifikasi berhasil terkirim ke email calon pengguna baru. Sekian panduan singkat Cara Mengaktifkan Pengguna Baru di WordPress yang Gagal Registrasi, semoga sukses.

No ratings yet.

Nilai kualitas artikel

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.