Kisah Inspiratif Pengusaha Bukalapak, Achmad Zaky
Sumber : Bukalapak

Achmad Zaky lahir tanggal 24 Agustus 1986 di kota Sragen, Indonesia. Beliau adalah salah satu lulusan Teknik Informatika dari Institut Teknologi Bandung pada tahun 2004. Saat ini Ia berprofesi sebagai Pengusaha, Founder sekaligus CEO Bukalapak.

Achmad Zaky mengenal teknologi dimulai sejak di bangku sekolah dasar. Berawal pada tahun 1997, Achmad Zaky mendapat sebuah komputer dan buku pemrograman komputer dari salah seorang pamannya. Tidak disangka Achmad Zaky memiliki minat atau passion pada dunia komputer.

Achmad Zaky Menjuarai Beberapa Kompetisi

Ketertarikannya dengan dunia informatika, ternyata berlanjut hingga bangku SMA.  Achmad Zaky memenangkan ajang olimpiade sains nasional (OSN) bidang komputer mewakili SMA Negeri 1 Solo. Pada tahun 2004, Zaky melanjutkan sekolahnya di jurusan Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung.

Selama kuliah, Zaky sering menjuarai kompetisi teknologi informatika tingkat nasional. Achmad Zaky mendapat juara II dari kejuaraan Indosat Wireless Innovation Contest tahun 2007. Ia membuat software (perangkat lunak) Mobi Surveyor yang digunakan untuk menghitung cepat survei pemilihan umum.

Achmad  Zaky juga mendapatkan Merit Award pada kompetisi INAICTA (Indonesia ICT Awards) pada tahun 2008. Di awal kariernya (pada saat kuliah), Zaky sempat membuka usaha kuliner mi ayam, namun akhirnya bangkrut.

Waktu itu, Zaky bersama dengan teman-temannya sedang tergila-gila dengan entrepreneurship. Pas ngumpul dengan teman-teman, tiba-tiba kepikiran dan pengen bikin warung mie. Uang Zaky dari lomba habis semua kepakai buat warung mie namun bangkrut.

Takut dan trauma ada di benaknya, tapi hidup seperti sekolah. Mahal sekali biayanya, Zaky yakin ada pelajaran berharga di balik itu semua.

Prestasinya yang gemilang, mengantarkan Achmad Zaky meraih beasiswa studi ke Oregon State University dari pemerintah Amerika Serikat. Pendidikan tersebut berlangsung selama dua bulan pada tahun 2008.

Cikal Bakal Berdirinya Bukalapak

Setelah lulus dari ITB, Achmad Zaky mendirikan perusahaan jasa konsultasi teknologi Suitmedia. Zaky membuat sebuah website yang menjadi sebuah proyek internal perusahaan. Proyek tersebut yang menjadi awal mula kesuksesan Achmad Zaky dalam mendirikan Bukalapak.

Bukalapak merupakan perusahaan E-Commerce Indonesia berbasis marketplace C2C. Berdiri tahun 2010 dengan visi untuk mengubah hidup banyak orang dengan memajukan UMKM lewat internet. Fase pengembangan Bukalapak dapat diselesaikan dalam waktu dua bulan.

Setelah selesai tahap pengembangan, Achmad Zaky mengajak para pedagang di mall untuk bergabung namun responnya rendah. Respon positif justru datang dari para pedagang kecil. Sejak itu, Achmad Zaky dan tim Bukalapak fokus mengajak para pelaku UMKM.

Pada tahun 2011, Bukalapak telah memiliki 10.000 pedagang yang bergabung dan jumlah tersebut terus bertambah hingga kini. Pada awalnya Bukalapak lahir dari kantong pribadi para pendirinya.

Seiring berjalannya waktu dan pertumbuhan bisnis yang sangat pesat, terdapat beberapa Investor yang menanamkan saham di Bukalapak. Investor tersebut diantaranya seperti Batavia Incubator, 500 Startups, IMJ Investment, dan EMTEK Group (Elang Mahkota Teknologi Tbk).

Achmad Zaky pun pernah mendapat Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden Joko Widodo di Jambi, pada 21 Juli 2016. Usahanya berdampak besar dalam memajukan perekonomian pelaku UKM melalui online marketplace, sehingga berdampak positif terhadap masyarakat (High impact).

Baca Juga :

Banyak hal yang dapat dipelajari dari kisah inspiratif sukses Achmad Zaky pendiri Bukalapak. Tidak minder dan ragu, berani memulai, membuat bisnis yang membantu menyelesaikan permasalahan orang banyak. Bekerja sesuai dengan minat atau passion adalah tips sukses Achmad Zaky.

Apakah Anda tertarik membangun sebuah bisnis? Jika ia, maka Anda hanya perlu mengerjakan apa yang Anda senangi (Do what you love) dan senangilah apa yang Anda kerjakan (Love what you do).

No ratings yet.

Nilai kualitas artikel




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.