Jangan Pernah Melihat Adanya Rintangan atau Hambatan Dalam Bisnis, Patrick Walujo
Sumber : DailySocial TV

Patrick S. Walujo,  berusia 35 tahun adalah pendiri dan direktur di Northstar Equity Partners (Northstar), sebuah fund yang menjadi mitra bagi para investor asing yang berminat menanamkan modalnya di Indonesia.

Salah satu investasinya yang paling sukses mungkin Bank BTPN (BTPN). Mr. Patrick Walujo adalah lulusan Cornell University, New York, jurusan teknik industri.

Kariernya diawali di bidang investasi dengan bekerja sebagai investment banker associate di Goldman Sachs, salah satu bank investasi terbesar di AS. Kemudian Dia pindah ke Pacific Century Group (PCG) di Tokyo, sebagai manager merger and acquisition.

Disela-sela pekerjaannya, di tahun 2003 Dia mendirikan fund dengan nama Northstar, dengan fokus investasi pada perusahaan-perusahaan di kampung halamannya: Indonesia.

Menurutnya, Indonesia memiliki potensi dalam jangka panjang mengingat Indonesia adalah negara besar dengan sumber daya alam yang melimpah dan jumlah penduduk yang besar. Sehingga terdapat peluang investasi yang menjanjikan keuntungan besar di sana.

Diawal usahanya, Northstar lebih banyak menjadi penasihat investasi daripada mengelola dana. Barulah pada tahun 2006, Northstar memperoleh kepercayaan dari fund besar asal AS, TPG, untuk mengelola sejumlah dana yang ingin diinvestasikan.

Kemudian perusahaan yang menjadi target untuk diakuisisi adalah Sumber Alfaria Trijaya (AMRT), pemilik jaringan minimarket Alfamart. Mr. Patrick memilih Alfamart karena melihat bahwa jaringan minimarket ini berpotensi untuk terus tumbuh seiring dengan meningkatnya konsumsi di Indonesia.

Pilihannya tidak keliru. AMRT kemudian sukses berkembang sebagai salah satu jaringan minimarket terbesar di Indonesia. Setelah itu, dua tahun investasi pertamanya di AMRT, Northstar mengakuisisi BTPN untuk masuk ke industri finansial.

Dia memilih BTPN karena melihat bahwa melalui BTPN ini, Dia bisa mengerjakan empat bisnis keuangan sekaligus: Bisnis perbankan umum, Bisnis pembiayaan pensiunan dan bisnis pembiayaan segmen usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) termasuk juga bisnis syariah.

Selain BTPN, Northstar juga menempatkan investasi pada beberapa perusahaan lainnya, baik secara langsung maupun melalui anak usahanya. Baik dalam bentuk penyertaan ataupun menjadi pemegang saham pengendali.

6 Kunci Sukses Patrick Walujo

Lalu apa yang menyebabkan Mr. Patrick Walujo begitu sukses dengan Northstar-nya? Tentunya ada banyak hal, tapi mari coba kita telaah satu per satu.

Pertama, menurut Mr. Patrick, terdapat tiga hal yang menjadi kunci kesuksesannya di Northstar, yaitu kepercayaan, kepercayaan dan sekali lagi, kepercayaan! Jika ingin sukses, maka tidak bisa tidak, Anda harus menjaga kepercayaan para klien dan mitra bisnis.

Kedua, Mr. Patrick berinvestasi dengan cara konservatif, termasuk dengan menghindari pengambilan utang dengan struktur yang rumit dan ini disukai investor. Mr. Patrick juga selalu mengincar keuntungan dalam jangka panjang.

Ketiga, Mr. Patrick selalu fokus pada pekerjaannya. Satu-satunya perusahaannya dan itu menghasilkan kinerja yang mumpuni.

Keempat, Mr. Patrick memiliki role model yang memotivasinya untuk sukses.

Kelima, Sehebat apapun dirinya, Mr. Patrick tetap tidak bisa bekerja sendirian. Salah satu kunci suksesnya adalah kemampuannya dalam memotivasi dan menjalin hubungan akrab dengan para rekan kerjanya, sehingga mereka mampu bekerja dengan baik dan saling mendukung.

Terakhir , Dia tidak pernah mau melihat adanya rintangan atau hambatan dalam bisnisnya.Yang ada hanyalah tantangan untuk diatasi.

Baca Juga :

Satu hal yang menarik untuk dicermati dari kata-kata Mr. Patrick Walujo adalah Indonesia masih memiliki peluang investasi. Indonesia merupakan negara terbesar ketiga di Asia. Dan juga berstatus sebagai emerging market, sehingga memiliki potensi yang besar untuk menjadi sama majunya seperti negara lain.

Sekarang tinggal bagaimana kita bisa memanfaatkannya dan ikut serta di dalamnya. Yang namanya hambatan, atau sebut saja tantangan, itu akan selalu ada dalam berbagai macam bentuknya. Namun itu adalah tugas kita sendiri untuk mengatasinya.

No ratings yet.

Nilai kualitas artikel




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda