Beranda MOTIVASI & INSPIRASI Kisah Sukses Aburizal Bakrie, Pengusaha Terkaya di Indonesia

Kisah Sukses Aburizal Bakrie, Pengusaha Terkaya di Indonesia

Kisah Sukses Aburizal Bakrie, Pengusaha Terkaya di Indonesia
Sumber : Aburizal Bakrie

Semua orang mengenal tokoh Aburizal Bakrie, sebagai salah satu Politikus sekaligus Pengusaha Media yang berpengaruh. Aburizal Bakrie juga sempat menjadi Calon Presiden pada pemilu tahun 2004 silam. Sebelumnya, laki-laki kelahiran Jakarta 15 November 1946 ini juga pernah dua kali menjabat sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) pada periode 1994-1999 dan 1999-2004.

Selain itu, perjalanan politiknya telah mengantarnya menjadi Menko Perekonomian dan selanjutnya menjabat Menko Kesra pada periode 2004-2009. Pada tahun 2007, majalah Forbes Asia menobatkan Aburizal Bakrie sebagai orang terkaya se-Indonesia bahkan se-Asia Tenggara.

Hal ini tentunya mengejutkan sekaligus membanggakan, karena gelar orang terkaya ini baru pertama kalinya diperoleh orang pribumi. Selama ini gelar orang terkaya sering didapatkan oleh para taipan atau non pribumi.

Perusahaan Milik Aburizal Bakrie

Laki-laki yang kerap disapa Ical ini memiliki beragam usaha atau bisnis. Mulai dari pertambangan batubara, perkebunan, minyak, properti, telekomunikasi, sampai media massa (TV One). Ical kemudian memimpin Bakrie Grup, sebuah kelompok bisnis yang telah dirintis oleh mendiang Ayahnya.

Bisnis milik Ayah Ical ini berawal dari perdagangan rempah-rempah dan hasil perkebunan, khususnya dari Provinsi Lampung. Dengan kepiawaiannya mengelola asset termasuk mengelola modal yang berasal dari pinjaman, Ical kemudian membangun usaha hingga menggurita.

Tidak hanya sebatas perdagangan rempah dan perkebunan. Ical mulai merambah bisnis property, saham, telekomunikasi dan lain-lain. Beberapa perusahaan milik Ical diantaranya adalah PT Bakrieland Development (Bidang property), PT Energi Mega Persada, PT Bakrie Sumatra Plantations (Bidang perkebunan), PT Bakrie & Brothers dan PT Bakrie Telecom (Bidang komunikasi). Perusahaan operator seluler Esia, juga salah satu bidang yang dimiliki oleh Ical.

Aburizal Bakrie Dililit Hutang

Setiap pengusaha memiliki ceritanya sendiri selama membangun usahanya. Suka duka dalam menjalankan perusahaan menjadi kisah menarik tersendiri dan menjadi inspirasi bagi khalayak umum. Sebagai pengusaha nasional yang pernah tercatat sebagai orang paling kaya di Indonesia tersebut, Ical juga mengalami jatuh bangun dalam mengelola bisnisnya.

Pada 1998  saat terjadi krisis ekonomi baik di Indonesia maupun di dunia, Ical mengalami kerugian yang sangat besar. Ical bahkan dililit hutang triliunan rupiah. Padahal, asset yang dimilikinya hanya bernilai miliaran rupiah saja. Tidak hanya itu, Ical juga mendapatkan masalah dengan perbankan yang tidak lagi mempercayainya. Namun 10 tahun kemudian, pada tahun 2007-2008 Ical dapat kembali bangkit membangun kembali kerajaan bisnisnya.

Akhirnya, Ical mendapatkan penghargaan dari majalah Forbes dan Globe Asia. Penghargaan tersebut didapat karena keluar dari krisis yang melanda dan perusahaan juga berhasil membukukan kekayaan yang luar biasa.

Majalah Globe Asia juga mencatat kekayaan Ical saat itu mencapai 9,2 miliar dollar AS atau setara dengan 84,6 triliun. Meski saat ini salah satu perusahaan Ical, PT Lapindo Brantas mengenai semburan lumpur di Sidoarjo masih memiliki masalah. Namun tetap tangguh dan bisnis yang dijalankan seolah tidak terpengaruh dengan insiden tersebut.

Tips Sukses Pengusaha Aburizal Bakrie

Tips suksesnya adalah tidak pernah menyerah, never stop learning, menjadi yang terbaik, entrepreneurship, networking dan meyakini bantuan Allah. Kunci suksenya adalah kepandaiannya dalam mengelola manageman. Ical bahkan tidak segan-segan merekrut tenaga professional dari dalam maupun luar negeri, untuk berada dalam top manageman perusahaan miliknya.

Menurut ahli ekonomi Drajad Wibowo, Ical mampu menggabungkan tiga hal penting dalam pengelolaan bisnis yaitu keberuntungan, kepiawaian membaca pasar dan sukses menjalin kedekatan dengan lingkaran kekuasaan.

Baca Juga :

Demikianlah kisah pengusaha sukses Aburizal Bakrie dalam suka dukanya membangun bisnis. Semoga tips sukses beliau dapat memberikan inspirasi dan semangat untuk Anda yang sedang atau akan membangun bisnis.

5/5 (1)

Nilai kualitas artikel

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.