Di Balik Kesuksesan Bisnis Sukanto Tanoto, The King of paper Yang Inspiratif
Sumber : Inside RGE

Sukanto Tanoto, seorang yang inspiratif dan dapat Anda jadikan sorotan dalam berbagai aspek kehidupannya. Baik sebagai wirausahawan, filantropis, pelayan sosial dan lingkungan.

Lahir di Belawan, Sumatera Utara, 25 Desember 1949 yang merupakan Pendiri dan Ketua Royal Golden Eagle (RGE). Sekelompok perusahaan kelas dunia yang berfokus pada industri manufaktur berbasis sumber daya.

Ia menerima pendidikan dasar di Belawan tahun 1960, kemudian SMP pada 1963. Pada usia 12 tahun, Tanoto sudah suka membaca apa pun, termasuk buku tentang orang Amerika, Revolusi dan Perang Dunia.

Tanoto yang bernama asli Tan Kang Hoo merupakan Pengusaha atau konglomerat sukses. Pada tahun 2006, oleh majalah Forbes dinobatkan sebagai orang terkaya di Indonesia.

Ia memimpin perusahaan bernama PT Raja Garuda Mas yang berbasis di Singapura dan bisnisnya di berbagai sektor. Terutama bidang kertas dan minyak sawit. Sehingga, Tanoto dijuluki The King of paper dan kelapa sawit.

Dia pun menjadi salah satu Pengusaha sukses yang berinvestasi lebih dari sepuluh Negara di dunia.

Bisnis Sukanto lainnya adalah Bank. Saat itu 1986-1987, United City Bank sedang mengalami kesulitan finansial, ia pun mengambil alih mayoritas saham. Sehingga, berganti nama baru yaitu Unibank.

Ia melanjutkan bisnis properti di Medan, dengan membangun Union Plaza dan Thamrin Plaza. Tidak hanya di Indonesia, ia berekspansi ke luar Negeri dengan ikut memiliki perkebunan kelapa sawit. Iklan National Development Corporation Guthrie di Mindanao, Filipina dan elektro magnetik di Singapura. Serta pabrik kertas di Cina yang sekarang dijual untuk memperbesar PT Riau Pulp.

Namun sejak 1997, Sukanto memilih tinggal di Singapura bersama keluarganya dan mengambil kantor pusat disana. Ingin menjadi wirausaha Indonesia yang bersaing di kancah global minimal di Asia, itulah tujuannya.

Bagaimana Perjalanan Pengusaha Sukses Sukanto Tanoto?

Baginya Sukanto Tanoto, bisnis perlu mengembangkan sumber daya yang ada, responsif terhadap suatu hal, konsisten dan bertanggung jawab untuk kehidupan yang lebih baik.

Prinsip-prinsip dan nilai-nilai yang ia hargai kuat termasuk “Perbaikan Berkesinambungan”. Yang harus terus berinovasi dan berimprovisasi dalam mengembangkan produktivitas.

Waktu lebih cepat, kualitas lebih tinggi dengan biaya lebih rendah. Ada beberapa hal lain yang dia pegang, juga “Hand on / down to earh” dimana sikap adalah tindakan nyata.

Ia tidak menghabiskan waktu dengan sia-sia, terus melakukan dan selalu mendengarkan serta ikut terlibat di dalamnya. Integritas, yang menjunjung tinggi nilai kejujuran dan akuntabilitas. Kerja tim, bergerak maju bersama menuju goal.

Hingga saat ini PT. Raya Garuda Mas International memiliki izin dan berkantor pusat di Singapura. Dia menggambarkan bahwa bisnis harus dijalankan berkenaan dengan kehidupan, seperti pohon. Apa yang dibutuhkan dalam bentuk pohon H2O dan CO2, sebagai outputnya O2.

Pengalaman masa kecil Tanoto yang sangat sulit, telah memberikan pelajaran luar biasa dan efek serius pada keberhasilannya memimpin perusahaan.

Baca Juga :

Perjalanannya sebagai Pebisnis tidak langsung berada di barisan paling atas. Pengusaha Sukses Sukanto Tanoto memulai semuanya dari nol. Namun secara dramatis, ia mampu bertahan dan bahkan memanfaatkan krisis di Indonesia sebagai ladang membuat inovasi. Oke, sekian dari kami dan semoga kisah ini dapat menginspirasi Anda.

No ratings yet.

Nilai kualitas artikel




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.