4 Tips Promosi Toko Baru, Dijamin Ampuh Mendatangkan Pembeli

0
602
Tips Promosi Toko Baru, dijamin Ampuh

Promosi Toko Baru – Keberadaan toko yang baru dibuka tentunya tidak serta merta diketahui oleh orang banyak. Baik yang bermukim di sekitar toko, maupun yang hanya melintas di jalan raya.

Kita ketahui bersama, rata-rata toko yang mengusung brand ternama melakukan promosi gila-gilaan ketika membuka toko baru. Beberapa strategi promosi yang mereka lakukan seperti, memberikan diskon 50%, beriklan di media elektronik dan media cetak.

Hal demikian patut ditiru. Mereka saja yang sudah memilik nama besar masih melakukan promosi, apalagi usaha baru Anda?

Tapi, jangan juga terpaku dengan teknik promosi brand ternama di atas yang mengeluarkan modal cukup besar. Nah, untuk mengatasi masalah promosi dengan badget pas-pasan, kami akan memberikan tips promosi toko baru tanpa mengeluarkan modal besar. Silahkan disimak.

Cara Promosi Toko Baru yang Efektif

Membuat spanduk

Spanduk toko adalah sesuatu yang wajib untuk sebuah toko. Buatlah 2 buah spanduk yang menarik, ukuran sedang dan yang berukuran besar. Ukuran besar ditempatkan di bagian depan toko, sementara yang berukuran sedang tempatkan di pinggir jalan.

Posisi spanduk yang ditempatkan di pinggir jalan, baiknya agak rendah agar kemungkinan terlihat semakin besar oleh pengguna jalan yang lalu lalang.

Kenapa saya sarankan posisi tersebut? Karena menurut saya pribadi, posisi itulah yang sangat efektif. Coba Anda perhatikan, ketika melakukan perjalanan dengan berkendara. Apakah pandangan Anda lurus ke depan, menoleh kiri-kanan atau pandangan ke depan tapi agak turun ke bawah fokus memperhatikan jalan.

Itulah sebabnya, penempatan spanduk di pinggir jalan sebaiknya diposisikan agak kebawah.

Barang dagangan kelihatan penuh/banyak

Teknik penyusunan barang dagangan ini sangat penting, apalagi kalau toko Anda masih baru dan hanya memiliki koleksi barang yang sedikit. Usahakan penempatan barang ditumpuk agak ke depan, bagian belakang dikosongkan saja. Tujuannya, agar toko Anda kelihatan ramai jika dipandang dari luar. Jadi orang tidak malas untuk mampir.

Hal ini untuk membantu emosi calon pembeli, agar merasa rugi jika tidak mampir di toko Anda. Di alam bawah sadar calon konsumen, mereka akan berpikir “siapa tahu barang yang mereka cari ada di toko Anda” karena melihat kepadatan barang dari kejauhan.

Melayani pelanggan sepenuh hati

Melayani pelanggan sepenuh hati adalah hal yang harus Anda lakukan. Sambut calon pembeli dengan sapaan disertai dengan senyum yang manis.

Bersikap yang baik, bertutur kata yang sopan, bertanya dengan lembut adalah teknik promosi yang sangat baik dan manjur. Kenapa demikian?

Karena orang yang telah berkunjung ke toko Anda pasti suka dengan sambutan yang ramah. Maka dengan senang hati, akan mempromosikan toko Anda kepada kerabat mereka. Teknik promosi dari mulut ke mulut adalah teknik promosi yang paling ampuh dan tidak pernah sirna dari waktu ke waktu.

Teknik parkir kendaraan

Teknik ini sering digunakan pada usaha warung makan. Kendaraan yang diparkir di depan warung dapat membangun image keramaian di warung makan. Semua karyawan yang memiliki kendaraan diwajibkan memarkir kendaraannya di depan warung makan.

Jika perlu, cari cara agar jalanan di depan warung itu menjadi macet. Sehingga, orang yang lewat akan bertanya-tanya penyebab kemacetan tersebut. Ini merupakan teknik promosi gratis bukan?

Teknik parkir kendaraan ini bisa dimodifikasi agar sesuai dengan usaha yang Anda jalankan. Misalnya, usaha Anda adalah warung kelontongan dan ingin menggunakan kalender atau payung sebagai bonus.

Berikan informasi kepada teman atau relasi bahwa, toko Anda memberikan hadia berupa payung cantik setiap melakukan pembelian. Dengan syarat, membawa kendaraan sendiri jika berbelanja di toko Anda.

Baca Juga :

Demikian Tips Promosi Toko Baru dari AnakDagang. Jalankan tips ini terlebih dahulu sebelum menjalankan teknik-teknik lain yang Anda ketahui.




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.