3 Kiat Sukses Berdagang yang Sering Dilupakan

0
Kiat Sukses Berdagang yang Sering Dilupakan

Kiat Sukses Berdagang – Kali ini kita akan membahas tips yang sering terlupakan oleh para pedagang. Secara tidak disadari, para pedagang sering melakukan kesalahan yang berdampak pada pengembangan usahanya.

Dalam artikel ini, kita akan membahas sedikit mengenai, apasih sebetulnya tingkah laku pedagang yang kurang diketahui yang dapat memberikan citra negatif bagi usaha yang dibangunnya? Simak penjelasan berikut ini :

Kiat Sukses Berdagang yang Sering Terlupakan

Jangan Mengeluh

Banyak pedagang yang terlalu sering mengeluh kepada pelanggannya. Contoh kecilnya, pedagang sering mengungkapkan kesedihannya kepada pelanggan ketika lagi sepi, jarang pembeli, barang-barang pada naik dan sebagainya.

Jika keluhan ini muncul akibat hasil pancingan atau yang memulai topik ini adalah pelanggan, sah-sah saja. Tapi apa jadinya jika yang memulai perbincangan tersebut adalah kita sebagai penjual. Mungkin kita berpikir bahwa pelanggan akan menjadi ibah terhadap masalah kita dan akan melakukan pembelian.

Kalau Anda bertemu dengan pelanggan yang cerdas, kira-kira apa yang akan timbul dalam pikirannya?

Kalau calon pembeli tersebut datang ke toko kita hanya untuk membandingkan harga dan sebelumnya sudah mendapat informasi dari toko sebelah mengenai hal yang kita keluhkan. Bisa jadi mereka berpikir bahwa kita ini pembohong, suka mengumbar informasi yang kurang pas di mata mereka.

Sering Membandingkan Toko Lain

Bahasa yang biasa diucapkan oleh pedagang adalah membandingkan toko yang dikelolanya dengan toko orang lain. Memang pedagang yang terbiasa melakukan hal ini tidak akan merasa bersalah. Tapi bagi yang baru memulai usaha, dari lubuk hati akan mengatakan apa yang dilakukannya itu salah.

Tidak pantas kita menjelekkan lawan bisnis kita. Ini adalah soal etika dagang. Silahkan bersaing secara sehat, masih banyak hal-hal yang bisa kita lakukan tanpa menjatuhkan orang lain. 

Kejujuran Sangat Utama

Mungkin, sebagian besar pedagang sekarang ini sudah melupakan arti kejujuran. Kejujuran diperjual belikan untuk mendapatkan keuntungan. Kalau sering melakukan hal tersebut, menceritakan hal-hal yang tidak sesuai dengan produk yang dijual, sebaiknya segera tinggalkan kebiasaan itu.

Dan jika Anda baru memulai suatu usaha, maka jangan sekali-kali mencoba untuk tidak jujur. Karena sekali melakukannya, maka tunggulah di lain waktu, InsyaAllah Anda akan mengulanginya.

Kejujuran ini sangat berpengaruh untuk kelangsungan usaha Anda dalam jangka panjang. Sekali pelanggan Anda kecewa karena ketidakjujuran, maka siap-siaplah kehilangan banyak pelanggan.

Bukan hanya satu pelangggan yang meninggalkan Anda, tapi lebih dari itu. Bisa jadi 1 X 10 = 10 Orang, bisa jadi 1 X 100 Orang. Karena pelanggan yang dikibulin tersebut akan menceritakan pengalaman pahitnya berbelanja di toko Anda.

Silahkan berkata jujur walaupun hasilnya pahit. InsyaAllah Tuhan bersama kita. Jangan lupa, kejujuran adalah alat promosi yang sangat dahsyat. Sekian artikel kiat sukses berdagang yang sering terlupakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.