Menggiurkan ! Ternyata, Bisnis Mainan Anak Menghasilkan Ratusan Ribu dalam Tempo Singkat

0
610
Ternyata, Bisnis Mainan Anak Menghasilkan Ratusan Ribu dalam Tempo Singkat

Peluang Bisnis Mainan Anak – Beberapa waktu lalu, saya mengajak anak laki-laki saya bermain di salah satu permainan kereta anak yang berlokasi di pinggir jalan (PKL – Permainan Kaki Lima). Saya kaget ketika mencoba menghitung keuntungan yang diperoleh dalam usaha tersebut.

Analisa Keuntungan Bisnis Permainan Anak

Sekali naik, orang tua harus membayar sebesar Rp 5.000, jumlah gerbong mainan kereta tersebut sebanyak 10. Waktu itu, anak saya mendapat jatah 2 kali dari ibunya karena memang untuk anak umur 2 tahun tidak mungkin hanya sekali naik (pasti anak tersebut minta lagi, jadi saya harus membayar sebesar Rp 10.000,-).

Selama 30 menit berada di tempat tersebut, semua gerbong terisi penuh. Jika waktu operasi permainan dimulai jam 5 sore dan berakhir jam 9 malam, maka penghasilan yang diperoleh dari usaha adalah Rp 10.000 x 10 gerbong = 100.000/ 30 menit. Sehingga untuk 4 jam operasi, penghasilannya mencapai Rp 800.000,-

Jadi, kalau kita mengurangi total hasil pendapatan dengan asumsi gerbong mainan tersebut tidak terisi penuh dalam beberapa menit dan pemotongan biaya operasi sekitar 50 % dari total pendapatan di atas, maka penghasilan bersihnya adalah Rp 400.000,-

Namun jika Anda berpikir tidak terlalu ramai, maka asumsinya kita hanya memperoleh penghasilan bersih setengahnya. Jadi hanya memperoleh penghasilan sebesar Rp 200.000,-.

Kalau permainan tersebut hanya beroperasi 6 hari selama seminggu, maka penghasilan perbulan yang bisa diperoleh sebesar 24 hari x Rp 200.000,- = Rp 4.800.000,- 

Wah, sungguh menggiurkan bukan untuk jenis usaha yang notabene dikerjakan secara sederhana.

Jika Anda tergiur dan berminat untuk jenis bisnis mainan anak ini, maka berikut langkah yang bisa menjadi acuan dalam memulai usaha tersebut.

Langkah Memulai Bisnis Mainan Anak

1. Survei lokasi

Melakukan analisa tentang lokasi yang tepat untuk suatu usaha merupakan hal yang mutlak dilakukan, karena memang salah satu keberhasilan suatu usaha adalah lokasi yang strategis.

Kalau untuk bisnis permainan anak, Anda bisa mencari area yang ramai seperti di pusat kota, pinggir jalan utama, depan ruko yang memiliki area luas dengan melakukan perjanjian sewa tempat dengan pemilik ruko.

2. Pengadaan mainan

Banyak jenis permainan yang bisa Anda jadikan bisnis, namun sebaiknya kalau untuk awal merintis usaha, bisa mempertimbangkan permainan kereta api listrik.

Untuk pembuatan jenis permainan dengan gerbong 10 buah, harga berada pada kisaran 20an juta rupiah. Itu sudah termasuk kualitas nomor satu.

Saya menjadikan patokan kualitas permainan yang terbaik, karena seperti yang kita lihat jenis permainan tersebut bekerja dengan ekstra, sehingga kualitas harus menjadi prioritas.

Lebih baik mengeluarkan dana ekstra untuk mainan yang berkualitas, dari pada nantinya usaha yang di jalankan tersendat karena seringnya terjadi kerusakan pada mesin penghasil uang Anda dengan kualitas yang alakadarnya.

3. Persiapkan sumber energi dari kereta listrik

Karena penggerak utama dari kereta adalah listrik tegangan 220 Volt, maka perlu memikirkan sumber listriknya. Anda bisa mengambil sumber listrik dari ruko atau rumah di sekitar daerah membuka usaha dengan membayar sejumlah rupiah per bulan sesuai dengan kesepakatan bersama.

Namun, jika memiliki modal untuk membeli mesin genset sesuai dengan ukuran watt dari mainan kereta api listrik tersebut, pastinya lebih baik dan lebih aman untuk Anda karena tidak perlu memikirkan komplain dari pemilik sumber listrik.

4. Launching usaha mainan anak

Setelah semua siap, maka waktunya membuka usaha dengan berdoa dan selalu memiliki harapan kesuksesan. Diawal membuka usaha, sebaiknya Anda menetapkan harga lebih murah dari harga normalnya sebagai salah satu teknik launching suatu usaha.

Anda bisa menerapkan setengah harga dalam beberapa hari kedepannya. Tempatkan poster atau banner usaha di tempat yang mudah dilihat pengguna jalan.

Untuk teknik promosi lainnya, bisa memanfaatkan situs media sosial. Bergabunglah di group yang mayoritas anggotanya adalah orang yang berdomisili di kota Anda.

Teknik promosi tersebut termasuk efektif karena hampir semua ibu dari anak-anak sekarang memiliki akun media sosial seperti facebook, BBM atau Instagram.

5. Konsistensi

Dalam dunia usaha, konsistensi adalah hal yang utama. Jangan sampai menyerah jika menemukan kendala dikemudian hari. Terus belajar dan belajar akan sesuatu hal yang berhubungan dengan bisnis Anda merupakan hal yang mutlak dilakukan.  

6. Pengembangan bisnis mainan anak

Setelah menguasai teknik memperoleh keuntungan dan sistem kerja dari usaha tersebut, maka saatnya melakukan pengembangan usaha. Anda bisa memindahkan usaha ke area yang lebih luas dan menambah sejumlah permainan.

Atau bisa juga membuka jenis permainan yang sama di daerah lain dengan mempekerjakan orang lain. Pekerja tersebut siap menggantikan Anda sebagai pengelolah permainan di lapangan dengan sistem gaji atau bagi hasil.

Baca Juga :

Demikian artikel memperoleh keuntungan dalam bisnis mainan anak. Semoga peluang usaha ini bisa dimanfaatkan. Salam




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.