Beranda ULASAN BISNIS Jangan Katakan Hal ini dalam Melayani Pelanggan

Jangan Katakan Hal ini dalam Melayani Pelanggan

Cara Melayani Pelanggan

Cara Melayani Pelanggan – Dalam dunia bisnis, komunikasi adalah salah satu faktor utama dalam memenangkan persaingan. Terkadang kita sebagai pemilik usaha tidak sadar bahwa telah menyakiti hati pelanggan. Jika terus melakukan hal tersebut, bukan tidak mungkin pelanggan akan beralih ke pesaing Anda.

Dalam artikel kali ini, saya mencoba mengupas kesalahan yang sering dilakukan sehingga membuat pelanggan Anda sakit hati.

1. Itu bukan urusan saya (cara melayani pelanggan yang kurang baik)

Kalimat seperti ini sering dilontarkan oleh karyawan dalam bisnis jasa. Bayangkan saja bagaimana sakitnya seorang pelanggan jika melakukan protes dan mendengar kalimat seperti itu. Bisa dipastikan dikemudian hari jika pelanggan tersebut membutuhkan jasa sejenis akan mencari pesaing Anda.

Selayaknya bahasa yang dikeluarkan seperti :

“mohon maaf bu/pak, sebetulnya saya kurang paham hal tersebut, tapi saya akan mencoba mengarahkan Anda kepada teman saya yang khusus menangani masalah seperti ini”.

2. Belum ada lho yang mendapat masalah seperti ini

Walaupun kenyataannya produk yang Anda jual belum pernah ada yang kecewa atau komplain, tapi tidak sepatutnya Anda melemparkan pernyataan tersebut. Pelanggan Anda akan merasa mereka di cap sebagai konsumen yang cerewet, tidak pandai dalam memakai produk atau bisa jadi mereka berpikiran Anda ingin lepas tanggung jawab.

Ada baiknya dalam melayani pelanggan, Anda merubah bahasa tersebut menjadi,

“selama ini kami hanya mendengar pujian, terimaksih telah melaporkan masalah Anda sehingga kami tahu langkah yang harus kami ambil kedepannya”.

3. Maaf, toko sudah tutup

Sebagai konsumen, pastinya merasa kecewa jika membutuhkan sesuatu dan ternyata toko langganan mereka keburu tutup. Yang lebih mengecewakan lagi kalau toko tersebut masih dalam proses penutupan dan mendapatkan sambutan “maaf bu/pak, toko sudah tutup, silahkan kembali lagi besok”.

Bisa Anda bayangkan, kekecewaan Pelanggan Anda apalagi kalau produk yang mereka cari sangat diperlukannya.

Pada toko yang menggunakan aplikasi POS (Poin of Sale) dalam melakukan penjualan memang setelah melakukan penutupan buku pada hari tersebut, kebanyakan tidak lagi menerima pembeli. Tapi ada baiknya memberikan sedikit kelonggaran pada karyawan Anda.

Maksudnya, jika terjadi hal demikian, berikan kewenangan pada karyawan Anda. Biarkan karyawan menerima transaksi tersebut dan membuat catatan kecil yang bisa diinput pada esok harinya.

4. Lewat samping aj bu/pak, di sana ada yang bertugas menerima barang refund

Cara Melayani Pelanggan menggunakan bahasa seperti ini sangat tidak disukai, apalagi kalau customer tersebut tersesat. Ada baiknya Anda bersikap lebih pengertian dan merasa prihatin dengan keluhan pelanggan.

Perlakukan pelanggan Anda dengan mengucapkan :

“mari bu/pak, saya antar pada teman saya yang khusus melayani pengembalian barang”.

Baca Juga :

Semoga 4 tips cara melayani pelanggan di atas bisa memberikan pencerahan. Salam

No ratings yet.

Nilai kualitas artikel

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.